Connect with us

Helikopter Chinook Amerika terbang diatas kedutaan AS di Kabul, Afghanistan (15/08/2021) - IG #Afghanistan

Politik

Taliban Masuk Kota Kabul Secara Damai: Presiden Afghanistan Pergi Meninggalkan Negaranya

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Afganistan mengatakan kepada Reuters bahwa hari Ahad 15 Agustus 2021 Taliban sudah Masuk Kota Kabul.

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Afganistan mengatakan kepada Reuters bahwa hari Ahad 15 Agustus 2021 Taliban sudah Masuk Kota Kabul.

Pejabat senior itu mengatakan “Taliban datang dari semua sisi,” tetapi pejabat itu tidak memberi rincian lebih lanjut.

Sementara itu, sebuah Tweet dari akun Istana Kepresidenan Afganistan mengatakan tembakan telah terdengar di sejumlah titik di sekitar Kabul, tetapi pasukan keamanan berkoordinasi dengan mitra internasional agar tetap menguasai kota.

Evakuasi Diplomat AS

Masuknya Taliban di Kabul pada Ahad, 15 Agustus 2021 sangat mencekam, karena pada saat yang sama, pemerintah Amerika Serikat sedang melakukan evakuasi staf kedutaan dan warga Afganistan yang mau bermigrasi ke Amerika Serikat karena merasa terancam nyawa mereka lantaran menjadi penerjamah dan membantu tentara Amerika Serikat selama bertugas di Afganistan.

Oleh karena keamanan kota Kabul sangat memburuk, maka evakuasi dilakukan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui udara menuju lapangan terbang untuk selanjut mereka dibawa pulang ke Amerika Serikat.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan seperti dikutip Reuters mereka sedang diangkut ke bandara dari Kedutaan Amerika Serikat yang terletak di Distrik Wazir Akbar yang dibentengi. Juga dikemukakan lebih banyak tentara Amerika Serikat yang dikirim ke Afganistan untuk membantu evakuasi setelah serangan kilat Taliban masuk Kabul.

Tidak Ingin Ada Korban

Seorang pejabat Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak menginginkan adanya korban saat ambil alih (kota Kabul).

Taliban telah memberi contoh sewaktu Jalalabad ditaklukkan, Gubernur Jalalabad menyerah kepada Taliban. Selanjutnya Taliban menyuruh Gubernur, pejabat dan tentara untuk meninggalkan Jalalabad dengan aman dan selamat.

Pengampunan Umum

Sebuah sumber mengatakan bahwa Taliban sudah menaklukkan 22 ibukota provinsi dari 34 provinsi di Afganistan.

Cepat meluasnya penaklukkan yang dilakukan Taliban, telah memberi keyakinan kepada semua pihak bahwa penaklukkan Kabul, ibukota Afganistan tinggal menunggu waktu.

Sehubungan itu, saya menyerukan kepada Taliban. Pertama, tidak melakukan balas dendam kalau berhasil menaklukkan Kabul, ibukota Afganistan.

Kedua, Taliban sebaiknya memberi pengampunan massal terhadap rakyat Afganistan. Nabi Muhammad SAW telah memberi contoh ketika masuk kota Makkah pada tahun ke-8 hijriyah beserta 10.000 pasukan, dan berhasil menaklukkan kota Makkah, Nabi Muhammad saw memberikan pengampunan massal kepada seluruh penduduk Makkah.

Ketiga, Taliban wajib melindungi anak-anak, perempuan dan orang tua yang sudah manula (manusia lanjut usia) pada saat melakukan penaklukkan berbagai ibukota provinsi di Afganistan.

Keempat, para pegawai, tentara dan polisi yang sudah dilatih dan beri ilmu pengetahuan oleh Amerika Serikat agar dibina dan dididik untuk mengisi staf di pemerintahan Taliban.

Kelima, agar rakyat Afganistan bersatu untuk mengisi pembangun Afganistan di era Taliban jilid 2.

Keenam, agar dilakukan rekonsiliasi seluruh bangsa Afganistan untuk mewujudkan perdamaian abadi di Afganistan.

Baca Juga

Politik

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Arab Saudi untuk bertemu dengan raja Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS). Kita...

Politik

Bangsa Indonesia bersama bangsa Palestina melawan kekejaman dan penindasan tersebut tidak lain dan tidak bukan kecuali untuk mewujudkan perdamaian dunia. Indonesia bersama palestina demi...

Opini

Umat Islam yang mayoritas, terus tidak berdaya dan semakin diperparah keadaan mereka karena tidak bersatu umat Islam dipecah belah, sehingga tidak pernah memegang kekuasaan...

Pendidikan

Menurut saya, berpolitik merupakan bagian dari jihad (perjuangan) yang harus aktif dilakukan umat Islam untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan...

Opini

Tidak sedikit yang akhirnya menjilat karena tidak tahan mengalami demoralisasi. Ada juga yang kemudian memilih diam.

Opini

Ajakan Mardani Ali Sera, anggota DPR RI dari PKS yang juga Ketua DPP PKS adalah sah untuk bekerjasama dengan sosok yang memiliki integritas.

Opini

Kesalahan terbesar sebagian umat Islam karena menolak sistem politik yang ada dan bahkan menawarkan sistem politik yang dianggap berlawanan dengan sistem demokrasi yang ada,...

Opini

Saya apresiasi Indonesia, Amerika Serikat dan berbagai negara di dunia yang bersedia membantu rakyat Afghanistan.