Connect with us

Danau Sentani, Papua, Indonesia - unsplash Asso Myron

Sosial

Bangkitkan Kemajuan Masyarakat di Kawasan Timur Indonesia (Papua, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara & Kalimantan)

Sebagaimana provinsi lain di Kawasan Timur Indonesia, tidak mudah bagi mereka yang hidup di Kawasan Indonesia Barat ataupun yang lahir dan hidup di Barat yang sudah maju.

Pada 23-27 Mei 2021 saya menghadiri pelantikan Bupati & wakil Bupati Halmahera Selatan di Sofifi, Ibukota Maluku Utara.

Kehadiran saya di Maluku Utara adalah untuk pertama kali. Walaupun begitu, sebagai sosiolog dan juga warga yang lahir dan besar di Kawasan Timur Indonesia, saya mencoba memahami dan menghayati kondisi alam di Maluku Utara yang berjuta pulau, saking banyaknya pulau, yang merupakan bagian dari Kawasan Timur indonesia.

Sebagaimana provinsi lain di Kawasan Timur Indonesia, tidak mudah bagi mereka yang hidup di Kawasan Indonesia Barat ataupun yang lahir dan hidup di Barat yang sudah maju.

Hidup di Kawasan Timur Indonesia sangat menantang tetapi mengasyikkan bagi mereka yang sudah terbiasa. Sebagai contoh, kalau pada musim Barat dan Timur, ombaknya sangat tinggi. Mereka yang hidup diberbagai kepulauan seperti di Maluku dan Maluku Utara serta di berbagai Kawasan Indonesia Timur, sangat tidak mudah.

Pulau-pulau yang Indah

Kondisi alam dengan pulau-pulau yang indah, Allah memberi kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Berbagai macam sumber daya alam ada di Kawasan Timur Indonesia.

Kekayaan alam yang melimpah di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ada yang sudah di eksplorasi seperti di Papua. Ada perusahaan Amerika Serikat yang sejak awal Orde Baru sudah beroperasi di Timika Papua dan ada pula perusahaan China yang mulai beroperasi di era Orde reformasi, dan banyak lagi perusahaan yang sudah beroperasi di Papua. Selain itu, perusahaan China sudah mengeksplorasi kekayaan alam di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Selain itu, banyak lagi kekayaan alam yang belum dieksplorasi oleh perusahaan Multi National Corporation (MNC) dan Badan Usaha Miik Negara.

Walaupun sudah banyak kekayaan alam yang sudah di eksplorasi di KTI, rakyat yang hidup dikawasan itu, tidak mengalami kemajuan sebagaimana yang diharapkan. Tidak jarang kekayaan alam dieksplorasi di daerah mereka, berubah menjadi kutukan, karena terjadi pengundulan hutan sehingga terjadi banjir dan lingkungan hidup rusak.

Kemajuan Masyarakat di Kawasan Timur Indonesia

Sejatinya kekayaan alam yang luar biasa di Kawasan Timur Indonesia membawa kemakmuran bagi rakyat sesuai Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besara kemakmuran rakyat.

Fakta yang terjadi, kekayaan alam yang luar biasa tidak membuat hidup rakyat semakin makmur dan sejahtera, yang bermukim dan hidup di kawasan pertambangan. Apalagi mereka yang hidup jauh dari kawasan pertambangan. Mereka tetap hidup miskin, tertinggal dan tidak ada masa depan.

Sebagai contoh di Papua, bukan kedamaian dan kemakmuran yang dicapai, tetapi sebaliknya. Saat ini tengah terjadi operasi militer untuk menumpas mereka yang berontak ingin memisahkan diri dan merdeka dari negara kesatuan republik Indonesia.

Kiat Bangkitkan Kemajuan Masyarakat

1. Gubernur, Bupati dan Walikota harus fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

2. Gubernur, Bupati dan Walikota harus menyisihkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mengirim putera (i) terbaik untuk melaanjutkan pendidikan di Jawa dan di luar negeri.

3. Orang tua di Kawasan Timur Indonesia harus mendorong putera (i) untuk melanjutkan pendidikan di Jawa dan luar negeri, bukan malah mengekang mereka untuk tetap tinggal dikampung.

4. Tokoh Agama dan tokoh masyarakat harus selalu memotivasi masyarakat bahwa kunci untuk membawa kemajuan keluarga, dan masyarakat di Kawasan Timur Indonesia dan Indonesia pada umumnya adalah pendidikan yang berkualitas.

5. Kaum muda di Kawasan Timur Indonesia harus sadar, bangkit untuk bersaing di pentas nasional dan internasional. Untuk bisa bersaing, tidak ada cara lain kecuali melalui pendidikan.

6. Kaum muda di Kawasan Timur Indonesia harus menumbuhkan semangat yang tinggi dan terus-menerus mengobarkan cita-cita tinggi untuk menjadi yang terbaik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

7. Pemerintah pusat harus memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada putera (i) dari Kawasan Timur Indonesia dengan mengalokasikan beasiswa yang besar untuk mereka melanjutkan pendidikan di dalam dan luar negeri.

8. Berbagai perusahaan BUMN dan swasta menengah dan besar agar mengalokasikan beasiswa bagi putera (i) dari Kawasan Timur Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di dalam dan luar negeri.

9. Presiden terpilih dalam neyusun kabinet sebaiknya memberi tempat kepada putera (i) Indonesia dari Kawasan Timur Indonesia untuk menjadi Menteri, Duta Besar, Direktur Jenderal dan Kepala di berbagai struktur pemerintahan demi keadilan dan pemerataan.

Semoga tulisan ini menjadi pendorong bagi kaum muda di Kawasan Timur Indonesia untuk bangkit, maju dan jaya di masa depan.

Baca Juga

Opini

Pada 23-27 Mei 2021, saya di Maluku Utara dalam rangka menghadiri pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan di Sofifi, ibukota Maluku Utara. Saya...

Wisata

Pada pukul 11.00 WIT kami mengunjungi Istana Kesultanan Islam Bacan. Kesultanan Islam Bacan didirikan pada 1521 dan dibubarkan setelah Indonesia merdeka 1945. Kami diterima...

Wisata

Alhamdulillah kami silaturrahim ke Keraton Kesultanan Bacan di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Awalnya, Pak Abu, sang sopir yang menjemput, kemudian membawa kami keliling kota...

Wisata

Di sebutkan bahwa kesultanan Islam yang pertama dan tertua di Nusantara adalah kesultanan Ternate, yang didirikan Murhum tahun 1257. Kesultanan Gapi atau yang lebih...

Wisata

Sahabat saya Usman Sidik, SH, Bupati Halmahera Selatan terpilih yang akan dilantik Gubernur Maluku Selatan tanggal 24 Mei 2021, mengundang saya, Edy Haryanto, Ketua...

Opini

Pendidikan adalah investasi yang mahal dan bersifat jangka panjang. Maka, pemimpin yang tidak memiliki visioner, lebih memilih pembangunan ekonomi dengan membangun jalan, jembatan dan...

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

Pendidikan

Sejak lama saya berpendapat bahwa kunci kemajuan Indonesia terletak pada pendidikan yang berkualitas. Agar kita dapat menjadikan Indonesia Emas 2045 milik rakyat Indonesia, kita...