Connect with us

International Youth Championship Bali-Jakarta 2021 bersama FC Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Indonesia All Star

DKI Jakarta

International Youth Championship Bali-Jakarta: Event Olahraga Kelas Dunia, Harumkan Nama Bangsa, Genjot Pariwisata & Ekonomi

Bali dan Jakarta akan segera menyelenggarakan International Youth Championship (IYC) 2021. Acara ini merupakan kolaborasi dua daerah dalam rangka memeriahkan soft launching Jakarta International Stadium (JIS).

Bali dan Jakarta akan segera menyelenggarakan International Youth Championship (IYC) 2021. Acara ini merupakan kolaborasi dua daerah yaitu Bali dan Jakarta dalam rangka memeriahkan soft launching Jakarta International Stadium (JIS).

International Youth Championship merupakan event olahraga sepak bola kelas dunia yang akan diikuti empat tim, yaitu FC Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Indonesia All Star. Tiga klub Spanyol kelas dunia tersebut bakal menurunkan tim muda mereka sedangkan Indonesia akan diperkuat oleh tim All Star Indonesia U20.

Insya Allah pada babak penyisihan akan dilaksanakan di Stadion I Wayan Dipta, Bali pada 4-8 Desember 2021. Sedangkan babak final dan perebutan posisi 3 digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada 11 Desember 2021.

Harumkan Nama Bangsa

Sepak bola merupakan jenis olahraga yang amat disukai masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional.

International Youth Championship (IYC) akan mengharumkan nama bangsa Indonesia. Setidaknya ada tiga alasannya.

Pertama, event ini akan diikuti FC Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Indonesia All Star. Tiga tim hebat tersebut mempunyai nama besar di pentas dunia dalam bidang sepak bola. Kehadiran mereka di Bali dan Jakarta akan menjadi momentum untuk semakin mempopulerkan Indonesia di manca negara. Dampaknya akan mengharumkan nama baik Indonesia.

Kedua, olahraga sepakat amat digemari seluruh masyarakat dunia. Oleh karena itu, media nasional dan internasional akan memberitakan peristiwa tersebut secara luas. Dampaknya akan mengharumkan nama baik seluruh bangsa Indonesia.

Ketiga, masyarakat pencinta sepak bola di dalam dan luar negeri, akan memberitakan FC Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Indonesia All Star secara luas di media sosial. Dampaknya akan mengharumkan nama baik Indonesia di seluruh dunia.

Genjot Pariwisata

International Youth Championship 2021 di Bali dan Jakarta, pasti memberi dampak positif bagi pariwisata Indonesia.

Tiga tim besar Eropa yang akan bertanding di Bali dan Jakarta, sebagaimana dikemukakan di atas, akan diberitakan secara luas di seluruh dunia.

Dampak dari pemberitaan di media dan media sosial, akan memberi dampak sosial dan psikologis bahwa Indonesia khususnya Bali dan Jakarta, Covid-19 sudah terkendali, sehingga menghilangkan ketakutan untuk melancong di Indonesia.

Selain itu, keamanan kondusif yang dibuktikan dengan pelaksanaan event internasional SBK Mandalika di NTB yang sukses, walaupun terjadi hujan lebat dan banjir di arena SBKM.

Kondisi demikian, diharapkan para wisatawan dalam negeri dan manca negara di akhir 2021 dan awal 2022 melakukan wisata (melancong) ke berbagai obyek wisata di seluruh Indonesia.

Dampak Ekonomi

International Youth Championship 2021 yang bakal dilaksanakan di Bali dan Jakarta, dipastikan akan diberitakan secara luas oleh media nasional dan internasional.

Pemberitaan yang luas oleh media dan media sosial, akan memberi keyakinan kepada bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia bahwa Indonesia khususnya Bali dan Jakarta, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan.

Dengan mampunya Indonesia kendalikan Covid-19, maka wisatawan dalam negeri dan luar negeri akan berani melakukan perjalanan wisata ke berbagai daerah di Indonesia.
Dampaknya akan terjadi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan karena mereka yang melakukan perjalanan wisata, tidak hanya membeli tiket, tetapi juga butuh hotel atau penginapan, butuh makan, minum, beli oleh-oleh dan sebagainya.

Jaga Kesehatan dan Keamanan

Pandemi Covid-19 masih menjadi masalah di berbagai negara. Maka, walaupun Indonesia melalui event International Youth Championship membuka secara luas datangnya wisatawan manca negara, tetapi masalah kesehatan harus tetap menjadi fokus perhatian.

Dalam hubungan itu, bangsa Indonesia harus tetap disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selain itu, bangsa Indonesia jangan pernah lengah terhadap masalah keamanan. Seluruh bangsa Indonesia diharapkan berpartisipasi dan berkolaborasi dalam menjaga keamanan mulai dari lingkungan tempat tinggal, tempat bekerja dan sebagainya. Jika ada indikasi ada tindakan yang bisa mengganggu keamanan, agar segera dilaporkan kepada aparat keamanan.

Masalah keamanan amat penting karena tingkat kepercayaan publik akan runtuh jika keamanan terganggu. Oleh karena itu, semua warga harus ikut bertanggung jawab terhadap keamanan. Tidak hanya mengandalkan masalah keamanan kepada aparat keamanan semata.

Baca Juga

Opini

Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia apapun upaya yang dilakukan untuk mengkriminalisasi Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka korupsi tidak akan dipercaya publik.

DKI Jakarta

Peresmian empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) merupakan karya yang luar biasa karena...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Mereka yang berpikiran jernih dan rasional dari suku, agama, ras dan antar golongan, pasti mengakui bahwa berbagai kebijakan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta...