Connect with us

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun memperingati milad ke-65 tahun - twitter musniumar

Pendidikan

65 Tahun UIC: Musni Umar Luncurkan Dua Buku Sebagai Wujud Dedikasi Untuk Bangkitkan UIC

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC, memperingati milad ke-65 tahun secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC, memperingati milad ke-65 tahun secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam acara tasyakuran peringatan 65 tahun UIC di Aula Prof Dr Bahder Djohan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Musni Umar rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta meluncurkan 2 buka, masing-masing diberi judul “Bangkit Dan Maju 65 Tahun UIC” dan “Universitas Ibnu Chaldun Tantangan Bangsa Dan Optimisme Indonesia.”

Pada buku “Bangkit Dan Maju 65 Tahun UIC,” antara Pengantar Penulis buku dengan Kata Pengantar Prof Dr A. Anshari Ritonga, Musni Umar memuat tulisan yang berjudul Legacy Pak JK kepada UIC.

Pak JK dinilai penulis buku, yang juga rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta sangat berjasa bagi UIC karena pada saat UIC sedang terpuruk yang amat dalam akibat 2 kali di nonaktifkan oleh pemerintah karena konflik di yayasan, Pak JK datang ke Universitas Ibnu Chaldun untuk membuka simposium internasional tentang pendidikan Islam.

Pak Jk dalam kuliah umumnya yang dimuat lengkap dengan judul “Legacy Pak JK Kepada UIC,” Pak JK mengatakan bahwa “saya hadir untuk memberikan semangat agar kita bisa bekerja bersama memajukan kualitas pendidikan Islam, memajukan bangsa, dan dengan simposium ini bukan konferensi yang sangat penting, tapi apa yang akan dilakukan.”

Selain itu, Prof Dr A. Anshari Ritonga dalam kata pengantar buku menyampaikan dengan bangga dan apresiasi yang tinggi atas terbitnya buku “Bangkit dan Maju 65 Tahun UIC.,” hasil karya Prof. Dr. Musni Umar.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun dan juga Mantan Dirjen Perbendaharaan Negara Kementerian Keuangan RI itu mengatakan bahwa buku ini amat diperlukan Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun karena berisi berbagai aktivitas yang dilakukan UIC dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini. Dia juga mengatakan bahwa “Kita bersyukur kepada Allah swt karena berkah karunianya telah banyak kemajuan yang dicapai, tetapi masih lebih banyak lagi yang harus dilakukan untuk mewujudkan kebangkitan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun dimasa yang akan datang agar dapat terwujud motto “ilmu amaliah.”

Menurut mantan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan RI bahwa Universitas Ibnu Chaldun sebagai universitas Islam, sangat penting keberadaannya. Selain untukm berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa, juga untuk mendidik mahasiswa agar mencapai “ilmu amaliah” yaitu ilmu yang dipelajari di UIC untuk diamalkan guna kemajuan pribadi, keluarga, bangsa dan negara.

Mewujudkan Dedikasi

Musni Umar dalam sambutan peluncuran dua buku hasil karyanya mengemukakan bahwa buku ini merupakan kumpulan dari tulisannya yang telah dipublikasikan di arahjaya.com sebagai wujud dari dedikasinya untuk membangun kembali kebesaran Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang sebelumnya mengalami keterpurukan yang amat dalam.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun yang juga merupakan sosiolog terkemuka ini membaca tulisan di cover belakang dari buku “bangkit Dan Maju 65 Tahun UIC bahwa “Kemunduran dan kemajuan itu akan dipergilirkan diantara manusia. Akan maju kembali jika menyadari penyebab kemunduran dan berusaha keras mengatasi serta memperbaiki segala macam yang menjadi penyebab kemunduran.”

“Jika sudah melakukan perbaikan untuk mrngatasi segala macam penyebab kemunduran, maka harus dilakukan pembaharuan niat, tekad dan semangat baru yang membara disertai kolaborasi dan kerja keras semua stakeholders untuk mewujudkan kebangkitan dan kemajuan. Tidak ada kerja keras yang cerdas tanpa membuahkan.”

Acara tasyakuran Milad ke-65 UIC dirayakan dengan dimulai lagu Indonesia Raya, doa yang dibawakan Dr. Farizal Marlius, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan UIC, sambutan ketua panitia Dr. Gamari Soetrisno, MPS, sambutan ketua Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun Edy Haryanto, SH., MH, sambutan disertai peluncuran buku oleh Musni Umar.

Sambutan terakhir Prof Dr Anshari Ritonga, kemudian penyerahan buka kepada pimpinan yayasan. Hadir dalam acara Tasyakuran yaitu Ketua Dewan Pembina YPPIC Prof Dr A. Anshari Ritonga, Ibu Dian, Anggota Dewan Pembina YPPIC, Edy Haryanto, Ketua Umum YPPIC dan Pengurus YPPIC, seluruh pimpinan Universitas dan fakultas dilingkungn Universitas Ibnu Chaldun. Selain itu, hadir pula Antoni Hilman, Pengawas YPPIC, Mayjen TNI Purn. Kivlan Zen dan isteri, Soekotjo Soeparto, Saanan, serta pimpinan BEM UIC dan fakultas Universitas Ibnu Chaldun. Selesai acara Tasyakuran dilakukan pemotongan tumpeng dan cake Milad 65 UIC.

Berikut foto-foto kegiatan

Musni Umar serahkan buku kepada Edy Haryanto, Ketua Umum YPPIC


Musni Umar serahkan buku kpd Soekotjo Soeparto, Ketua Forum Kampus Kuning


Musni Umar serahkan buku kpd Dr Gamari Sutrisno, Ketua Panitia Milad UIC ke-65


Musni Umar serahkan buku kpd Ibu Dian, Anggota Dewan Pembina YPPIC


Musni Umar serahkan buku ke Prof Dr A. Anshari Ritonga


Musni Umar serahkan buku kpd Dr Baharuddin, Wakil Rektor Bidang Akademik UIC


Musni Umar serahkan buku kpd Ibu Sapta Maryati, dekan Fikom UIC


Musni Umar serahkan buku ke Mayjen TNI Purn Kivlan Zen

Baca Juga

Covid-19

Sebagai bentuk keprihatinan, Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menggelar Istighotsah doa bersama. Dengan harapan, semoga Allah mengabulkan doa kita sehingga bangsa Indonesia yang...

Pendidikan

Saya berharap kepada umat Islam dimanapun berada dan apapun profesi yang ditekuni untuk berlomba menyumbangkan sebagian kecil rezekinya, ikut membangun Masjid Hikmatul Ilmi Universitas...

Pendidikan

Dr. Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation, yang juga imam Masjid di New York, WNI kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan mempunyai gagasan besar dan luar biasa...

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

In Memoriam

Letnan Jenderal TNI Purn Prof Dr Syarifuddin Tippe, M.Si, yang wafat pada 14 Februari 2021 karena sakit dalam usia 67 tahun. Civitas Universitas Ibnu...

Pendidikan

Dampak Covid-19 puluhan juta pekerja Indonesia yang di PHK. Kita tidak hanya prihatin, tetapi harus ikut mencari dan memberi solusi.

Pendidikan

Ekonomi rakyat atau juga dikenal dengan istilah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) merupakan sektor usaha yang paling terpuruk di era pandemi Covid-19. Hal tersebut...

Pendidikan

Seminar bertema Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid. Musni Umar mengemukakan hal tersebut setelah bersama Gamari Sutrisno, Wakil Rektor Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Luar...