Connect with us

Bersama Wali Kota Bekasi Rahmat Efendi di Balai Kota DKI - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Ekonomi Tumbuh Cepat di Jakarta: Kolaborasi Investasi dan Sukseskan Event Formula E

Ekonomi tumbuh minus akibat didera pandemi Covid-19. Akan tetapi seiring semakin terkendalinya Covid-19, maka kegiatan ekonomi kembali menggeliat dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren yang menggembirakan.

Ekonomi tumbuh minus akibat didera pandemi Covid-19. Akan tetapi seiring semakin terkendalinya Covid-19, maka kegiatan ekonomi kembali menggeliat dan pertumbuhan ekonomi menunjukkan tren yang menggembirakan.

Kepala Perwakilan Bank Indonersia Provinsi DKI Jakarta Onny Wijanarko memperkirakan pertumbuhan ekonomi Jakarta pada tribulan III 2021 tetap berada di zona positif karena ada perbaikan di sektor perdagangan dan industri pengolahan (AntaraNews, Rabu, 6 Oktober 2021 15.20 WIB).

Lebih lanjut Kepala Perwakilan Bank Indonesia mengatakan “Aktivitas masyarakat dari Google Mobility Index periode Agustus hingga September meningkat lagi. Disa memperkirakan tribulan ketiga ekonomi tetap tumbuh positif.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada saat berbicara dalam diskusi ‘Peluang dan Tantangan Ekonomi Indonesia di Masa Pandemic: Menelisik Pertumbuhan Investasi dan Laju Ekonomi dari Perspektif Pemerintah Daerah’ di Surabaya, Jawa Timur, (Jumat 15/11/2021) mengatakan “Masa pandemi ini masih berlangsung, tetapi kondisi itu sudah lebih terkendali. Karena itu kita perlu memulihkan terutama ekonomi, agar masyarakat bisa kembali berkegiatan.”

Anies menuturkan, fokus pemulihan juga dikhususkan bagi rumah tangga rumah tangga yang penghasilannya berasal dari Usaha Mikro Kecil (UMK), agar bisa tumbuh dan bergerak cepat. “Kami cerita pengalaman kami di DKI dengan memberikan kepada pelaku ekonomi mikro, dan kecil, rangsangan agar mereka bisa memanfaatkan pasar yang tumbuh dengan menggunakan transaksi Online.

Jakarta Investment Forum

Dalam upaya mempromosikan Jakarta sebagai kota yang ramah investasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka ruang kolaborasi kepada para investor dalam event Jakarta Investment Forum (JIF) 2021 yang digelar secara virtual.

JIF 2021 digagas oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (JIC) berkolaborasi dengan Jakarta Experience Board (PT. Jakarta Tourisindo) menggelar Jakarta Investment Forum 2021 dengan mengusung tema “Strengthening the Post Pandemic Economy through Collaboration”, dan berlangsung selama dua hari pada 11-12 November 2021.

Event ini diselenggarakan sebagai strategi pemerintah dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19,” ujar Anies dalam sambutannya. Anies menuturkan, tujuan penyelenggaraan Jakarta Investment Forum 2021 adalah agar peluang Jakarta sebagai kota bisnis dan investasi bisa lebih terbuka lebar.

Gubernur Anies Baswedan, memamerkan pertumbuhan ekonomi Ibu Kota yang tumbuh dua digit pada kuartal II-2021 dalam Jakarta Investment Forum 2021, Kamis (11/11/2021). “Pada kuartal kedua 2021, pertumbuhan ekonomi Jakarta meningkat 10,9 persen secara tahunan (year on year),” kata Anies, dalam sambutannya. Di samping itu, total investasi Jakarta pada kuartal III-2021 juga meningkat 7,2 persen secara tahunan. Dengan begitu, kata Anies, ekonomi Jakarta mulai pulih secara signifikan.


Pariwisata dan Ekonomi Tumbuh Melalui Event Formula E

Salah satu sektor yang mudah dan cepat mendorong pemulihan dan pertumbuhan ekonomi adalah sektor pariwisata (tourism-pelancongan).

Mulai akhir tahun ini sampai akhir tahun depan merupakan momentum yang sangat tepat untuk mengundang wisatawan dalam dan luar negeri untuk berkunjung atau berwisata ke Jakarta. Agar ekonomi tumbuh dan berkembang pesat pasca-pandemi Covid-19.

Berbagai event nasional dan internasional sangat tepat dilaksanakan di Jakarta mulai akhir tahun ini sampai akhir tahun depan. Semakin banyak event yang diadakan di Jakarta, semakin baik karena akan menghadirkan banyak tamu dari daerah dan dari mancanegara.

Sebagai contoh, acara pemberian Piagam Penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia yang dilaksanakan di Perpustakaan Nasional, 13 November 2021, dibuka Wakil Gubernur DKI Jakarta, banyak Bupati dari daerah di Indonesia yang diberi penghargaan. Event tersebut turut memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Jakarta, karena mereka yang datang dari daerah butuh hotel untuk menginap dan makan.

Selain itu, event Formula E pasti memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Jakarta, karena peserta Formula E datang dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari luar negeri. Mereka akan menginap berbagai hotel, makan di hotel dan makan diberbagai restoran. Selain itu akan ada berbagai macam peluang untuk UMKM Jakarta untuk berkembang dengan mengambil kesempatan dari event ini.

Semoga tulisan ini memberi semangat dan optimisme kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus berpartisipasi dan berkolaborasi dalam pembangunan demi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Baca Juga

DKI Jakarta

Menurut saya, demi menjaga ketahanan pangan, warga lebih memerlukan tersedianya pangan murah bersubsidi, ketimbang mereka diberi Bantuan Tunai Langsung (BLT) dengan harga bahan pokok...

DKI Jakarta

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover...

DKI Jakarta

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris....

DKI Jakarta

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN...

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...

DKI Jakarta

Mudik merupakan peristiwa budaya yang dibalut dengan keyakinan agama (Islam). Jumlah yang mudik 2022 luar biasa banyaknya. Hasil Survei Litbang Kementerian Perhubungan RI memperkirakan...

DKI Jakarta

Dalam rangka Idul Fitri 1443 H. Gubernur Anies dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria serta jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat dikatakan memanjakan warga...

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Ramadhan Market atau Festival Ramadhan di berbagai kelurahan DKI Jakarta.