Connect with us

akankah Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta bertemu Presiden Turki Erdogan tahun depan?

DKI Jakarta

Akankah Anies Bertemu Erdogan? Arti Penting Lawatan Presiden Turki ke Indonesia

Lawatan Presiden Turki ke Jakarta, ibukota Republik Indonesia, sangat penting dan insya Allah menjadi sarana promosi untuk menarik wisatawan negara itu berkunjung ke Indonesia.

Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu, 30 Oktober 2021, Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Kedua pemimpin negara berpenduduk mayoritas Muslim tersebut membahas sejumlah hal, salah satunya rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia.

Presiden Erdogan direncanakan berkunjung ke Indonesia pada awal 2022 mendatang. Presiden Jokowi dan Presiden Erdogan mengutus Menteri Luar Negeri (Menlu) kedua negara itu untuk mempersiapkan rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia.

Jokowi mengatakan: “Saya menantikan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia sekitar bulan Januari atau Februari 2022. Saya yakin kunjungan Yang Mulia akan makin mempererat hubungan Indonesia-Turki. Kita tugaskan Menteri Luar Negeri kedua negara untuk mempersiapkan kunjungan dengan baik,” kata Jokowi dikutip dari siaran pers, Ahad (31/10/2021).

Selain itu, Presiden Jokowi dan Presiden Erdogan menugaskan kedua Menlu untuk mempersiapkan diluncurkannya mekanisme strategis tingkat tinggi atau high level strategic mechanism.

Arti Penting Kedua Negara

Lawatan kenegaraan Presiden Turki ke Indonesia mempunyai arti penting bagi kedua negara.

Pertama, untuk semakin mempererat hubungan G-to-G (Government to Government) antara pemerintah Turki dengan pemerintah Indonesia.

Kedua, untuk semakin mempererat hubungan P-to-P (People to People) antara rakyat Turki dengan rakyat Indonesia.

Ketiga, untuk semakin meningkatkan kerja sama dalam bidang pariwisata. Sebelum Covid-19 menghantam Jakarta dan Indonesia, sangat ramai rakyat Indonesia melakukan wisata (melancong) ke Turki. Akan tetapi, jumlah wisatawan Turki yang berkunjung ke Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia masih amat diperlukan peningkatannya pasca Covid-19.

Oleh karena itu, lawatan Presiden Turki ke Jakarta, ibukota Republik Indonesia, sangat penting dan insya Allah menjadi sarana promosi untuk menarik wisatawan negara itu berkunjung ke Indonesia.

Keempat, untuk mempercepat perundingan IT-CEPA antara pemerintah Turki dan Pemerintah Indonesia, sehingga lawatan Presiden Turki ke Indonesia, kita berharap IT-CEPA bisa menjadi tujuan dari kunjungan Erdogan ke Indonesia tahun depan.

Kelima, untuk meningkatkan investasi. Dalam hubungan itu, perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Turki atau IT-CEPA, amat penting ditanda tangani dan direalisasikan dalam rangka lebih memperkokoh dan semakin meningkatkan kerja sama ekonomi Turki dan Indonesia.

Anies Bertemu Erdogan?

Dalam lawatan Presiden Turki ke Indonesia, menjadi pertanyaan besar publik, apakah Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta bisa bertemu Presiden Erdogan?

Pertama, kita tidak tahu pengaturan protokol. Sejatinya Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta, bisa bertemu Erdogan karena Presiden Turki itu akan tiba dan melakukan berbagai macam kegiatan di Jakarta, ibukota Republik Indonesia.

Kedua, momentum Anies bisa bertemu Presiden Erdogan, jika protokol istana memperkenankan Anies ikut menjemput Presiden Erdogan di Bandara (Airport).

Ketiga, Anies bertemu Presiden Erdogan, jika saat jamuan makan malam untuk menghormati Presiden Erdogan, Anies ikut diundang makan malam.

Keempat, kalau jadi peresmian pemberian jalan Ataturk di Jakarta yang diprotes publik, Anies dilibatkan untuk mendampingi Presiden Erdogan.

Kelima, Presiden Erdogan dan rombongan mengunjungi salah obyek wisata di Jakarta, Anies diperkenankan mendampingi Presiden Erdogan.

Semoga rencana lawatan kenegaraan Presiden Turki ke Indonesia terealisasi demi kebaikan rakyat kedua negara yang mayoritas Muslim dan pemerintah Turki dan pemerintah Indonesia.

Baca Juga

DKI Jakarta

Bali dan Jakarta akan segera menyelenggarakan International Youth Championship (IYC) 2021. Acara ini merupakan kolaborasi dua daerah dalam rangka memeriahkan soft launching Jakarta International...

Opini

Umat Islam yang mayoritas, terus tidak berdaya dan semakin diperparah keadaan mereka karena tidak bersatu umat Islam dipecah belah, sehingga tidak pernah memegang kekuasaan...

DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta terus menerus bekerja keras atasi banjir yang terjadi di DKI Jakarta. Gubernur Anies, Wagub Riza Patria dan seluruh jajaran pemerintah provinsi...

DKI Jakarta

Ekonomi tumbuh minus akibat didera pandemi Covid-19. Akan tetapi seiring semakin terkendalinya Covid-19, maka kegiatan ekonomi kembali menggeliat dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren yang...

DKI Jakarta

Warga Jakarta sangat bangga dan puas karena UNESCO mengakui potensi Jakarta sebagai kota kreatif di bidang literasi dan dengan banyaknya kegiatan perbukuan yang aktif...

DKI Jakarta

Pemprov. DKI Jakarta sedang berjuang keras meningkatkan volume daya tampung air. Berbagai cara diupayakan, pertama melakukan pengerukan sedimen yang menumpuk di 13 sungai lebih...

Pendidikan

Menurut saya, berpolitik merupakan bagian dari jihad (perjuangan) yang harus aktif dilakukan umat Islam untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan...

Opini

Tidak sedikit yang akhirnya menjilat karena tidak tahan mengalami demoralisasi. Ada juga yang kemudian memilih diam.