Connect with us

Transjakarta Rute Harmoni Lebak Bulus (1/10/2021) - IG #transjakarta

DKI Jakarta

Pelonggaran PPKM di DKI Hadirkan Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Penggunaan Transjakarta

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan. Terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan pertumbuhan ekonomi.

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan.

Dampaknya, kembali meningkat aktivitas masyarakat. Dampak lanjutannya terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan berada di zona positif. Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan:“Berdasarkan Google Mobility Index periode Agustus hingga September, terlihat aktivitas masyarakat Jakarta meningkat lagi,” kata Onny di Jakarta, Rabu 6 Oktober 2021.


Ekspor dan Perdagangan Meningkat

Onny Widjanarko lebih lanjut mengemukakan bahwa Indikator ekspor pada periode itu juga menunjukkan aktivitas positif, meski kapasitas industri berorientasi ekspor dibatasi 50 persen selama PPKM.

Selain itu, perbaikan kinerja sektor perdagangan juga terlihat dari peningkatan indeks penjualan eceran pada Juli-Agustus 2021. Termasuk peningkatan konsumsi listrik setelah aktivitas ekonomi di industri pengolahan kembali bergerak.

Onny memprediksi pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada triwulan III 2021 tidak sekuat pada triwulan II-2021. Pada saat itu, pertumbuhan ekonomi mencapai 10,91 persen.

Pertumbuhan ekonomi Ibu Kota pada triwulan ketiga, sedikit tertahan karena pembatasan mobilitas masyarakat dengan penerapan PPKM. “Tapi aktivitas ekonomi mulai membaik sejak Agustus,” tambah Onny.

Badan Pusat Statistik atau BPS DKI Jakarta menyatakan pada triwulan II 2021, pertumbuhan ekonomi Jakarta tercatat 10,91 persen. Pada triwulan I 2021, perekonomian Jakarta terkontraksi negatif 1,91 persen.

Pertumbuhan ekonomi DKI yang melesat pada triwulan kedua 2021, diyakini karena efek dari pelonggaran PPKM.

Penumpang Transjakarta Naik

Diperkirakan adanya pelonggaran PPKM di DKI Jakarta, akan berdampak positif pada peningkatan penumpang Transjakarta.

Oleh karena, masyarakat kembali banyak yang keluar rumah untuk beraktivitas. Dampaknya pasti meningkat jumlah penumpang Transjakarta.

Mengapa terjadi peningkatan penumpang Transjakarta? Pertama, biaya murah jauh dekat. Kedua, aman dari Covid-19 karena seluruh calon penumpang harus memilliki aplikasi Pedulilindungi dan setiap calon penumpang di tes suhu badan.

Ketiga, aman dari kriminalitas. Semua penumpang insya Allah aman dari pencopetan atau pencurian sebab Transjakarta memiliki security di setiap bus.

Keempat, cepat tiba di tujuan sebab bus Transjakarta bebas hambatan

Kelima, bebas dari macet. Jakarta yang sering macet،, dengan naik bus Transjakarta terbebas dari macet, karena memiliki jalur khusus (busway).

Baca Juga

Dunia Usaha

Pariwisata merupakan andalan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa wisatawan dalam negeri yang disebutnya wisatawan nusantara harus menjadi andalan dengan target...

DKI Jakarta

Masih banyak pengendara mobil maupun sepeda motor yang suka melintas jalur bus Transjakarta. Padahal jalur bus Transjakarta merupakan jalur yang dibuat khusus dan mesti...

DKI Jakarta

Dalam rangka memperingati Transjakarta 18 tahun, kita apresiasi Transjakarta karena terus berbenah. Tiket naik Transjakarta menggunakan kartu elektronik alias e-ticketing seperti e-money, pelayanan ramah,...

DKI Jakarta

Alhamdulillah IPM DKI Jakarta, walaupun sudah dua tahun berturut-turut di hantam pandemi Covid-19, tetapi Indeks Pembangunan Manusia, BPS Jakarta, masih tumbuh sebesar 0,42 persen...

DKI Jakarta

Sandiaga Uno mengatakan bahwa Formula E yang akan digelar di Ancol memiliki peluang memulihkan pariwisata sehingga membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

DKI Jakarta

Jakarta, hanya bisa dibandingkan tingkat bahagia masyarakatnya dengan Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok dan berbagai kota besar di dunia.

DKI Jakarta

Setelah diresmikan Stasiun Transjakarta CSW-ASEAN, para penumpang Transjakarta dapat turun di stasiun tersebut lalu naik lift menuju Stasiun MRT untuk melanjutkan perjalanan ke Bundaran...

DKI Jakarta

Warga DKI Jakarta, khususnya warga Akuarium tertolong dengan kemenangan Anies-Sandi dalam pemilihan Kepala daerah di DKI Jakarta tahun 2017.