Connect with us

Alhamdulillah kami silaturrahim ke Keraton Kesultanan Bacan di Halmahera Selatan, Maluku Utara - twitter musniumar

Wisata

Kisah Nyata Perjalanan Sejuta Pulau dan Ziarah Istana Kesultanan Islam Ternate dan Bacan

Alhamdulillah kami silaturrahim ke Keraton Kesultanan Bacan di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Awalnya, Pak Abu, sang sopir yang menjemput, kemudian membawa kami keliling kota Ternate. Kami sempat melihat tempat wisata Batu Angus dan Danau Tolire. Kami juga menyaksikan tapak-tapak sejarah Kesultanan Islam Ternate yang berdiri diakhir abad 12 M.

Pada 23 Mei 2021 pukul 02.00 WIB pagi saya bangun dari tidur lalu salat Tahajud kemudian buat minuman dan bakar roti untuk disantap.

Pukul 03.00 WIB saya sudah dijemput taksi Blue Bird untuk membawa saya ke bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Setelah proses validasi hasil antigen, saya masuk ke dalam bandara. Saya menyaksikan tidak ada social distancing (jaga jarak) sewaktu antri masuk ruang bandara, tetapi semua pakai masker.

Begitu juga ketika saya naik di pesawat, tempat duduk di pesawat tidak diberlakukan social distancing (jaga jarak). Pukul 05.30 pagi pesawat yang membawa kami selama perjalanan 3 jam akhirnya tiba di bandara Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara.

Kelilingi Kota Ternate

Pak Abu, sang sopir yang menjemput, kemudian membawa kami keliling kota Ternate. Kami sempat melihat tempat wisata Batu Angus dan Danau Tolire.

Setelah lapar, kami (saya, Pak Edy, ketua Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC) Pak Hendra, Warek lll Universitas Jayabaya dan Hamid Souwakil) sudah merasa lapar, kami memberitahu Pak Abu untuk mencari restoran untuk makan siang.

Dua restoran yang didatangi, masih tutup. Akhirnya kami menemukan restoran Padang di kota Ternate. Setelah makan siang, kami ke Sahid Bela untuk istirahat. Pada malam hari, kami makan malam di Restoran Royal yang menyediakan berbagai macam Seafood yang sangat lezat.

Setelah makan malam, kami ke rumah Bupati Halmahera Selatan. Sesudah menunggu sejenak, Pak Usman Sidik menemui kami. Pertemuan berlangsung singkat karena beliau sedang menerima Kapolda Maluku Utara di lantai 2 dirumahnya.

Kebesaran Kesultanan Islam Ternate

Keesokan hari, 24 Mei 2021 pukul 10.00 kami meninggalkan hotel Sahid Bela menuju Istana Kesultanan Ternate. Kami menyaksikan tapak-tapak sejarah Kesultanan Islam Ternate yang berdiri diakhir abad 12 M.

Kami tidak bisa masuk ke dalam istana Kesultanan Islam Ternate karena petugas yang memegang kunci sedang tidak ditempat, kami hanya bisa berfoto di depan lambang Kesultanan Islam Ternate di pendopo istana.

Kami meneruskan perjalanan ke masjid Kesultanan Ternate. Ditengah hujan rintik-rintik kami turun dan berfoto didepan Masjid, kemudian meneruskan perjalanan ke Benteng Oranye dan berfoto sebagai kenang-kenangan.

Naik Speedboat

Dari Pelabuhan laut Resident kami naik speed boat menuju Sofifi ibukota Maluku Utara. Ditengah laut harus mengevakuasi sebagian penumpangnya ke speedboat lain karena muatannya lampaui batas, sehingga jalannya lambat.

Akan tetapi, kecepatan Speedboat yang ditumpangi tidak menambah kecepatan Speedboat yang diharapkan, kemudian datang lagi speedboat yang lain, kami melakukan evakuasi ditengah laut dan alhamdulillah selamat. Tujuannya untuk mengejar waktu pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan di kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi Kesultanan Tidore.

Masuk ke Arena Pelantikan

Protokol mengatur supaya mobil yang membawa kami beriringan dengan mobil Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilantik. Akan tetapi, ketatnya penjagaan untuk masuk ruangan pelantikan membuat kami tidak bisa masuk.

Soalnya ada salah satu rombongan kami tidak pakaian jas resmi, sehingga petugas keamanan ditangga masuk tidak membolehkan masuk ke lantai 2 tempat pelantikan. Setelah diurus dibolehkan masuk, tetapi kami sudah terlambat dan pelantikan sudah mulai dilaksanakan.

Dampak dari itu, para wartawan mewawancarai saya. Saya katakan tidak masalah. Kami yang salah karena terlambat. Tapi para wartawan mengatakan ada yang terlambat, bisa masuk ke arena pelantikan. Saya jawab tidak usah dipermasalahkan, kami bisa memahami.

Dampak lain tidak bisa masuk ke arena pelantikan, terjadi kerumunan massa dipintu masuk pelantikan. Saya takut sekali karena sejak Indonesia dilanda Covid-19, saya sangat ketat mengamalkan 3 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan).

Akhirnya protokol bisa mengusahakan kami masuk ke arena pelantikan pada saat Wakil Ketua PKK Provinsi melantik Ketua PKK Kabupaten Halmahera Selatan yang merupakan ISTERI Bupati Halmahera Selatan.

Berikut foto-foto kegiatan


Kapal laut yg membawa kami dari Ternate ke Pulau Bacan


Gedung Pelabuhan laut Babang, Halmahera Selatan


Tiba di Pulau Bacan pukul 04.00 subuh


Di kapal mau menuju Pulau Bacan Kab. Halmahera Selatan


(24/5/2021) pukul 21.30 di kapal laut menuju Pulau Bacan

Baca Juga

DKI Jakarta

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN...

Ramadhan 1443H

Salah satu spirit Idul Fitri 1 Syawal 1443 H ialah silaturahmi. Dalam rangka silaturahmi, puluhan juta umat Islam mudik di kampung halaman untuk silaturahmi,...

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...

DKI Jakarta

Dalam rangka mudik lebaran, sebagai sosiolog saya terpanggil untuk mencegah berbagai musibah yang dialami pemudik dengan memberikan 20 Tips Mudik Selamat.

Politik

Belajar dari Chechnya, Ukraina dan Rusia, Muslim Indonesia harus kuat. Supaya kuat, maka harus bersatu dan jangan mau jadi alat untuk kepentingan penguasa yang...

Opini

Pada 5 Februari 2022, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) genap berumur 75 tahun. Selama 75 tahun HMI telah mengabdi kepada bangsa dan negara dengan mengkader...

Wisata

Pada 27-28 Januari 2022, saya dan keluarga berkunjung ke kota Bandung. Tujuan utama ke kota Bandung untuk besuk keluarga yang sedang dirawat di rumah...

Opini

Tanpa terasa bangsa Indonesia telah berada di penghujung tahun 2021 Masehi. Sebagai bangsa yang mayoritas Muslim, alhamdulillah telah menjalani tahun 2021 dengan rasa syukur....