Connect with us

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 7 Jagakarsa, madrasah pertama di Indonesia yang muridnya menerima vaksinasi Covid-19 (2/7/2021) - IG aniesbaswedan

Covid-19

Analisis Sosiologis Anies Diserang: DKI Jakarta Tertinggi Kasus Covid-19?

Tingginya kasus Covid-19 di DKI Jakarta memberi amunisi kepada buzzeRp untuk menyerang Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Isi serangan, Anies tidak bisa kerja, hanya tepat jadi jubir (juru bicara).

Tingginya kasus Covid-19 di DKI Jakarta memberi amunisi kepada buzzeRp untuk menyerang Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta. Isi serangan, Anies tidak bisa kerja, hanya tepat jadi jubir (juru bicara).

Setidaknya saya menduga ada tiga tujuan yang ingin dicapai 1) untuk mendapatkan uang dari kakak pembina. 2) Untuk mencari simpati agar diberi jabatan, misalnya sebagai bos BUMN. 3) Untuk menjelekkan Anies dihadapan rakyat Indonesia dengan harapan peluangnya untuk maju sebagai Calon Presiden 2024 pupus.

Menjelekkan Anies untuk mencari simpati ke istana agar ditunjuk menjadi komisaris BUMN belum mendapat perhatian karena secara akademik tidak layak – hanya tamat SLA yang tidak jelas dimana, dan tidak memiliki kepakaran apapun.

Selain itu, untuk menghambat Anies maju ke pemilihan Presiden 2024. Faktanya semua hasil survei yang dilakukan berbagai lembaga, selalu menempatkan Anies pada posisi tiga besar. Bahkan tidak sedikit lembaga yang menempatkan Anies dengan elektabilitas tertinggi. Satu-satunya yang berhasil diperoleh buzzeRp adalah uang dari kakak pembina.

Kasus Covid-19 di DKI Jakarta

Secara sosiologis, setidaknya 5 penyebab tingginya kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

Pertama, Jakarta sebagai ibu kota negara menjadi pintu gerbang pertama, warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia. Konsekuensinya Covid-19 dari negara lain seperti dari China, India masuk ke DKI Jakarta.

Kedua, DKI Jakarta sebagai ibu kota negara, tidak mungkin melarang kedatangan para pejabat dan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka yang datang ke DKI Jakarta tidak tertutup kemungkinan mereka menularkan wabah Covid-19 ke masyarakat DKI Jakarta.

ketiga, para pekerja di DKI Jakarta, sangat banyak yang tinggal di Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang. Mereka tiap hari pada umumnya menggunakan kendaraan umum, yang sangat berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Keempat, DKI Jakarta sebagai pusat bisnis, pusat pemerintahan, pusat pertarungan politik dan pusat segalanya, sangat tinggi kegiatan dan mobilitas masyarakat, sehingga mudah terjadi persinggungan dikalangan masyarakat, yang menyebabkan terjadi klaster baru Covid-19.

Kelima, di DKI Jakarta tertinggi di seluruh Indonesia dalam melakukan tracing (pelacakan) warga yang terindikasi Covid-19. Ini juga menjadi salah satu sebab tingginya jumlah warga yang terdeteksi Covid-19.

Meningkat Covid-19

Untuk menekan tingkat penularan Covid-19 di Jawa dan Bali, pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Kebijakan ini sangat penting karena jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Hingga Rabu, 30/6/2021, jumlah yang terinfeksi sebanyak 21.807 orang.

Penambahan pasien itu menyebabkan kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 2.178.272 orang. Informasi ini diungkap Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dalam data yang disampaikan kepada wartawan pada Rabu sore.

Adapun jumlah pasien kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 tersebar di 32 provinsi. Dari data itu, tercatat lima provinsi dengan penambahan kasus baru tertinggi, yaitu DKI Jakarta (7.680 kasus baru), Jawa Barat (4.473 kasus baru), Jawa Tengah (2.335 kasus baru), Jawa Timur (1.203 kasus baru), DI Yogyakarta (892 kasus baru).

Adapun penularan Covid-19 secara keseluruhan sampai saat ini terjadi di 510 kabupaten/kota yang berada di 34 provinsi.

Pemerintah mencatat ada penambahan jumlah mereka yang telah sembuh sebanyak 10.807 pasien. Dengan demikian, total pasien sembuh dari Covid-19 ada 1.880.413 orang.

Selain itu, ada penambahan pasien yang meninggal dunia setelah sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 467 orang. Dengan demikian, jumlah pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 sampai saat ini sebanyak 58.491 orang.

Adapun data lengkap penambahan kasus baru Covid-19 tertinggi di Indonesia per-30 Juni 2021:

1. DKI Jakarta: 7.680 kasus baru
2. Jawa Barat: 4.473 kasus baru
3. Jawa Tengah: 2.335 kasus baru
4. Jawa Timur: 1.203 kasus baru
5. DI Yogyakarta: 892 kasus baru
6. Kalimantan Timur: 489 kasus baru

Partisipasi 5D – 5 Disiplin

Suka tidak suka dan mau tidak mau, seluruh masyarakat wajib berpartisipasi dengan melakukan 5D dalam melawan Covid-19. Pertanyaannya, partisipasi apa yang bisa diperlukan untuk menekan Covid-19 yang semakin ganas dengan 5D.

Pertama, disiplin tidak melakukan aktivitas diluar rumah untuk sementara waktu. Jargon Stay At Home atau Work From Home (WFH) penting diamalkan dalam upaya menghentikan penyebaran Covid-19.

Kedua, disiplin menjaga ketahanan pisik dan kesehatan dengan berolah raga secara rutin, makan dan tidur secara teratur serta makan atau minum vitamin.

Ketiga, disiplin memakai masker kalau keluar rumah atau didalam rumah jika ada pembantu atau tamu datang ke rumah.

Keempat, disiplin menjaga jarak dengan siapapun sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Kelima, disiplin mencuci tangan dengan sabun air.

Baca Juga

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir pemberlakuannya pada 2 Agustus 2021. Kita belum tahu apakah PPKM Level 4 akan dilanjutkan atau di stop, kita tunggu...

Covid-19

Tugas mulia yang kita harus emban saat ini dan di masa yang akan datang adalah mempertahankan prestasi yang dicapai dalam menurunkan penyebaran Covid-19, secara...

Covid-19

Setidaknya ada lima alasan pentingnya PPKM diperpanjang: Pertama, Covid-19 belum bisa dikendalikan. Jumlah yang meninggal masih sangat banyak.

DKI Jakarta

Melalui kolaborasi, yakin rakyat Indonesia dan warga DKI Jakarta dapat atasi Covid-19 yang semakin berbahaya.

Covid-19

Pada 22 Juli 2021, saya dan Arteria Dahlan, Anggota DPR RI dari PDIP berdiskusi tentang Covid yang gonta-ganti namanya dan tidak kunjung selesai. Karni...

Covid-19

Penuhi kebutuhan pangan mereka selama PPKM Darurat diberlakukan. Jika tidak, maka PPKM sulit sukses kalau kebutuhan dasar rakyat yaitu "pangan" dalam bentuk sembako tidak...

Covid-19

Setelah Covid-19 menghantam Indonesia mulai Maret 2020 sampai Juli 2021, nampaknya skala prioritas yang super urgent ialah penyelamatan nyawa dengan high priority pada kesehatan...