Connect with us

Mohon doanya untuk ayah saya, Bapak Dr. H. Fahmi Idris, SE, MH. @fahmiidris1 Pagi ini Ujian Tertutup Disertasi... Mudah2an diberi kemudahan kelancaran dari AllahSWT. Al Faatihah.. (14/1/2021) - twitter fahiraidris

Opini

Fahmi Idris: Yakin Indonesia Bangkit Jika Memiliki Pemimpin Yang Pintar Berintegritas

Jadi kunci kebangkitan dan kemajuan Indonesia di masa depan terletak pada hadirnya pemimpin Indonesia yang pintar dan berintegritas seperti kata Dr. Fahmi Idris.

Pada Ahad, 7 November 2021 pukul 10.00-11.00 WIB Indonesia trending di Twitter dengan tagar #Yakin Indonesia Bangkit.

Tagar yakin Indonesia bangkit, penting kita angkat dalam tulisan. Setidaknya ada 5 (lima) alasannya.

Pertama, kebangkitan Indonesia merupakan kebutuhan seluruh anak bangsa tanpa kecuali, tanpa pandang suku, agama, dan bangsa.

Kedua, Kebangkitan Indonesia merupakan cita-cita proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Ketiga, kebangkitan Indonesia merupakan mimpi yang dicetuskan dalam sumpah pemuda yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928.

Keempat, kebangkitan Indonesia merupakan cita-cita pendirian Sarikat Islam pada 16 Oktober 1905 di Surakarta, Muhammadiyah pada 18 November 1912 di Yogyakarta , Nahdlatul Ulama pada 31 Januari 1926 di Surabaya dan berbagai organisasi Islam yang lahir jauh sebelum Indonesia merdeka.

Kelima, kebangkitan Indonesia merupakan cita-cita pendirian Budi Utomo pada 20 Mei 1908 di Jakarta, yang selalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Kebangkitan Indonesia Penting Digelorakan

Kebangkitan Indonesia amat penting digelorakan, setidaknya ada lima alasannya.

Pertama, Indonesia sudah merdeka selama 76 tahun. Akan tetapi yang bangkit dan maju baru sebagian kecil dari bangsa Indonesia.

Kedua, Indonesia telah membangun selama 32 tahun di era Orde Baru dan melanjutkan pembangunan sejak Orde Reformasi 1998 sampai sekarang, tetapi lebih banyak yang belum bangkit dan maju, ketimbang yang sudah bangkit dan maju.

Ketiga, cita-cita perjuangan bangsa Indonesia sejak pendirian Sarekat Islam, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Budi Utomo dan berbagai organisasi Islam jauh sebelum Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, belum menjadi kenyataan.

Keempat, cita-cita para pejuang bangsa Indonesia sebelum merdeka dan sesudah merdeka, masih jauh dari harapan.

Kelima, cita-cita para pemimpin bangsa dari sejak merdeka sampai sekarang, masih jauh bahkan mulai timbul keraguan apakah Indonesia bisa bangkit dan maju?

Oleh karena itu, merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk digelorakan kembali semangat dan optimisme untuk bangkit dan maju di kalangan seluruh bangsa Indonesia.

Kunci Bangkit & Maju kata Dr. Fahmi Idris

Sejatinya Indonesia memiliki potensi untuk bangkit dan maju. Setidaknya ada tiga potensi besar yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk bangkit dan maju.

Pertama, memiliki penduduk yang besar yang pada umumnya kreatif, gigih dan memiliki semangat juang yang tinggi untuk bangkit dan maju.

Kedua, memiliki sumber daya alam yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi prime mover untuk membawa Indonesia bangkit dan maju.

Ketiga, Indonesia memperoleh bonus demografi yaitu suatu kondisi dimana jumlah penduduk produktif atau angkatan kerja (usia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk yang sudah kurang produktif (di bawah 5 tahun dan di atas 64 tahun).

Tiga potensi besar yang dimiliki bangsa Indonesia tidak akan berubah menjadi kekuatan besar yang membawa Indonesia bangkit dan maju, jika Indonesia tidak dipimpin oleh orang pintar yang berintegritas.

Jadi kunci kebangkitan dan kemajuan Indonesia di masa depan terletak pada hadirnya pemimpin Indonesia yang pintar dan berintegritas seperti kata Dr. Fahmi Idris, yang menurut saya pemimpin integritas tidak lain adalah pemimpin yang amanah (dapat dipercaya), jujur, cerdas dan komunikator.

Baca Juga

Politik

MBS dan Macron berusaha mencari jalan keluar dari krisis energi dan kelangkaan pangan. Macron mendesak Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyaknya guna membantu menurunkan...

Politik

Geopolitik sedang berubah khususnya di Timur Tengah. Kekuatan politik Timur Tengah tidak lagi sepenuhnya di dominasi oleh Amerika Serikat. Akankan kekuatan politik Timur Tengah...

Politik

Saya sangat prihatin terjadinya demonstrasi di berbagai tempat yang menuntut Suharso Monoarfa, mundur sebagai Ketua Umum PPP.

In Memoriam

Tidak ada manusia yang tahu kapan ajal akan datang. Itulah yang dialami Prof. Dr. H. Fahmi Idris, SE., MH., Mantan Menteri Tenaga Kerja dan...

Politik

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Arab Saudi untuk bertemu dengan raja Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS). Kita...

Pendidikan

Bersama Fahira Idris, Anggota DPD RI, Hiapolo Filantropi Indonesia dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun FISIP UIC melaksanakan bakti sosial...

Opini

Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan negara-negara lain sangat yakin bahwa Rusia bakal melakukan invasi di Ukraina. Walaupun Rusia sudah berkali-kali menegaskan bahwa tidak ada...

Politik

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepatutnya diberi acungan jempol dan diberi dukungan pada pemilu 2024 karena merupakan satu-satunya partai politik di DPR RI yang memperjuangkan...