Connect with us

IG #dilarangmasuk #parkinglot #noentery #sepi

Covid-19

Indonesia Episentrum Covid-19 Se-Dunia? Diharapkan Penerbangan Internasional Ditutup Sementara

Saya mendesak supaya Indonesia menghentikan seluruh penerbangan internasional sementara. Demi kesuksesan PPKM Darurat dan terhindarnya Indonesia sebagai negara Episentrum Covid-19 Se-Dunia.

Sejak 3 Juli 2021 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sampai hari ini tren peningkatan Covid-19, masih terus berlanjut. Data dari Kementerian Kesehatan RI tanggal 14 Juli 2021, jumlah positif Covid telah mencapai rekor 54.517 kasus baru.

Dalam upaya menekan laju peningkatan Covid-19 di DKI Jakarta, semua penumpang Transjakarta, MRT dan, KRL, wajib bawa STRP. STRP adalah singkatan Surat Tanda Registrasi Pekerja.

Kebijakan STRP pada transportasi umum untuk membatasi mobilitas masyarakat, dan memastikan hanya pekerja sektor esensial dan kritikal yang dapat melakukan perjalanan.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, mulai diberlakukan pada 3 Juli 2021 dan dalam upaya menyukseskan PPKM Darurat, maka setiap penumpang moda raya terpadu (MRT), KRL Commuter Line, dan bus Transjakarta mulai 12 Juli 2021 wajib menunjukkan surat tanda registrasi pekerja (STRP).

Petugas ketiga transportasi umum tersebut akan memeriksa dokumen calon penumpang, dan hanya penumpang yang memiliki syarat-syarat perjalanan saja yang diizinkan untuk melanjutkan perjalanannya. “Setiap pelanggan akan diperiksa oleh petugas kami,” kata Direktur Operasional PT Transjakarta, Prasetia Budi melalui keterangan tertulis, seperti dikutip dari Antara.

Kebijakan STRP bagi penumpang MRT, KRL, dan Transjakarta untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan (Menhub) Nomor 49 Tahun 2021 tentang perubahan atas SE Menhub No.43/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi Covid-19.

“Pemberlakuan kebijakan ini diharapkan mampu menekan mobilitas masyarakat untuk keluar masuk Jakarta melalui transportasi publik dalam masa PPKM darurat, sehingga mampu mengurangi angka penyebaran Covid-19,” kata Plt. Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo. Dia menambahkan bahwa MRT Jakarta terus mengimplementasikan sejumlah kebijakan terkait PPKM darurat, serta melakukan berbagai langkah adaptif dalam memenuhi komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19 agar berjalan optimal.

Selain itu, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menegaskan bahwa masyarakat yang dapat menggunakan KRL adalah mereka yang bekerja di sektor esensial dan kritikal. “Dengan begitu mobilitas masyarakat pada masa PPKM darurat bisa ditekan,” ujarnya dalam keterangan tertulis. Angka Kematian Covid-19 Terus Meningkat Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia terus memburuk.

Indonesia Episentrum Covid-19 Se-Dunia

Sebagai gambaran, pada 14 Juli angka kematian akibat Covid-19 hampir tembus 1.000 orang untuk kesekian kalinya. Tepatnya 991 orang. Sebelumnya catatan angka kematian tertinggi terjadi pada 7 Juli 2021 yakni 1.040 orang dalam sehari.

Dengan demikian, sampai 14 Juli 2021, jumlah positif Covid sebanyak 2.670.046. Jumlah yang sembuh 2.157.363. Sedang yang wafat sejak pandemi ini dimulai Maret tahun lalu hingga 14 Juli 2021 mencapai 69.210 orang.

Berbagai media di Indonesia telah meliput bahwa puncak kasus akan terjadi akhir bulan ini atau awal bulan depan. Selain itu para pakar juga telah menilai bahwa Indonesia telah menjadi epicentrum Covid-19 se-dunia bukan seluruh asia saja.

Perketat Mobilitas Masyarakat Demi Suksesnya PPKM Darurat

Kita apresiasi Transjakarta, MRT dan KRL telah merespon dengan cepat kebijakan pemerintah untuk memperketat mobilitas masyarakat dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 dengan mewajibkan calon penumpang Transjakarta, MRT dan KRL untuk membawa STRP.

Sebagaimana dikemukakan diatas, sampai hari ke-10 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat masih terus meningkat jumlah masyarakat Indonesia yang positif Covid-19.

Sehubungan itu, diharapkan tidak saja calon penumpang Transjakarta, MRT dan KRL yang diwajibkan membawa STRP (Surat Tanda Registrasi Pekerja), tetapi seluruh pengendara motor, karena masih sangat ramai pengendara motor yang berseliweran di jalan.

Jika pengendara motor dibiarkan, maka dikhawatirkan efektivitas PPKM Darurat akan ambyar.

Diharapkan Penerbangan Internasional Ditutup Sementara

Dunia internasional mengamati dengan seksama terjadinya peningkatan Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, sudah ada enam negara yang melakukan lockdown dengan Indonesia, yaitu menyetop penerbangan ke Indonesia.

Adapun negara-negara yang sudah melakukan lockdown terhadap Indonesia, yaitu Arab Saudi, Singapura, Oman, UAE, Hong Kong. Taiwan memperketat dengan mewajibkan warga negara Indonesia masuk Taiwan dikarantina selama 2 minggu, Malaysia juga memberlakukan seperti itu serta Jepang. Bahkan Air Asia sudah menyetop penerbangan dari dan ke Indonesia selama pandemi Covid-19.

Pada awal bulan ini, beberapa media berita Jepang menuliskan bahwa lima warga Jepang yang tinggal di Indonesia telah meninggal akibat terkena Covid-19. Sehingga pemerintah Jepang tidak ingin mengambil resiko akan warganya yang tinggal di Indonesia. Cepat atau lambat, hal ini akan berlaku bagi WNA negara lain apabila Covid-19 tidak bisa teratasi di Indonesia.

Sehubungan itu, saya mendesak supaya Indonesia menghentikan seluruh penerbangan internasional sementara. Demi kesuksesan PPKM Darurat dan terhindarnya Indonesia sebagai negara Episentrum Covid-19 Se-Dunia.

Baca Juga

Baca Juga

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

PPKM Level 4 akan berakhir pemberlakuannya pada 2 Agustus 2021. Kita belum tahu apakah PPKM Level 4 akan dilanjutkan atau di stop, kita tunggu...

Covid-19

Tugas mulia yang kita harus emban saat ini dan di masa yang akan datang adalah mempertahankan prestasi yang dicapai dalam menurunkan penyebaran Covid-19, secara...

Covid-19

Setidaknya ada lima alasan pentingnya PPKM diperpanjang: Pertama, Covid-19 belum bisa dikendalikan. Jumlah yang meninggal masih sangat banyak.

DKI Jakarta

Melalui kolaborasi, yakin rakyat Indonesia dan warga DKI Jakarta dapat atasi Covid-19 yang semakin berbahaya.

Covid-19

Pada 22 Juli 2021, saya dan Arteria Dahlan, Anggota DPR RI dari PDIP berdiskusi tentang Covid yang gonta-ganti namanya dan tidak kunjung selesai. Karni...

Covid-19

Penuhi kebutuhan pangan mereka selama PPKM Darurat diberlakukan. Jika tidak, maka PPKM sulit sukses kalau kebutuhan dasar rakyat yaitu "pangan" dalam bentuk sembako tidak...

Covid-19

Setelah Covid-19 menghantam Indonesia mulai Maret 2020 sampai Juli 2021, nampaknya skala prioritas yang super urgent ialah penyelamatan nyawa dengan high priority pada kesehatan...