Connect with us

Proyek MRT Jakarta di JPO Thamrin 10 Jakarta (23/11/2021) - IG abaheshofi.khafidin #ayomotretjakarta

DKI Jakarta

Transjakarta Jadi Contoh Bantu Bangkitkan Ekonomi, Sehingga Transportasi Daerah Lain Maju

Transjakarta telah beroperasi 100 persen untuk melayani warga DKI Jakarta. Dengan Transjakarta jadi contoh, transportasi daerah lain jadi maju dan lebih baik, diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat untuk berkegiatan menggunakan transportasi umum.

Alhamdulillah ekonomi di DKI Jakarta kembali berputar kencang setelah mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19.

Perputaran ekonomi di DKI Jakarta sangat menggembirakan. Indikator ekonomi berputar kencang di DKI Jakarta.

Pertama, berbagai jalan protokol di Jakarta telah kembali ramai dipadati kendaraan roda dua dan roda empat. Kondisi demikian nyaris hampir sama sebelum pandemi Covid-19.

Kedua, mal di Pondok Indah (PIM 1,2,3) dan Citos Jakarta Selatan sebagai contoh, ramai dikunjungi warga untuk berbelanja.

Ketiga, restoran atau rumah makan di berbagai tempat ramai dikunjungi warga untuk makan siang dan makan malam.

Tiga indikator tersebut menggambarkan bahwa ekonomi di DKI Jakarta telah kembali normal. Dengan normalnya ekonomi di DKI Jakarta, maka akan memberi multiplier effect yang positif kepada Pemerintah DKI Jakarta dan warga DKI Jakarta.

Pertama, pemerintah provinsi DKI Jakarta dipastikan akan meningkat perolehan pajak.

Kedua, perusahaan sektor jasa seperti hotel dan restoran akan menigkat jumlah pelanggan (customer) yang pasti berimplikasi meningkatnya omzet perusahaan.

Ketiga, akan terbuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi warga DKI Jakarta.

Keempat, akan meningkat pendapatan pemerintah daerah Provinsi DKI, para pengusaha dan warga DKI Jakarta.

Kelima, akan meningkat stabilitas sosial, ekonomi, politik dan keamanan.

Stabilitas Kesehatan

Stabilitas sosial, ekonomi, politik dan keamanan amat diperlukan. Akan tetapi, stabilitas kesehatan juga ternyata amat penting.

Organisasi kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa varian virus corona Omicron beresiko menimbulkan lonjakan penularan di seluruh dunia.

Oleh karena itu, kesiapsiagaan, kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, masih amat diperlukan.

Pandemi Covid-19 yang mulai menerjang Indonesia Maret 2020, telah memberi pelajaran yang amat berharga bahwa stabilitas tidak hanya meliputi bidang sosial, ekonomi, politik dan keamanan, tetapi juga stabilitas kesehatan.

Maka dalam kondisi apapun stabilitas kesehatan harus dijaga bersama. Bangsa Indonesia tidak boleh lengah dan menganggap Covid-19 dan variannya telah bisa dilawan, sehingga mengendurkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menjaga kesehatan dengan selalu menjaga kesehatan, dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi, 5 sehat 6 sempurna, istirahat cukup, bangun kebahagian dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah.

Transjakarta Operasi 100 Persen

Sebagaimana telah diinformasikan bahwa PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah normal beroperasi untuk melayani penumpang dengan kapasitas normal 100 persen pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua di Jakarta.

Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi telah menjelaskan, kebijakan yang dilakukan tersebut merupakan tindaklanjut dari Kepgub Nomor 1245 Tahun 2021 tentang PPKM level dua Corona Virus Disease 2019 dan SK Kadishub DKI Jakarta Nomor 441 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada PPKM level dua.

“Transjakarta kembali melayani pelanggan secara penuh, khususnya dalam hal kapasitas pelanggan. Hal ini sejalan dengan mulai pulihnya kegiatan masyarakat seiring status PPKM yang dinyatakan turun menjadi level dua.”

Prasetia Budi menegaskan, bahwa Transjakarta tetap menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat, baik di halte maupun di dalam bus.

Pelanggan diwajibkan menunjukkan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi, JAKI atau menggunakan dokumen sertifikat yang sudah dicetak atau secara digital melalui ponsel.

Selain itu, pelanggan juga diwajibkan memakai masker, serta pengukuran suhu tubuh sebelum masuk halte.

Armada bus Transjakarta juga rutin dibersihkan secara berkala menggunakan cairan disinfektan.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan, pelanggan tetap merasa aman dan nyaman. Meski turun level, kita tidak boleh lengah.

Transportasi Daerah Lain Jadi Lebih Baik

Transjakarta telah beroperasi 100 persen untuk melayani warga DKI Jakarta, warga negara Indonesia yang berkunjung di ibukota serta warga negara asing.

Dampak positifnya sangat baik bagi warga DKI Jakarta.

Pertama, melancarkan kegiatan ekonomi, sosial, dan sebagainya bagi warga DKI Jakarta, warga negara Indonesia dan warga negara asing.

Kedua, mengurangi tingkat kemacetan kalau semakin banyak warga yang menggunakan Transjakarta. Selain itu juga mempercepat sampai tujuan karena Transjakarta memiliki jalur khusus yang sering disebut “bus way.”

Ketiga, mengurangi polusi udara yang mengakibatkan bahaya ‘global warming” karena Transjakarta sudah mulai menggunakan bus gandeng listrik.

Keempat, akan meningkatkan putaran ekonomi warga Jakarta, meningkatkan pelayanan kepada warga, meningkatkan pendapatan Transjakarta kalau semakin ramai yang menggunakan bus Transjakarta.

Kelima, Untuk membantu bangkitkan ekonomi nasional, tarif transportasi umum daerah lain menjadi turun. Dengan Transjakarta jadi contoh, transportasi daerah lain jadi maju dan lebih baik, diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat untuk berkegiatan menggunakan transportasi umum.

Dengan demikian pertumbuhan ekonomi Jakarta akan meningkat, kesejahteraan rakyat bertambah baik karena memiliki penghasilan dan pemerintah DKI Jakarta meningkat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga

DKI Jakarta

Masih banyak pengendara mobil maupun sepeda motor yang suka melintas jalur bus Transjakarta. Padahal jalur bus Transjakarta merupakan jalur yang dibuat khusus dan mesti...

DKI Jakarta

Dalam rangka memperingati Transjakarta 18 tahun, kita apresiasi Transjakarta karena terus berbenah. Tiket naik Transjakarta menggunakan kartu elektronik alias e-ticketing seperti e-money, pelayanan ramah,...

DKI Jakarta

Setelah diresmikan Stasiun Transjakarta CSW-ASEAN, para penumpang Transjakarta dapat turun di stasiun tersebut lalu naik lift menuju Stasiun MRT untuk melanjutkan perjalanan ke Bundaran...

DKI Jakarta

Kita apresisasi akan upaya Transjakarta dalam melihat keselamatan berkendara menjadi prioritas utama.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog, saya apresiasi integrasi MRT, Transjakarta dan Kereta Api, sehingga memudahkan warga Jakarta, warga negara Indonesia dan warga negara asing yang melakukan kegiatan...

DKI Jakarta

Pemegang Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) insya Allah dapat menikmati berbagai fasilitas untuk mengurangi beban biaya hidup di Jakarta termasuk gratis naik Transjakarta.

DKI Jakarta

Jarang-jarang saya naik Transjakarta di kala hujan lebat. Saya naik Transjakarta dari Halte Epicentrum Kuningan menuju Blok M lewat Jalan Gatot Subroto - Polda...

DKI Jakarta

Meningkatnya aktivitas warga DKI Jakarta di luar rumah, otomatis akan memberi dampak positif bagi peningkatan jumlah penumpang Transjakarta.