Connect with us

Ganjar yang di dukung oleh Mardani Ali Sera Ketua DPP PKS

Opini

Mardani Berijtihad Politik Ajak Pilih Ganjar, Contoh Umat Islam Yang Resmi Masuk Pemerintah dan Memilih Pemimpin

Ajakan Mardani Ali Sera, anggota DPR RI dari PKS yang juga Ketua DPP PKS adalah sah untuk bekerjasama dengan sosok yang memiliki integritas.

Politik itu cair, setiap saat bisa berubah ke kiri, ke tengah, ke kanan, tergantung kepentingan.

Ibnu Qayyum menjelaskan bahwa politik (siasah) didefinisikan adalah setiap langkah perbuatan yang membawa manusia dekat kepada “kemaslahatan” dan terhindar dari kerusakan, walaupun Rasulullah tidak menetapkannya dan Allah tidak mewahyukannya” (Abd. al-Wahhab Khallaf (1977), Al Siyasah al Syar’iah: 17).

Menurut Khallaf bahwa “siasah” adalah mengelola masalah-masalah umum di negeri Islam untuk menjamin wujudnya kemaslahatan dan terhindar daripada kemudaratan dengan tidak melanggar ketentuan syariat yang umum (Ibid).

Berdasarkan definisi tersebut, politik (siasah) dalam Islam adalah setiap perbuatan yang membawa manusia kepada kemaslahatan. Kemaslahatan yang dikehendaki Islam ialah untuk memelihara agama, akal, harta, jiwa, dan keturunan/kehormatan.

Dengan demikian, ajakan Mardani Ali Sera, anggota DPR RI dari PKS yang juga Ketua DPP PKS adalah sah untuk bekerjasama dengan sosok yang memiliki integritas.

Pertanyaannya, apa yang dimaksud “Integritas” oleh Mardani Ali Sera, tidak dijelaskan. Akan tetapi, yang umum dipahami masyarakat bahwa Integritas adalah kata yang mengandung makna “seseorang yang memiliki potensi dan kemampuan serta kewibawaan dan kejujuran.”

Kewibawaan dan Kejujuran

Kata kunci dari “Integritas” adalah kewibawaan dan kejujuran. Pertanyaan selanjutnya, kalau para kader dan pemilih Partai Keadilan Sejahtera diajak oleh Mardani Ali Sera untuk memilih Ganjar Pranowo. Sebaliknya pemilih PDIP memilih Mardani Ali Sera dalam pemilihan 2024, apakah mungkin terjadi?

Dalam politik tidak ada yang tidak mungkin, yang penting kepentingan yang sama. Kalau sudah ada kesamaan kepentingan, maka bekerjasama bisa diwujudkan.

Pertanyaan selanjutnya, Apakah Ganjar Pranowo memiliki kewibawaan dan kejujuran seperti yang diinginkan Mardani Ali Sera?

Kewibawaan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kekuasaan yang diakui dan ditaati. Kalau kewibawaan, mungkin dimiliki, tetapi kejujuran harus ditelusuri kembali rekam jejak pada saat Ganjar Pranowo menjadi anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah selama hampir dua periode.

Kejujuran (shidiq) amat penting dimiliki seorang calon Presiden karena kejujuran merupakan mahkota bagi setiap pemimpin.

Pentingnya seorang calon Presiden memiliki kewibawaan dan kejujuran, karena politik yang harus dilaksanakan adalah mewujudkan kemaslahatan, maka tidak mungkin seorang Presiden bisa mewujudkan kemaslahatan, jika tidak memiliki kewibawaan dan kejujuran.

Pengertian jujur dalam Islam adalah selalu menyelaraskan perbuatan dan perkataan. Arti jujur adalah lurus hati, ikhlas, tidak berbohong, tidak korupsi atau curang. Kata jujur adalah terjemahan dari kata shiddiq yang artinya benar dan dapat dipercaya.

Aktif Berpolitik

Politik atau “siasah” merupakan salah satu bagian dari muamalat dalam ajaran Islam yang mengatur hubungan antara sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Selain masalah politik, ada pula bagian-bagian yang termasuk muamalat, yaitu masalah sosial (ijtimaiyah), perekonomian (iqtishadiyah), berjuang di jalan Allah (jihad), perdagangan (tijarah), tolong-menolong (ta’awun), bekerja (amal) dan sebagainya.

Masalah-masalah muamalat dalam Islam, hanya disebut di dalam al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad saw secara garis besar dan tidak terperinci karena urusan-urusan muamalat sangat dinamis sebab berkaitan erat dengan kehidupan manusia sehari-hari, sementara tantangan yang dihadapi manusia tidak sama antara satu kelompok masyarakat, bangsa dan negara.

Ibnu Khaldun dalam bukanya “Muqaddimah” mengatakan bahwa manusia adalah “Man is ‘political by nature’ (Khaldun, Ibn, (1967), The Muqaddimah, Terj. Franz Rosenthal: 45. Tabiat manusia sebagai makhluk sosial selalu melakukan muamalat termasuk aktif berpolitik.

Oleh karena itu, umat Islam dalam rangka melakukan muamalat, amat penting memahami masalah politik dan masuk ke dalam arena politik agar bisa mewujudkan kemaslahatan. yaitu yang memberi kegunaan; kebaikan, manfaat, kepentingan seluruh rakyat.

Tanpa kekuasaan politik, umat Islam yang mayoritas tak obahnya perumpaan “makanan yang diperebutkan oleh orang-orang yang lapar.” Setelah mereka makan dan kenyang, mereka pergi.

Pada setiap pemilihan umum, umat Islam selalu diperlakukan seperti itu.

Untuk mengakhiri kondisi yang tidak menguntungkan, umat Islam yang selama ini diluar kekuasaan, sudah saatnya masuk ke dalam kekuasaan melalui demokrasi dengan mengisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di semua tingkatan, menjadi calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, menjadi Calon Presiden, Calon Wakil Presiden, Calon Gubernur/Calon Wakil Gubernur, Calon Bupati/Calon Wakil Bupati, Calon Walikota/Calon Wakil Walikota.

Kalau menjadi calon berbagai jabatan politik tersebut, dengan kerja keras menggalang kekuatan ada harapan terpilih menjadi penguasa politik. Jika tidak menjadi calon, maka bagaimanapun berdoa, tidak akan dikabulkan oleh Allah karena tidak mengikuti prosedur demokrasi dan aturan main yang telah ditetapkan oleh undang-undang.

Baca Juga

Pendidikan

Setelah penutupan masa perkenalan mahasiswa baru Universitas Ibnu Chaldun dilanjutkan pengucapan sumpah mahasiswa dan menyalakan lilin dan membentuk formasi PPKMB UIC.

Pendidikan

Pada 20 Agustus 2022, Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun melakukan acara yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam di Sukabumi, Jawa Barat. Saya, Musni...

Politik

MBS dan Macron berusaha mencari jalan keluar dari krisis energi dan kelangkaan pangan. Macron mendesak Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyaknya guna membantu menurunkan...

Lainnya

Selain mengucapkan terima kasih atas doa yang diberikan oleh berbagai pihak, sehingga dia bebas bersyarat, HRS juga kembali melakukan gebrakan dengan menyerukan revolusi akhlak.

Politik

Geopolitik sedang berubah khususnya di Timur Tengah. Kekuatan politik Timur Tengah tidak lagi sepenuhnya di dominasi oleh Amerika Serikat. Akankan kekuatan politik Timur Tengah...

DKI Jakarta

Salah satu wujud partisipasi dan kolaborasi Transjakarta yang paling mutakhir ialah menyukseskan shalat Idul Adha di JIS dengan menyediakan bus Transjakarta dari berbagai lokasi.

Lainnya

Setiap kita merayakan Hari Raya Idul Adha dengan Salat Idul Adha dan menyembelih hewan kurban, kita pasti mengenang peristiwa heroik yang dilakukan Nabi Ibrahim...

Pemilu

Sudah puluhan kali Presidential Threshold (PT) digugat ke Mahkamah Konstitusi (PK), tetapi baru kali ini PKS sebagai partai politik yang dianggap memiliki legal standing...