Connect with us

Ganjar yang di dukung oleh Mardani Ali Sera Ketua DPP PKS

Opini

Mardani Berijtihad Politik Ajak Pilih Ganjar, Contoh Umat Islam Yang Resmi Masuk Pemerintah dan Memilih Pemimpin

Ajakan Mardani Ali Sera, anggota DPR RI dari PKS yang juga Ketua DPP PKS adalah sah untuk bekerjasama dengan sosok yang memiliki integritas.

Politik itu cair, setiap saat bisa berubah ke kiri, ke tengah, ke kanan, tergantung kepentingan.

Ibnu Qayyum menjelaskan bahwa politik (siasah) didefinisikan adalah setiap langkah perbuatan yang membawa manusia dekat kepada “kemaslahatan” dan terhindar dari kerusakan, walaupun Rasulullah tidak menetapkannya dan Allah tidak mewahyukannya” (Abd. al-Wahhab Khallaf (1977), Al Siyasah al Syar’iah: 17).

Menurut Khallaf bahwa “siasah” adalah mengelola masalah-masalah umum di negeri Islam untuk menjamin wujudnya kemaslahatan dan terhindar daripada kemudaratan dengan tidak melanggar ketentuan syariat yang umum (Ibid).

Berdasarkan definisi tersebut, politik (siasah) dalam Islam adalah setiap perbuatan yang membawa manusia kepada kemaslahatan. Kemaslahatan yang dikehendaki Islam ialah untuk memelihara agama, akal, harta, jiwa, dan keturunan/kehormatan.

Dengan demikian, ajakan Mardani Ali Sera, anggota DPR RI dari PKS yang juga Ketua DPP PKS adalah sah untuk bekerjasama dengan sosok yang memiliki integritas.

Pertanyaannya, apa yang dimaksud “Integritas” oleh Mardani Ali Sera, tidak dijelaskan. Akan tetapi, yang umum dipahami masyarakat bahwa Integritas adalah kata yang mengandung makna “seseorang yang memiliki potensi dan kemampuan serta kewibawaan dan kejujuran.”

Kewibawaan dan Kejujuran

Kata kunci dari “Integritas” adalah kewibawaan dan kejujuran. Pertanyaan selanjutnya, kalau para kader dan pemilih Partai Keadilan Sejahtera diajak oleh Mardani Ali Sera untuk memilih Ganjar Pranowo. Sebaliknya pemilih PDIP memilih Mardani Ali Sera dalam pemilihan 2024, apakah mungkin terjadi?

Dalam politik tidak ada yang tidak mungkin, yang penting kepentingan yang sama. Kalau sudah ada kesamaan kepentingan, maka bekerjasama bisa diwujudkan.

Pertanyaan selanjutnya, Apakah Ganjar Pranowo memiliki kewibawaan dan kejujuran seperti yang diinginkan Mardani Ali Sera?

Kewibawaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kekuasaan yang diakui dan ditaati. Kalau kewibawaan, mungkin dimiliki, tetapi kejujuran harus ditelusuri kembali rekam jejak pada saat Ganjar Pranowo menjadi anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah selama hampir dua periode.

Kejujuran (shidiq) amat penting dimiliki seorang calon Presiden karena kejujuran merupakan mahkota bagi setiap pemimpin.

Pentingnya seorang calon Presiden memiliki kewibawaan dan kejujuran, karena politik yang harus dilaksanakan adalah mewujudkan kemaslahatan, maka tidak mungkin seorang Presiden bisa mewujudkan kemaslahatan, jika tidak memiliki kewibawaan dan kejujuran.

Pengertian jujur dalam Islam adalah selalu menyelaraskan perbuatan dan perkataan. Arti jujur adalah lurus hati, ikhlas, tidak berbohong, tidak korupsi atau curang. Kata jujur adalah terjemahan dari kata shiddiq yang artinya benar dan dapat dipercaya.

Aktif Berpolitik

Politik atau “siasah” merupakan salah satu bagian dari muamalat dalam ajaran Islam yang mengatur hubungan antara sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Selain masalah politik, ada pula bagian-bagian yang termasuk muamalat, yaitu masalah sosial (ijtimaiyah), perekonomian (iqtishadiyah), berjuang di jalan Allah (jihad), perdagangan (tijarah), tolong-menolong (ta’awun), bekerja (amal) dan sebagainya.

Masalah-masalah muamalat dalam Islam, hanya disebut di dalam al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad saw secara garis besar dan tidak terperinci karena urusan-urusan muamalat sangat dinamis sebab berkaitan erat dengan kehidupan manusia sehari-hari, sementara tantangan yang dihadapi manusia tidak sama antara satu kelompok masyarakat, bangsa dan negara.

Ibnu Khaldun dalam bukanya “Muqaddimah” mengatakan bahwa manusia adalah “Man is ‘political by nature’ (Khaldun, Ibn, (1967), The Muqaddimah, Terj. Franz Rosenthal: 45. Tabiat manusia sebagai makhluk sosial selalu melakukan muamalat termasuk aktif berpolitik.

Oleh karena itu, umat Islam dalam rangka melakukan muamalat, amat penting memahami masalah politik dan masuk ke dalam arena politik agar bisa mewujudkan kemaslahatan. yaitu yang memberi kegunaan; kebaikan, manfaat, kepentingan seluruh rakyat.

Tanpa kekuasaan politik, umat Islam yang mayoritas tak obahnya perumpaan “makanan yang diperebutkan oleh orang-orang yang lapar.” Setelah mereka makan dan kenyang, mereka pergi.

Pada setiap pemilihan umum, umat Islam selalu diperlakukan seperti itu.

Untuk mengakhiri kondisi yang tidak menguntungkan, umat Islam yang selama ini diluar kekuasaan, sudah saatnya masuk ke dalam kekuasaan melalui demokrasi dengan mengisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di semua tingkatan, menjadi calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, menjadi Calon Presiden, Calon Wakil Presiden, Calon Gubernur/Calon Wakil Gubernur, Calon Bupati/Calon Wakil Bupati, Calon Walikota/Calon Wakil Walikota.

Kalau menjadi calon berbagai jabatan politik tersebut, dengan kerja keras menggalang kekuatan ada harapan terpilih menjadi penguasa politik. Jika tidak menjadi calon, maka bagaimanapun berdoa, tidak akan dikabulkan oleh Allah karena tidak mengikuti prosedur demokrasi dan aturan main yang telah ditetapkan oleh undang-undang.

Baca Juga

Opini

Umat Islam yang mayoritas, terus tidak berdaya dan semakin diperparah keadaan mereka karena tidak bersatu umat Islam dipecah belah, sehingga tidak pernah memegang kekuasaan...

Politik

Partai Politik merupakan instrumen yang amat vital dalam negara demokrasi. Suka tidak suka dan mau tidak mau, umat Islam hidup dalam negara demokrasi harus...

Opini

Jadi kunci kebangkitan dan kemajuan Indonesia di masa depan terletak pada hadirnya pemimpin Indonesia yang pintar dan berintegritas seperti kata Dr. Fahmi Idris.

Opini

Institusi TNI-POLRI dan Densus 88 yang saat ini telah dipilih pemimpinnya, suka tidak suka dan mau tidak mau harus diterima. Ini hasil dari proses...

Pendidikan

Menurut saya, berpolitik merupakan bagian dari jihad (perjuangan) yang harus aktif dilakukan umat Islam untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan...

Opini

Tidak sedikit yang akhirnya menjilat karena tidak tahan mengalami demoralisasi. Ada juga yang kemudian memilih diam.

Opini

Reuni Akbar 212 akan digelar bulan Desember 2021 di Jakarta. Diperkirakan akan dihadiri lebih dari 7 juta orang.

DKI Jakarta

Lawatan Presiden Turki ke Jakarta, ibukota Republik Indonesia, sangat penting dan insya Allah menjadi sarana promosi untuk menarik wisatawan negara itu berkunjung ke Indonesia.