Connect with us

Sardjono Jhony Tjitrokusumo Direktur Utama PT Transjakarta - koran.tempo.co

In Memoriam

In Memoriam Sardjono Jhony Tjitrokusumo: Kolaborasi Seluruh Direksi dan Karyawan Hantarkan Transjakarta Terbang di Angkasa

Sardjono Jhony Tjitrokusumo, Direktur Utama PT Transjakarta telah berpulang kehadiratNya untuk selamanya pada hari Minggu, 3 Oktober 2021 dalam umur yang relatif masih muda (50 tahun).

Sardjono Jhony Tjitrokusumo, Direktur Utama PT Transjakarta telah berpulang kehadiratNya untuk selamanya pada hari Minggu, 3 Oktober 2021 dalam umur yang relatif masih muda (50 tahun).

Tidak ada kata yang pantas kita ucapkan kecuali “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (Kita milik Allah dan akan kembali kepadaNya).

Umur manusia tidak ditentukan oleh siapapun di dunia. Itu hak prerogatif Yang Maha Kuasa. Jika sudah tiba ajal setiap manusia, tidak bisa ditunda sedetikpun dan tidak bisa pula didahulukan. Ajal adalah batas hidup yang ditentukan Tuhan.

Segenap komisaris, direksi, seluruh karyawan dan mitra kerja Transjakarta serta seluruh warga Jakarta terutama yang pernah naik Transjakarta merasa sangat kehilangan atas meninggalnya putera terbaik bangsa Indonesia Sardjono Jhony Tjitrokusumo. Kita ucapkan selamat jalan semoga amal baiknya diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kolaborasi Bangun Transjakarta

Sardjono Jhony Tjitrokusumo baru setahun menjabat Direktur utama TransJakarta. Dia ditunjuk sebagai pengganti Donny Andy Saragih, yang dibatalkan pengangkatannya sebagai Direktur Utama Transjakarta setelah Donny Andy Saragih diketahui berstatus terpidana kasus penipuan.

Sardjono Jhony Tjitrokusumo dipilih menjadi Direktur Utama Transjakarta karena dianggap berpengalaman di bidang transportasi. Pelantikannya di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (29/5/2020). Pelantikannya disaksikan Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD), Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Yoga Adiwinarto, seluruh direksi PT Transportasi Jakarta serta jajaran komisaris PT Transportasi Jakarta turut menyaksikan pelantikan tersebut melalui aplikasi Zoom.

Penunjukan Pak Jhony berdasarkan hasil keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Transportasi Jakarta tentang Perubahan Susunan Anggota Direksi yang ditandatangani Rabu (27/5/2020).

Sejak dipimpin oleh Jhony, Transjakarta banyak mengalami kemajuan diberbagai sisi, khususnya dalam sisi transformasi digital. Hal itu bisa diwujudkan tidak lain adalah berkat kolaborasi dengan semua direksi, karyawan serta mitra operator yang didukung oleh komisaris.

berbagai inovasi dilakukan diantaranya meluncurkan Aplikasi TIJE, fasilitas Wifi berkecepatan tinggi, tanpa bayar dan tanpa batas kuota, penggunaan QR tiket sebagai akses masuk gate halte hingga penerapan teknologi face recognition sebagai akses masuk karyawan di kantor pusat.

Selain itu, melakukan revitalisasi perbaikan sebanyak 46 halte yang rusak akibat demo pada bulan Oktober 2020 dengan pelayanan minimum kurang dari satu minggu. Juga menerapkan skema Bus Driver Maintenance Insurance (BDMI) kepada Agen Pemegang Merek (APM) dan mitra operator.

Paling membanggakan, Transjakarta berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi di bawah pimpinan Pak Jhony dan terakhir menghadirkan bus listrik yang bekerjasama dengan PT Higer Maju Indonesia (HMI) di akhir hayatnya.

Karir Gemilang

Sardjono Jhony Tjitrokusumo sebelum menjadi Dirut Transjakarta, pernah bekerja di beberapa maskapai terkemuka seperti Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines 2010-2012. Pak Jhony merupakan seorang captain yang mengawali karir di Merpati pada 1991, kemudian keluar setelah mengabdi 13 tahun. Lalu berkarir selama enam tahun di Etihad Airways.

Selain berkarir sebagai ciptain juga pendiri dan pemilik perusahaan Leste Aviation di Timor Leste tahun 2013. Dia juga pernah menjabat Direktur Operasional Bandara Internasional Jawa Barat, Chairman West Java Enterprises Partnership, serta pendiri Leste Development And Invesment Company tahun 2016.

Disamping itu, dia juga pernah menjabat Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura 1 (Persero) sejak 2017 hingga 2020 yang membawahkan portofolio Bisnis Induk Usaha, IT dan Digitalisasi.

Di luar itu, Transjakarta sangat aktif menyuarakan pentingnya masyarakat WFH pada saat covid-19 mengganas di DKI Jakarta untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Jika terpaksa harus ke luar rumah, selalu menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Seluruh keluarga besar Transjakarta dan warga DKI Jakarta yang sering menggunakan Transjakarta pasti berduka atas berpulangnya Sardjono Jhony Tjiprokusumo. Kita yakin, seluruh komisaris, direksi, karyawan dan mitra operator insya Allah akan melanjutkan kebijakan beliau dalam memberikan layanan prima terhadap seluruh penumpang Transjakarta. Oleh karena kepuasan, kenyamanan dan keamanan seluruh pelanggan dan penumpang Transjakarta merupakan puncak kebahagiaan almarhum Sardjono Jhony Tjitrikusumo, seluruh komisaris, direksi, karyawan dan mitra operator Transjakarta.

Akhirnya kita ucapkan selamat jalan Pak Jhony, semoga amal baiknya selama mengabdi di Transjakarta, menjadi bekal menghadap Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sumber foto

Baca Juga

In Memoriam

Saya amat terkejut membaca ucapan duka cita yang disampaikan Majelis Nasional KAHMI di media sosial atas wafatnya Prof.Dr. Muchlis R. Luddin, MA.

In Memoriam

Sebagai aktivis mahasiswa yang mengenal dari dekat Pak Harmoko, saya mengatakan bahwa beliau hebat. Kalau membaca kata sambutan yang telah disiapkan, beliau sangat menghayati...

In Memoriam

Ustaz Nawir, ustaz Abdul Salam dan ustaz Muhiddin adalah alumni Pondok Pesantren Al Khairat, Palu, Sulawesi Tengah. Saya mengajak ketiga ustaz tersebut bersama tokoh...

In Memoriam

Kepergian Artidjo Alkostar menyedihkan kita semua, karena kita kehilangan seorang tokoh yang gigih menegakkan keadilan dan kebenaran pada saat dia menjadi hakim agung RI.

In Memoriam

Letnan Jenderal TNI Purn Prof Dr Syarifuddin Tippe, M.Si, yang wafat pada 14 Februari 2021 karena sakit dalam usia 67 tahun. Civitas Universitas Ibnu...

In Memoriam

Tidak ada kata dan kalimat yang patut kita ucapkan selain Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji'un (Sesungguhnya kita milik Allah dan kepadaNya kita kembali)...

In Memoriam

Saya amat terkejut membaca di media sosial bahwa Ustaz Syekh Ali Jaber meninggal dunia.

In Memoriam

Tidak ada yang mengira Muhammad Suaib Didu, yang baru berumur 55 tahun meninggal dunia begitu cepat karena beberapa waktu lalu, ditemani Dr. Muhammad Sulhan,...