Connect with us

Bersilaturrahim dengan Prof. Dr. M. Amien Rais, Ketua Majelis Syura Partai Ummat di Kantor Partai Ummat (6/10/2021) - twitter musniumar

Politik

Melihat Dari Dekat Partai Ummat Yang Bersatu dan Masa Depannya

Pada 6 Oktober 2021 saya bersilaturrahim dengan Prof. Dr. M. Amien Rais, Ketua Majelis Syura Partai Ummat di Kantor Partai Ummat, Jl. Tebet Timur Dalam Raya.

Pada 6 Oktober 2021 saya bersilaturrahim dengan Prof. Dr. M. Amien Rais, Ketua Majelis Syura Partai Ummat di Kantor Partai Ummat, Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.63, RT.11/RW.7, Tebet Tim., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820. Saya didampingi Dr. M. Gamari Sutrisno.

Saya juga bertemu dengan para petinggi Partai Ummat seperti MS Kaban, Wakil Ketua Ketua Majelis Syura, ustaz Sambo, Sekretaris Majelis Syura, Ridho Rahmadi, Ketua Umum Partai Ummat, Ahmad Muhadjir Sodruddin, Sekretaris Jenderal Partai Ummat, Mustofa Nahrawardaya, Buni Yani dan lain-lain.

Pak Amien banyak menyampaikan permasalahan bangsa dan negara yang penting diluruskan diantaranya perbaikan berbagai undang-undang yang memihak kepada kepentingan umat, bangsa dan negara. Partai Ummat hadir untuk berjuang bersama rakyat Indonesia guna melawan kezaliman dan menegakkan keadilan.

Salat Berjamaah

Saya amat kagum salat berjamaah dijalankan oleh seluruh pengurus Partai Ummat. Ketika azan dikumandangkan untuk salat Ashar, semua kegiatan dihentikan.

Semua pengurus Partai Ummat dilantai atas dan bawah bergegas mengikuti salat Ashar berjamaah. Sebagai tamu, saya ikut salat Ashar berjamaah di Mushalla Partai Ummat yang meluber sampai di ruang tamu.

Imam Salat Ashar Ustaz sambo, diikuti M. Amien Rais, Ridho Rahmadi, MS. Kaban, Gamari Sutrisno, dan seluruh petinggi Partai Ummat.

Karena tempat salat tidak cukup untuk menampung jamaah, maka banyak ibu-ibu pengurus Partai Ummat, kemudian menyusul untuk salat Ashar berjamaah.

Salat berjamaah merupakan kekuatan dalam perjuangan untuk merapatkan barisan dan persatuan guna meraih kemenangan. Kalau dalam perjalanan ada yang diberhentikan karena melanggar anggaran dasar dan anggaran rumah tangga atau mundur dari Partai Ummat, merupakan proses seleksi secara alamiah dan segera akan dilupakan oleh rakyat setelah melihat realitas dan perjuangan yang ditunjukkan oleh Partai Ummat.

Persaudaraan Terbangun

Saya juga amat terkesan suasana persaudaraan yang dibangun, jauh dari yang digambarkan oleh seorang Wakil Ketua Umum Partai Ummat yang telah diberhentikan.

Saya baru kali ini bersilaturrahim dengan Prof M. Amien Rais dan para petinggi Partai Ummat, saya berkesimpulan bahwa suasana ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathaniyah terbangun dengan sangat baik di Partai Ummat.

Ada upaya yang sistimatis untuk menjelekkan Partai Ummat dengan menyebut partai dinasti, tetapi pengamatan saya sama sekali tidak benar.

Memang benar Ridho Rahmadi, Ketua Umum Partai Ummat adalah menantu Pak Amien, tetapi pada awalnya Pak Amien menawarkan yang lain diantaranya Dr. Marwan Batubara, tetapi yang bersangkutan tidak bersedia, akhirnya pada menit-menit terakhir, ada diantara Anggota Majelis Syura menawarkan Dr. Ridho Rahmadi, menantu Pak Amien, kemudian diterima menjadi Ketua Umum Partai Ummat secara aklamasi.

Oleh karena itu, saya berpendapat sama sekali tidak benar kalau disebut Partai Ummat adalah partai dinasti. Partai Ummat dilihat dari aspek sosiologis merupakan kumpulan para aktivis dari berbagai organisasi Islam dan kemasyarakatan serta aktivis sosial yang berwarna warni dan pluralistik yang berhimpun di Partai Ummat untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Di dalam Partai Ummat, mereka membangun ukhuwah (persaudsaraan), persatuan dan kesatuan, karena tanpa persatuan kata Pak Amien, umat menjadi lemah. Saya menimpali umat sudah lemah semakin lemah jika tidak bersatu.

Masa Depan Partai Ummat

Sebagai sosiolog yang bukan merupakan bagian dari Partai Ummat, saya menyaksikan bahwa Partai Ummat memiliki masa depan yang gemilang.
Setidaknya ada lima alasan untuk mengatakan bahwa Partai Ummat memiliki masa depan yang gemilang.
Pertama, memiliki patron yaitu Prof Dr M. Amien Rais. Apapun kata orang, Pak Amien merupakan tokoh yang mempunyai kharisma yang banyak diikuti, tidak saja karena mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, tetapi tokoh nasional yang dikenal istiqamah (konsisten) dan berani.

Kedua, Ridho Rahmadi, Ketua Umum Partai Ummat masih belum banyak jam terbang, tetapi sebagai tokoh muda yang berpendidikan tinggi bergelar Ph.D, peristiwa yang dialami Partai Ummat dengan mundurnya Agung Mozin dan Neno Warisman sebagai pengurus teras Partai Ummat, insya Allah diambil pelajaran dan pasti mempercepat kematangannya dalam mengelola partai.

Ketiga, masyarakat Indonesia sudah mengalami pembelahan ke dalam dua kelompok besar yaitu pendukung pemerintah dan mereka yang beroposisi. Mereka yang beroposisi pasti tidak akan mendukung dan memilih partai politik yang merupakan pendukung pemerintah. Rakyat akan memilih partai politik dalam pemilihan umum yang bukan bagian dari pemerintah. Pada tataran tersebut Partai Ummat memiliki peluang besar untuk dipilih rakyat dalam pemilu.

Keempat, rakyat Indonesia masih sangat banyak yang miskin. Mereka semakin miskin setelah Indonesia dilanda Covid-19. Semua masalah yang dihadapi rakyat, berawal dari politik yaitu pemilu. Kalau rakyat bisa disadarkan, maka peluang untuk mengubah pilihan mereka dalam pemilu akan disalurkan kepada partai politik yang bukan pendukung pemerintah. Pada tataran ini Partai Ummat berpeluang dipilih oleh rakyat dalam pemilu 2024.

Kelima, kehadiran secara masif pekerja China di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, sangat memprihatinkan sebagian besar rakyat Indonesia. Semua itu terjadi karena kebijakan politik. Untuk mengubah hal itu, maka politik harus diubah oleh rakyat Indonesia melalui pemilu. Perubahan politik harus diperjuangkan. Jika ini terjadi, maka rakyat akan memilih partai politik yang melawan membanjirya TKA di Indonesia. Pada tataran tersebut, Partai Ummat berpeluang meraih dukungan suara yang besar dalam pemilihan umum (Pemilu).

Semoga tulisan ini memberi manfaat dalam upaya kita mewujudkan perbaikan nasib seluruh rakyat Indonesia.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Politik

Akbar Tandjung, Ketua Umum Partai Golkar pasca reformasi tahun 1998. Keadaan Golkar saat Itu sangat gawat, karena gelombang reformasi ikut menghantam Golkar.

Politik

Saya tidak sependapat kalau ada yang keberatan. Fakta menunjukkan bahwa sebelum, saat dan pasca reformasi, Pak Amien sangat menonjol. Sehingga amat wajar akan banyaknya...

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Politik

Pada 14 April 2021 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaksanakan silaturrahim sekaligus buka puasa bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dihadiri pimpinan kedua...

Politik

Amien Rais adalah politisi terkemuka Indonesia, cendekiawan yang mumpuni dengan pendidikan yang hebat, berpengalaman dan banyak ilmu, bersih, jujur dan pemberani.

Lainnya

MUNAS MUI ini dipandang sangat penting karena bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim harus berpartisipasi dalam pembangunan.

Opini

Dalam berbagai acara yang dihadiri, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet Jakarta Selatan, lautan manusia yang hadiri. Begitu pula, peletakan batu pertama...

Opini

Imam besar Habib Rizieq Syihab (HRS) telah mengumumkan kepulangannya ke Indonesia. Berangkat dari Arab Saudi dengan pesawat Saudia pada 9 November 2020 dan tiba...