Connect with us

Pendidikan

Seminar UIC Jakarta: 72% Lahan Pertanian di Indonesia sudah Terdegradasi, Sakit dan Sakit Berat

Seminar UIC Jakarta secara nasional yang bertema Strategi Pengembangan Teknologi Pertanian Berbasis Digital Sebagai Upaya Mendukung Pertanian Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan Nasional (27/11/2021).

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun ketika memberi sambutan dalam pembukaan seminar nasional tentang Strategi Pengembangan Teknologi Pertanian Berbasis Digital mengemukakaan bahwa petani merupakan pilar yang sangat penting bangsa. Indonesia akan menghadapi masalah besar jika petani tidak segera diberdayakan karena dunia menghadapi masalah pangan, yang tidak bisa dipecahkan dengan kebijakan impor terus-menerus.

Sementara itu, Ketua Umum Masyarakat Petani dan Pertanian Indonesia (Maporina) Subandriyo mengatakan bahwa 72 persen lahan pertanian di Indonesia sudah terdegradasi, sakit dan sakit berat.

Hal tersebut dikemukakan dalam seminar UIC Jakarta secara nasional yang bertema “Strategi Pengembangan Teknologi Pertanian Berbasis Digital Sebagai Upaya Mendukung Pertanian Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan Nasional,” yang dilaksanakan Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (27/11/2021).

Seminar nasional ini dibuka oleh La Nyalla Mahmud Mattalitti, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Ketua DPD RI ini mengatakan bahwa untuk memajukan petani dan pertanian berbasis digital diperlukan tiga hal yang harus disiapkan:
Pertama, kesiapan sumber daya manusia (SDM);
Kedua, kesiapan infastruktur;
Ketiga, kesiapan regulasi.

Tanah Disehatkan

Subandriyo, yang juga mantan Sekretaris Jenderal Kahmi di masa Prof Dr Mahfud MD menjadi koordinator Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN Kahmi) lebih lanjut menegatakan bahwa tanah pertanian yang sudah terdegradasi harus disehatkan melalui penggunaan bahan organik sisa tanaman, kotoran ternak, dan limbah tulang ikan dijadikan tepung.

Selain itu, limbah di restoran, limbah rumah tangga dan sebagainya dibuat kompos untuk digunakan para petani sebagai pupuk organik.

Untuk melihat bahwa tanah itu sudah subur, indikatornya ada cacing yang bisa ciptakan gembur.

Menurut Ketua Umum Maporina, untuk menyehatkan tanah pertanian yang sudah terdegradasi, pemerintah harus punya keberpihakan kepada petani. Pada saat yang sama mutlak dilakukan perbaikan kualitas tanah, dan kebijakan harga pada produk pertanian. Dia memberi contoh Jepang. Pemerintah negara itu, membeli harga hasil pertanian di atas harga rata-rata. Hal itu sebagai bukti keberpihakan pemerintah kepada pertani.

Pertanian Usaha Bersama

Dr. Ir. Suwandi, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam makalahnya yang dibacakan Dr. M. Takdir Mulya mengatakan bahwa usaha pertanian adalah usaha bersama untuk mewujudkan kesejahteraan seluruh indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan program pengembangan pertanian di Indonesia meliputi:
1. Peningkatan produksi;
2. Pengembangan pertanian teknologi berbasis digital;
3. Diversifikasi pangan lokal
4. Pengeluaran cadangan
5. Pengembangan pertanian modern
6. Gerakan 3 kali ekspor

Selain itu, turut berbicara pakar pakar pertanian Prof. Muhammad Nur, Guru Besar UNDIP Semarang, Tetty Desiarty Soemarso, Komisioner BNSP. Bertindak sebagai moderator adalah Dr Akrab Najamuddin, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Pada 22 Januari 2022, Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun melepas mahasiswa (i) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun yang akan melakukan Kuliah Kerja...

Pendidikan

Kaspudin Nor, komisioner Kejaksaan Agung 2011-2016 mengemukakan pentingnya membangun budaya hukum. Budaya hukum bisa dibangun mulai dari kampus, dikemukakan dalam Seminar UIC Jakarta (30/12/2021).

Pendidikan

Kritikan keras Rizal Ramli dibantah A. Anshari Ritonga, saat menjadi Keynote Speaker dalam seminar Seminar UIC Jakarta "Refleksi Akhir Tahun dalam bidang hukum, HAM,...

Pendidikan

Universitas Ibnu Chaldun dalam rangka menyusun program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja tahun 2022, pada 29 Desember 2021 telah melaksanakan rapat kerja yang...

Pendidikan

Dr. Gamari Sutrisno di wisuda Universitas Ibnu Chaldun mengemukakan bahwa pendidikan memiliki peranan dan fungsi yang amat penting dalam membangun sumber daya manusia yang...

Pendidikan

Kolaborasi dunia usaha Universitas Ibnu Chaldun dengan berbagai perusahaan sangat penting karena perguruan tinggi dan dunia usaha menghadapi persaingan bebas.

Pendidikan

Orasi ilmiah yang disajikan oleh Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si, Anggota DPR RI dari Komisi X yang berjudul Menyiapkan SDM Unggul Menghadapi Tantangan di...

Pendidikan

wisuda sarjana Universitas Ibnu Chaldun yang dilaksanakan di Wisma Ardhiya Garini, Halim, Jakarta Timur (22/12/2021). Mari kita mengemukakan syukur kepada Allah, karena berbagai kemajuan...