Connect with us

Habib Rizieq Shihab di ruang sidang (11/5/2021) - youtube live sidang Habib Rizieq Syihab

Politik

Jadi Saksi Ahli Habib Rizieq Shihab Untuk Suarakan Keadilan dan Kebenaran

Saya memberanikan menjadi saksi ahli Habib Rizieq dkk karena Pengadilan atau Mahkamah adalah sebuah forum publik yang resmi untuk menyuarakan pentingnya keadilan dan kebenaran ditegakkan serta forum mencari dan menemukan keadilan dan kebenaran atas kasus hukum yang dialami, dimana kekuasaan publik ditetapkan oleh Majelis Hakim untuk menyelesaikan persoalan hukum yang dialami pencari keadilan dalam kasus pidana, perdata dan administratif di bawah hukum.

Saya bersyukur kepada Allah, karena satu hari seblum berakhir puasa ramadan (11/5) saya diberi kepercayaan oleh Habib Rizieq Shihab, Muhammad Hanif Alatas, Andi Tatat melalui Aziz Yanuar, pengacara ketiganya yang datang menjumpai saya di kampus UIC Jakarta, serta Hakim Ketua Khadwanto yang memimpin pengadilan kasus Habib Rizieq Shihab, Muhammad Hanif Alatas, dan Andi Tatat yang dituduh membuat kebohongan dan keonaran di RS Ummi Bogor, Jawa Barat.

Proses pengadilan Habib Rizieq Shihab sangat banyak yang mengamati. Saya buktikan kalau menulis masalah Habib Rizieq Shihab antusiasme yang membaca dan merespon sangatlah banyak.

Saya memberanikan menjadi saksi ahli Habib Rizieq dkk karena Pengadilan atau Mahkamah adalah sebuah forum publik yang resmi untuk menyuarakan pentingnya keadilan dan kebenaran ditegakkan serta forum mencari dan menemukan keadilan dan kebenaran atas kasus hukum yang dialami, dimana kekuasaan publik ditetapkan oleh Majelis Hakim untuk menyelesaikan persoalan hukum yang dialami pencari keadilan dalam kasus pidana, perdata dan administratif di bawah hukum.

Oleh karena itu, ketika Aziz Yanuar, pengacara Habib Rizieq Shihab, Habib Hanif dan Andi Tatat menghubungi saya melalui WA (Watsapp), saya menyatakan bersedia karena melalui forum pengadilan saya bisa menyampaikan pentingnya ditegakkan keadilan dan kebenaran.

Saksi ahli di Mahkamah Konstitusi (MK) berbeda dengan saksi ahli di Pengadilan Negeri (PN). Kalau menjadi saksi ahli di MK, ahli akan membuat tulisan yang panjang lebar dengan mengemukakan berbagai teori dan fakta yang terjadi di masyarakat sesuai dengan kasus yang sedang dijadikan obyek judicial review. Ahli akan membacakan pandangannya dihadapan Ketua Majelis dan Anggota Majelis dan setelah itu diadakan tanya jawab dengan Ketua dan Anggota Majelis serta pengacara dari kedua belah pihak.

Jika jadi saksi ahli di Pengadilan Negeri (PN), maka pengacara dan terdakwa yang bertanya kepada ahli dan ahli menjawab pertanyaan sesuai dengan kepakarannya. Selain itu, jaksa juga bertanya dan klarifikasi atas pernyataan ahli.

Habib Rizieq Shihab Bertanya, Saya Jawab

Dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan pengacara dan terdakwa, ahli tidak boleh menyebut langsung kasus Habib Rizieq Shihab yang meminta ahli bersaksi di Pengadilan Negeri (PN).

Pertanyaan Habib Rizieq Shihab kepada saya sebagai ahli, hanya sebagai pengandaian “Bapak, Anak dan Dokter.” Jika bapak merasa baik-baik saja kesehatannya, kemudian anaknya menyampaikan ke publik bahwa bapak baik-baik saja, tolong doakan bapak. Kemudian beberapa hari setelah di tes kesehatan secara menyeruh, hasilnya positif (tidak sehat). Pertanyaannya, apakah pernyataan bapak dan anaknya, bisa dinyatakan sebagai perbuatan bohong?

Ahli menjawab, pertama, pernyataan baik-baik saja jika diucapkan sebelum ada hasil tes kesehatan secara menyeruh, tidak bisa dikatakan sebagai perbuatan bohong.

Kedua, si bapak dan anaknya menyatakan bahwa bapak baik-baik saja tidak ada niat untuk berbuat bohong.

Ketiga, anaknya menyampaikan pernyataan bahwa “bapaknya baik-baik saja” sangat bermanfaat dalam menciptakan ketenangan dan ketentraman di masyarakat. Secara sosiologis dianggap hal yang baik karena bisa menenangkan masyarakat yang resah.

Oleh karena itu, merupakan perbuatan melawan hukum dan melukai rasa keadilan masyarakat, jika si bapak dan anaknya dijadikan tersangka dan terdakwa dengan tuduhan melakukan perbuatan bohong yang menimbukan keonaran di masyarakat.

Begitu juga, dokter yang merawat pasien, secara hukum tidak bisa dijadikan tersangka dan terdakwa dengan tuduhan melakukan perbuatan bohong yang menimbulkan keonaran.

sebagai ahli, saya kemukakan bahwa dokter tidak bisa dikatakan melakukan perbuatan bohong. Pertama, dia tidak ada niat untuk membohongi masyarakat.

Kedua, dia mengemukakan bahwa pasiennya baik-baik saja, sebelum ada hasil pemeriksaan medis secara lengkap.

Ketiga, untuk menenangkan masyarakat yang resah dan melindungi kegiatan usaha rumah sakit yang dipimpinnya.

Oleh karena itu, menetapkan dokter sebagai tersangka dan terdakwa adalah merupakan perbuatan melawan hukum dan melukai rasa keadilan masyarakat.

Membuat Keonaran

Sebelum saya dihadapkan menjadi saksi ahli, setidaknya ada 4 (empat) orang dihadirkan sebagai saksi fakta diantaranya Slamet Maarif, Mahdi dan dua orang lainnya.

Dalam kesaksian mereka menyatakan bahwa disekitar RSI Ummi pada saat Habib Rizieq Shihab diopname tidak ada keonaran ditempat itu karena tidak ada massa yang berkumpul. Sempat ada keramaian, ketika ada konferensi pers yang diadakan RSI Ummi untuk merespon pemberitaan media online bahwa Habib Rizieq Shihab sakit parah, sudah dipasangi ventilator dan sebagainya. Yang berkumpul saat itu hanya wartawan tidak ada massa.

Ketika saksi ahli dihadapkan, pengacara Habib Rizieq Shihab bertanya kepada ahli tentang pandangan saya mengenai keonaran. Keonaran pada umumnya terjadi karena adanya kerumunan massa. Kerumunan massa tidak termasuk pengajian, kegiatan maulid dan sebagainya.

Kegiatan keagamaan tidak bisa dikategorikan sebagai kerumunan massa karena mereka teratur, sudah saling mengenal, mereka tenang, damai dan tidak pernah ada huru-hara, kerusuhan, keributan dan sebagainya.

Menurut ahli, adalah mengada-ada menyebut terjadi keonaran, pada saat Habib Rizieq Shihab masuk dirawat di RSI Ummi, Bogor. Oleh karena keonaran yang berarti huru-hara, kerusuhan, permusuhan dan kekacauan, terjadi jika ada kerumunan massa. Fakta menunjukkan bahwa kerumunan massa tidak ada di sekitar RSI Ummi. Jika demikian faktanya, maka dakwaan batal demi hukum karena mustahil terjadi keonaran tanpa ada kerumunan massa.

Baca Juga

Lainnya

Dalam Webinar yang bertajuk "Mencari Keadilan Untuk Rakyat Kecil Dalam Tragedi KM50," (9/9/2021) Prof. Suteki, Guru Besar Universitas Diponegoro, Semarang mengemukakan bahwa prospek pengusutan...

DKI Jakarta

Penurunan kualitas demokrasi Indonesia, yang berhubungan dengan berlanjutnya represi atas oposisi, yang semakin bertambah dan terang-terangan.

Lainnya

Salah satu bagian dari Taujihat Kebangsaan (arahan, bimbingan, nasehat) Kebangsaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) tahun 2021 kepada pemerintah adalah "Diharapkan tidak alergi kritik dan...

Lainnya

Pembangunan masjid At Tabayyun di Taman Villa Meruya telah diperjuangkan warga Muslim selama 30 tahun, tetapi selalu ditolak oleh mereka yang bukan Muslim.

Lainnya

Hari ini 17 Agustus 2021 seluruh bangsa Indonesia dimanapun berada merayakan hari Indonesia merdeka yang ke-76 tahun.

Politik

Kalau Habib Rizieq Syihab (HRS) dihukum karena kerumunan massa, maka siapapun yang melakukan hal serupa seperti yang dilakukan HRS, maka mereka juga harus dihukum...

Opini

Hakim Ketua Khadwanto, SH yang mengadili HRS di Pengadilan Negeri Jakarta Timur telah vonis Habib Rizieq Shihab dengan hukuman 4 tahun penjara dalam kasus...

Politik

HRS telah digolongkan sebagai tokoh oposisi yang sangat berpengaruh karena konsisten dan berani menyuarakan kebenaran dan keadilan. HRS telah menjadi simbol perjuangan rakyat yang...