Connect with us

Erdogan berpidato di Forum Pemuda Organisasi Kerjasama Islam ke-4 (25/8/2021) - twitter RTerdogan

Politik

Umat Islam Harus Bersatu Melawan Ketidakadilan Seru Erdogan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta umat Islam bersatu melawan ketidakadilan. Hal tersebut ia katakan dalam pidatonya untuk Pemuda Kerja Sama Islam (ICYF) dalam Sidang Umum ke-4 Forum di Istanbul.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta umat Islam bersatu melawan ketidakadilan. Hal tersebut ia katakan dalam pidatonya untuk Pemuda Kerja Sama Islam (ICYF) dalam Sidang Umum ke-4 Forum di Istanbul.

Muslim harus bertanggung jawab atas perdamaian dan kesejahteraan mereka sendiri serta untuk keamanan dan masa depan seluruh umat manusia melawan ketidakadilan yang ada,” kata Erdogan, dilansir Anadolu Agency, Rabu (25/8).

Keadilan Dalam Islam

Keadilan merupakan ciri utama dalam ajaran Islam. Setiap Muslim harus berjuang untuk menegakkan keadilan bagi semua. Sebaliknya, mereka yang diberi amanah untuk memegang kekuasaan, wajib mewujudkan keadilan.

Dengan tegaknya keadilan, maka akan membuat setiap orang merasa aman dan nyaman. Tanpa keadilan, maka akan selalu terjadi gejolak di masyarakat.

Dalam sejarah peradaban Islam ditulis dengan tinta emas bahwa agama Islam yang muncul di abad pertengahan telah membawa pengaruh yang aamat besar terhadap perubahan tatanan kehidupan masyarakat. Dimana Islam sangatlah menjunjung tinggi nilai keadilan.

Nilai keadilan diterapkan dalam setiap aspek kehidupan. Setiap Muslim harus memperoleh hak dan kewajibannya secara sama. Berdasarkan hakekat manusia yang derajatnya sama antara satu dengan yang lain, maka semua harus memperoleh keadilan.

Menurut Islam, yang membedakan antara yang satu dengan yang lain, hanyalah tingkat ketakwaan kepada Allah.

Tegaknya suatu keadilan akan membuat setiap orang merasa aman dan nyaman. Keadilan tersurat dalam Al-Qur’an maupun dalam Al-Hadist.

Feeling society of justice yang berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Esa, menurut saya merupakan hukum tertinggi dalam hukum positif.

Hal tersebut penting dikemukakan karena hukum positif yang dibuat parlemen bersama pemerintah, lebih banyak dibuat untuk kepentingan penguasa politik dan penguasa ekonomi.

Oleh karena itu, keadilan hukum, keadilan ekonomi dan keadilan sosial dalam praktik kehidupan berbangsa dan bernegara, lebih banyak menghadirkan kekecewaan orang kecil ketimbang memberi kegembiraan dan kebahagiaan.

Dampak Ketidakadilan

Ketidakadilan yang sering kita saksikan di masyarakat lebih banyak menimpa pada rakyat jelata. Dampak negatif dari praktik ketidakadilan, setidaknya menimbulkan lima dampak negatif.

Pertama, rakyat tidak percaya pada hukum. Akibatnya sering terjadi main hakim sendiri.
Kedua, terjadi saling mencurigai dan tidak percaya di masyarakat.
Ketiga, sulit diwujudkan keamanan dan kedamaian.
Keempat, rakyat tidak percaya hukum.
Kelima, publik ingin kembali kepada hukum Allah yang terdapat kitab suci.

Selain itu, menurut Presiden Erdogan dampak ketidakadilan akan menimbulkan masalah keamanan, dan kegiatan teroris. Menurut dia, “Muslim berjuang dengan konflik, migrasi, kemiskinan, dan masalah yang terjadi mulai dari Suriah ke Afghanistan. Di sisi lain, Muslim harus berjuang karena meningkatnya Islamofobia dan rasisme budaya, terutama di masyarakat Barat.”

Selain itu, Presiden Erdogan meminta kaum muda untuk mengambil bagian dalam peran yang sangat aktif dalam politik, akademisi, olahraga, komersial, dan kehidupan sosial. “Saya berharap kaum muda tidak membiarkan siapa pun datang di antara kami dan memecah belah karena perbedaan etnis, sektarian, atau budaya.”

Terakhir, untuk memenangkan pertarungan hari ini dan di masa depan, umat Islam harus bersatu sebagaimana pepatah “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.”

Baca Juga

Opini

Kesalahan terbesar sebagian umat Islam karena menolak sistem politik yang ada dan bahkan menawarkan sistem politik yang dianggap berlawanan dengan sistem demokrasi yang ada,...

Opini

Sekarang ini sangat ramai dan heboh perbincangan di media sosial tentang rencana memberi nama jalan Kemal Ataturk di Menteng Jakarta.

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

Lainnya

Pergantian tahun baru Islam harus dimaknai dengan belajar sejarah. Momentum tahun baru Islam, mesti dijadikan titik awal, umat Islam belajar sejarah Nabi Muhammad SAW.

Opini

Presiden Turki Erdogan merupakan pemimpin di dunia Islam yang amat populer. Mayoritas rakyat Turki sangat mencintai dan menghormatinya, tetapi kaum sekuler sangat membencinya. Erdogan...

Politik

HRS telah digolongkan sebagai tokoh oposisi yang sangat berpengaruh karena konsisten dan berani menyuarakan kebenaran dan keadilan. HRS telah menjadi simbol perjuangan rakyat yang...

Opini

Publik tidak bisa disalahkan kalau mengatakan bahwa keadilan sosial dari pengamalan sila kedua Pancasila, kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh...

Covid-19

Ada perbedaan perlakuan yang amat menyolok menikah saat pandemi, antara resepsi perkawinan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah dengan Syarifah Najwa Syihab (Puteri HRS) dan...