Connect with us

Transjakarta Rute Harmoni Lebak Bulus (1/10/2021) - IG #transjakarta

DKI Jakarta

Pelonggaran PPKM di DKI Hadirkan Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Penggunaan Transjakarta

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan. Terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan pertumbuhan ekonomi.

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan.

Dampaknya, kembali meningkat aktivitas masyarakat. Dampak lanjutannya terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan berada di zona positif. Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan:“Berdasarkan Google Mobility Index periode Agustus hingga September, terlihat aktivitas masyarakat Jakarta meningkat lagi,” kata Onny di Jakarta, Rabu 6 Oktober 2021.


Ekspor dan Perdagangan Meningkat

Onny Widjanarko lebih lanjut mengemukakan bahwa Indikator ekspor pada periode itu juga menunjukkan aktivitas positif, meski kapasitas industri berorientasi ekspor dibatasi 50 persen selama PPKM.

Selain itu, perbaikan kinerja sektor perdagangan juga terlihat dari peningkatan indeks penjualan eceran pada Juli-Agustus 2021. Termasuk peningkatan konsumsi listrik setelah aktivitas ekonomi di industri pengolahan kembali bergerak.

Onny memprediksi pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada triwulan III 2021 tidak sekuat pada triwulan II-2021. Pada saat itu, pertumbuhan ekonomi mencapai 10,91 persen.

Pertumbuhan ekonomi Ibu Kota pada triwulan ketiga, sedikit tertahan karena pembatasan mobilitas masyarakat dengan penerapan PPKM. “Tapi aktivitas ekonomi mulai membaik sejak Agustus,” tambah Onny.

Badan Pusat Statistik atau BPS DKI Jakarta menyatakan pada triwulan II 2021, pertumbuhan ekonomi Jakarta tercatat 10,91 persen. Pada triwulan I 2021, perekonomian Jakarta terkontraksi negatif 1,91 persen.

Pertumbuhan ekonomi DKI yang melesat pada triwulan kedua 2021, diyakini karena efek dari pelonggaran PPKM.

Penumpang Transjakarta Naik

Diperkirakan adanya pelonggaran PPKM di DKI Jakarta, akan berdampak positif pada peningkatan penumpang Transjakarta.

Oleh karena, masyarakat kembali banyak yang keluar rumah untuk beraktivitas. Dampaknya pasti meningkat jumlah penumpang Transjakarta.

Mengapa terjadi peningkatan penumpang Transjakarta? Pertama, biaya murah jauh dekat. Kedua, aman dari Covid-19 karena seluruh calon penumpang harus memilliki aplikasi Pedulilindungi dan setiap calon penumpang di tes suhu badan.

Ketiga, aman dari kriminalitas. Semua penumpang insya Allah aman dari pencopetan atau pencurian sebab Transjakarta memiliki security di setiap bus.

Keempat, cepat tiba di tujuan sebab bus Transjakarta bebas hambatan

Kelima, bebas dari macet. Jakarta yang sering macet،, dengan naik bus Transjakarta terbebas dari macet, karena memiliki jalur khusus (busway).

Baca Juga

DKI Jakarta

Meningkatnya aktivitas warga DKI Jakarta di luar rumah, otomatis akan memberi dampak positif bagi peningkatan jumlah penumpang Transjakarta.

DKI Jakarta

DKI Jakarta sebagai kota jasa, sumber penerimaan yang amat signifikan adalah dari sektor jasa. Salah satu sektor yang sangat potensial ialah pariwisata (pelancongan).

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog, saya amat bergembira menyaksikan mulai bangkitnya kembali ekonomi DKI Jakarta setelah terpuruk akibat hantaman Covid-19.

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Suhu politik di DKI Jakarta, Ibukota negara Republik Indonesia memanas, setelah 2 Fraksi secara resmi mengajukan interpelasi kepada Gubernur Anies Baswedan menyangkut Formula E.

DKI Jakarta

Dalam 4 tahun terakhir perencanaan dan pembangunan tata kota Jakarta dilakukan dengan memperhatikan lingkungan yang sehat dan asri.