Connect with us

Mohon doanya untuk ayah saya, Bapak Dr. H. Fahmi Idris, SE, MH. @fahmiidris1 Pagi ini Ujian Tertutup Disertasi... Mudah2an diberi kemudahan kelancaran dari AllahSWT. Al Faatihah.. (14/1/2021) - twitter fahiraidris

Opini

Fahmi Idris: Yakin Indonesia Bangkit Jika Memiliki Pemimpin Yang Pintar Berintegritas

Jadi kunci kebangkitan dan kemajuan Indonesia di masa depan terletak pada hadirnya pemimpin Indonesia yang pintar dan berintegritas seperti kata Dr. Fahmi Idris.

Pada Ahad, 7 November 2021 pukul 10.00-11.00 WIB Indonesia trending di Twitter dengan tagar #Yakin Indonesia Bangkit.

Tagar yakin Indonesia bangkit, penting kita angkat dalam tulisan. Setidaknya ada 5 (lima) alasannya.

Pertama, kebangkitan Indonesia merupakan kebutuhan seluruh anak bangsa tanpa kecuali, tanpa pandang suku, agama, dan bangsa.

Kedua, Kebangkitan Indonesia merupakan cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ketiga, kebangkitan Indonesia merupakan mimpi yang dicetuskan dalam sumpah pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928.

Keempat, kebangkitan Indonesia merupakan cita-cita pendirian Sarikat Islam pada 16 Oktober 1905 di Surakarta, Muhammadiyah pada 18 November 1912 di Yogyakarta , Nahdlatul Ulama pada 31 Januari 1926 di Surabaya dan berbagai organisasi Islam yang lahir jauh sebelum Indonesia merdeka.

Kelima, kebangkitan Indonesia merupakan cita-cita pendirian Budi Utomo pada 20 Mei 1908 di Jakarta, yang selalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Kebangkitan Indonesia Penting Digelorakan

Kebangkitan Indonesia amat penting digelorakan, setidaknya ada lima alasannya.

Pertama, Indonesia sudah merdeka selama 76 tahun. Akan tetapi yang bangkit dan maju baru sebagian kecil dari bangsa Indonesia.

Kedua, Indonesia telah membangun selama 32 tahun di era Orde Baru dan melanjutkan pembangunan sejak Orde Reformasi 1998 sampai sekarang, tetapi lebih banyak yang belum bangkit dan maju, ketimbang yang sudah bangkit dan maju.

Ketiga, cita-cita perjuangan bangsa Indonesia sejak pendirian Sarekat Islam, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Budi Utomo dan berbagai organisasi Islam jauh sebelum Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, belum menjadi kenyataan.

Keempat, cita-cita para pejuang bangsa Indonesia sebelum merdeka dan sesudah merdeka, masih jauh dari harapan.

Kelima, cita-cita para pemimpin bangsa dari sejak merdeka sampai sekarang, masih jauh bahkan mulai timbul keraguan apakah Indonesia bisa bangkit dan maju?

Oleh karena itu, merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk digelorakan kembali semangat dan optimisme untuk bangkit dan maju di kalangan seluruh bangsa Indonesia.

Kunci Bangkit & Maju kata Dr. Fahmi Idris

Sejatinya Indonesia memiliki potensi untuk bangkit dan maju. Setidaknya ada tiga potensi besar yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk bangkit dan maju.

Pertama, memiliki penduduk yang besar yang pada umumnya kreatif, gigih dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk bangkit dan maju.

Kedua, memiliki sumber daya alam yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi prime mover untuk membawa Indonesia bangkit dan maju.

Ketiga, Indonesia memperoleh bonus demografi yaitu suatu kondisi dimana jumlah penduduk produktif atau angkatan kerja (usia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk yang sudah kurang produktif (di bawah 5 tahun dan di atas 64 tahun).

Tiga potensi besar yang dimiliki bangsa Indonesia tidak akan berubah menjadi kekuatan besar yang membawa Indonesia bangkit dan maju, jika Indonesia tidak dipimpin oleh orang pintar yang berintegritas.

Jadi kunci kebangkitan dan kemajuan Indonesia di masa depan terletak pada hadirnya pemimpin Indonesia yang pintar dan berintegritas seperti kata Dr. Fahmi Idris, yang menurut saya pemimpin integritas tidak lain adalah pemimpin yang amanah (dapat dipercaya), jujur, cerdas dan komunikator.

Baca Juga

Opini

Umat Islam yang mayoritas, terus tidak berdaya dan semakin diperparah keadaan mereka karena tidak bersatu umat Islam dipecah belah, sehingga tidak pernah memegang kekuasaan...

Politik

Partai Politik merupakan instrumen yang amat vital dalam negara demokrasi. Suka tidak suka dan mau tidak mau, umat Islam hidup dalam negara demokrasi harus...

Opini

Institusi TNI-POLRI dan Densus 88 yang saat ini telah dipilih pemimpinnya, suka tidak suka dan mau tidak mau harus diterima. Ini hasil dari proses...

Pendidikan

Menurut saya, berpolitik merupakan bagian dari jihad (perjuangan) yang harus aktif dilakukan umat Islam untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan...

Opini

Ajakan Mardani Ali Sera, anggota DPR RI dari PKS yang juga Ketua DPP PKS adalah sah untuk bekerjasama dengan sosok yang memiliki integritas.

Opini

Kesalahan terbesar sebagian umat Islam karena menolak sistem politik yang ada dan bahkan menawarkan sistem politik yang dianggap berlawanan dengan sistem demokrasi yang ada,...

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

Politik

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta umat Islam bersatu melawan ketidakadilan. Hal tersebut ia katakan dalam pidatonya untuk Pemuda Kerja Sama Islam (ICYF) dalam...