Connect with us

Bank DKI memberikan bantuan modal usaha kepada 11 purna bhakti/pensiunan Bank DKI (3/4/2021) - twitter bank_dki

DKI Jakarta

Peran Bank DKI dalam Mewujudkan Maju Kotanya Bahagia Warganya

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional. Sebagai lembaga jasa keuangan, salah satu peran nyata bank yaitu menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha seperti usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah dan usaha besar.

Secara khusus Bank DKI menurut pengamatan saya berperan besar sebagai tempat menyimpan dana pemerintah DKI Jakarta karena bagian keuangan atau bendahara tidak bisa lagi menyimpan uang dalam brankas seperti di masa lalu. Dana yang dihimpun dari berbagai jenis pajak dan penghasilan DKI Jakarta, kemudian melalui mekanisme politik di DPRD DKI ditetapkan dalam bentuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Selain itu, bank DKI berperan menghimpun dan menyimpan dana Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta serta berperan pula menghimpun dan menyimpan dana masyarakat dalam bentuk deposito dan instrumen lainnya.

Menyalurkan Dana

Berkaitan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta, dana yang dihimpun dari berbagai macam jenis pajak dan pendapatan, kemudian disalurkan untuk membayar gaji pegawai pemerintah DKI Jakarta, honor anggota DPRD DKI Jakarta dan seluruh biaya operasional pemerintah DKI dan DPRD DKI Jakarta.

Selain itu, Bank DKI membayar honor Ketua RW dan Ketua RT dan berbagai organisasi yang berperan sebagai instrumen untuk melancarkan pelaksanaan program pemerintah DKI Jakarta yang dikeluarkan Surat Keputusan oleh Gubernur DKI Jakarta.

di samping itu, Bank DKI menyalurkan pula dana bantuan kepada lembaga sosial keagamaan seperti bantuan untuk rumah ibadah, organisasi pendidikan dan sebagainya.

Juga bank DKI menyalurkan dana kepada BUMD yang mendapat tugas untuk melaksanakan pembangunan pisik serta kepada SKPD untuk melaksanakan program yang sudah ditetapkan dalam APBD DKI Jakarta.

Bantuan Sosial Covid-19

Bank DKI juga berperan dalam menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Bantuan Sosial Tunai tersebut bersumber dari bantuan dana APBD DKI Jakarta, yang disalurkan melalui rekening Bank DKI sebesar Rp300.000/bulan. Sebagai contoh BST tahap 5 dan 6 (bulan Mei dan Juni 2021) disalurkan pada bulan Juli 2021. Bantuan Sosial Tunai disalurkan dalam bentuk Kartu Tabungan dan Kartu ATM Bank DKI.

Bantuan Kredit

Bank DKI selain menyalurkan dana untuk gaji dan honor kepada semua yang terkait dengan pemerintah daerah provinsi DKI Jakarta seperti digambarkan di atas, juga menyalurkan bantuan modal kepada usaha mikro, kecil, menengah, koperasi dan besar.

Instrumen yang digunakan ada yang bersifat konvensional dengan menetapkan bunga bank yang dikenakan kepada setiap peminjam uang (debitor) dan ada juga melalui mekanisme bagi hasil berdasarkan syariah.

Peran bank DKI tidak saja sebagai mediator dalam menyalurkan dana, tetapi juga untuk mewujudkan visi pembangunan DKI Jakarta yaitu Maju Kotanya Bahagia Warganya.

Prinsip memajukan yang kecil dan tidak mengecilkan yang besar, harus diamalkan bank DKI agar terbangun keadilan. Sebab tanpa keadilan, tidak akan pernah tercipta persatuan yang hakiki.

Bahagia Warganya

Untuk menghadirkan maju kotanya bahagia, suka tidak suka tidak bisa dihindarkan pentingnya pembangunan pisik dan non pisik. Akan tetapi, bagi warga diperlukan adanya lapangan pekerjaan dan terbukanya kesempatan untuk berusaha.

Pada tataran tersebut, peran bank DKI sangat penting sebagai mediator yang menyalurkan dana masyarakat kepada usaha mikro, kecil menengah, koperasi dan usaha besar.

Sebagai institusi keuangan tidak bisa dinafikan bahwa bank DKI mencari keuntungan agar bisa membayar gaji komisaris, direksi dan seluruh karyawannya. Selain itu, bank DKI harus memberikan deviden (laba) kepada pemegang saham bank DKI yaitu pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Akan tetapi dalam upaya mewujudkan “Maju Kotanya Bahagia Warganya” harus ada kebijakan yang bersifat terobosan yang bisa membawa usaha mikro, kecil, koperasi dan menengah maju. Pemihakan kepada mereka yang kecil merupakan conditio sine quanon untuk membawa warga DKI bahagia.

Untuk mewujudkan bahagia warga DKI, setidak harus dilakukan sebagai berikut:

Pertama, semua warga DKI harus pahami dan hayati bahwa hidup adalah proses.
Kedua, setiap warga DKI tidak membandingkan dirinya dengan warga DKI yang lain.

Ketiga, warga DKI harus bisa hidup bertetangga yang saling menghormati dan saling bantu-membantu.

keempat, jika ada perbedaan atau perselisihan harus cepat diselesaikan dengan saling memaafkan.

Kelima, warga DKI harus selalu optimis dan bekerja keras untuk meraih kemajuan.

Keenam, hendaklah selalu berfikir positif. Jika ada masalah, selesaikan dengan baik.

Ketujuh, prioritaskan Kesehatan. Dalam rangka itu, warga DKI harus membiasakan dan membudayakan olah raga sebagai upaya menjaga ketahanan pisik dan kesehatan.

Kedelapan, warga DKI harus selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan beribadah sesuai ajaran agamanya.

Kesembilan, warga DKI harus meluangkan waktu untuk berekreasi guna menikmati keindahan ciptaan Allah di muka bumi.

Kesepuluh, warga DKI harus banyak bersyukur kepada Allah atas nikmati yang diberikan kepada warga DKI Jakarta.

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi warga DKI Jakarta pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Baca Juga

DKI Jakarta

DKI Jakarta sebagai kota jasa, sumber penerimaan yang amat signifikan adalah dari sektor jasa. Salah satu sektor yang sangat potensial ialah pariwisata (pelancongan).

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Warga DKI Jakarta patut bersyukur kepada Allah karena berkat kolaborasi, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan, sehingga pelonggaran aktivitas masyarakat diberlakukan. Terjadi peningkatan penggunaan Transjakarta dan...

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog, saya amat bergembira menyaksikan mulai bangkitnya kembali ekonomi DKI Jakarta setelah terpuruk akibat hantaman Covid-19.

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

DKI Jakarta

Kebon Sirih tempat berkantornya anggota DPRD DKI Jakarta dibanjiri karangan bunga untuk dukungan interpelasi dari PDIP-PSI terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

DKI Jakarta

Suhu politik di DKI Jakarta, Ibukota negara Republik Indonesia memanas, setelah 2 Fraksi secara resmi mengajukan interpelasi kepada Gubernur Anies Baswedan menyangkut Formula E.