Connect with us

Wagub DKI Jakarta sekarang dan dulu: Riza Patria dan Sandiaga Uno - arizapatria.id

DKI Jakarta

Kartu Pekerja Jakarta: Transjakarta Gratis dan Fasilitas Lain, Terima Kasih Sandiaga Uno, Riza Patria

Pemegang Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) insya Allah dapat menikmati berbagai fasilitas untuk mengurangi beban biaya hidup di Jakarta termasuk gratis naik Transjakarta.

Pemegang Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) insya Allah dapat menikmati berbagai fasilitas untuk mengurangi beban biaya hidup di Jakarta termasuk gratis naik Transjakarta.

Gubernur Anies Baswedan mengemukakan hal tersebut pada saat dialog dengan para buruh yang berdemo di depan Balai Kota DKI Jakarta (18/11/2021).

Anies mengatakan tidak bisa mengubah besaran UMP lebih besar daripada ketentuan yang sudah dibuat oleh pemerintah pusat.

Namun, dia berjanji bisa membantu buruh untuk memiliki hidup yang layak di Jakarta dengan beragam subsidi program hidup murah.

“Untuk menaikkan UMP ada ketentuannya yang harus ditaati, tapi untuk yang menurunkan biaya hidup kami bisa bantu di situ,” kata Anies.

Anies mengatakan, para pekerja atau buruh akan diberikan akses biaya hidup murah di Jakarta, seperti bantuan Kartu Jakarta Pintar untuk anak-anak buruh.

Tidak hanya itu, fasilitas lainnya juga akan dikhususkan untuk kaum pekerja agar bisa menekan biaya hidup di Jakarta.

“Diharapkan bisa mengurangi biaya (hidup) walaupun pendapatan (tidak naik signifikan karena) diatur lewat PP (peraturan pemerintah) yang ada,” kata dia.

Berawal dari Kartu Pekerja Oleh Sandiaga Uno

Wakil Gubernur DKI Jakarta meluncurkan Kartu Pekerja untuk Buruh yang berpenghasilan di bawah Upah Minimun Provinsi Jakarta. Fasilitas yang ditawarkan antara lain gratis naik bus Transjakarta. Wakil Gubernur ‎DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan langkah ini sebagai wujud keberpihakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada kesejahteraan buruh (12/1/2018)

Pemprov menargetkan sebanyak ribuan buruh yang bisa mendapatkan Kartu Pekerja.‎ “Dalam rangka meningkatkan kesejateraan buruh berpenghasilan UMP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan fasilitas berupa layanan Transjakarta gratis dan layanan untuk berbelanja di JakGrosir,” kata Sandi Jumat (12/1/2018). ‎

Tawaran pemerintah provinsi DKI Jakarta kepada para buruh untuk memberikan fasilitas dalam rangka mengurangi beban biaya hidup, patut diapresiasi.

Setidaknya ada tiga manfaat yang bakal diperoleh para buruh dan keluarganya. Pertama, bisa mengurangi beban biaya hidup seperti naik gratis Transjakarta.

Kedua, kalau buruh memiliki anak, bisa memperoleh pendidikan gratis dengan beasiswa Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus.

Ketiga, kalau buruh belum mempunyai rumah, bisa mengusahakan rumah DP 0 Persen yang dibayar secara cicilan.

Oleh karena, yang pertama meluncurkan gagasan buruh memperoleh fasilitas layanan naik gratis bus Transjakarta adalah Sandiaga Uno yang saat itu menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, maka kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Pak Sandi.

Selain itu, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, kita patut beri apresiasi yang tinggi karena secara konsisten terus melanjutkan kebijakan yang memihak kepada para buruh dan wong cilik, dengan memberikan berbagai kebijakan untuk mengurangi beban biaya hidup mereka di Jakarta, karena untuk menaikkan UMP seperti yang dituntut para buruh sebesar 10 % tidak mungkin dilakukan karena melanggar kebijakan pemerintah pusat.

Apresiasi Ahmad Riza Patria

Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta patut diberi apresiasi. Pertama, telah menjadi dream team dengan Gubernur Anies Baswedan yang saling melengkapi dalam menata dan membangun Jakarta.

Kedua, telah merespon secara tepat dan baik berbagai isu yang dilontarkan para lawan politik Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Ketiga, telah berkolaborasi dengan baik terhadap Gubernur Anies Baswedan, DPRD DKI Jakarta, dan warga DKI dalam upaya membangun kemajuan Jakarta.

Transjakarta Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah provinsi DKI Jakarta, khususnya pemberian fasilitas untuk memberdayakan para buruh, memberi kontribusi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Setidaknya ada tiga alasan untuk memastikan bahwa pemberian fasilitas oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta kepada para buruh menghadirkan pertumbuhan ekonomi.

Pertama, walaupun Upah Minimum Provinsi (UMP) tidak dipenuhi tuntutan kenaikan upah buruh sebesar 10 %, tetapi dengan pemberian berbagai fasilitas oleh Gubernur DKI Jakarta, UMP sebesar Rp 4.45 juta perbulan insya Allah buruh mempunyai dana untuk berbelanja dan otomatis memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di Jakarta.

Kedua, dengan berbagai fasilitas yang diberikan pemerintah provinsi DKI Jakarta kepada para buruh, maka tekanan ekonomi terhadap keluarga akan berkurang dan otomatis para buruh, diharapkan semakin bekerja keras untuk mendorong pertumbuhan dan kemajuan perusahaan, serta kemajuan bangsa dan negara.

Ketiga, dengan berbagai fasilitas yang diberikan kepada para buruh, diharapkan hadir berbagai perkembangan dan kemajuan, sehingga terwujud kemajuan umat, bangsa dan negara.

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi warga DKI Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia.

Baca Juga

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memberikan perhatian yang baik terhadap Jakarta dan Indonesia. Anies mengemukakan bahwa dia membahas kerja sama yang selama ini berlangsung...

DKI Jakarta

Jakarta sebagai kota global, tidak punya pilihan kecuali berjuang keras mewujudkan target elektrifikasi. Kita apresiasi PT.Transportasi Jakarta yang populer dengan Transjakarta, telah bertekad akan...