Connect with us

Menikmati keindahaan kota Jakarta di malam hari (8/12/2020) - IG somad52 #haltebuswaygbk

DKI Jakarta

Integrasi MRT, JakLingko dan Kereta Api: Manjakan Warga Jakarta

Sebagai sosiolog, saya apresiasi integrasi MRT, Transjakarta dan Kereta Api, sehingga memudahkan warga Jakarta, warga negara Indonesia dan warga negara asing yang melakukan kegiatan tiap hari.

Sebagai sosiolog, saya apresiasi integrasi MRT, Transjakarta dan Kereta Api, sehingga memudahkan warga Jakarta, warga negara Indonesia dan warga negara asing yang melakukan kegiatan tiap hari.

Saya juga bersyukur karena semua moda transportasi termasuk yang paling akhir bus Koantas Bima bergabung ke dalam JakLingko. Di dalam JakLingko terdapat banyak operator yang bernaung dengan mitra operator Transjakarta.

Selalu Berbenah

MRT sangat sering saya menggunakannya misalnya kalau mau olahraga ke Gelora Bung Karno, mau ke kantor jika tanggal genap, ke jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin saya menggunakan MRT atau Transjakarta.

Di dalam Transjakarta terdapat banyak operator yang mengoperasikan banyak kendaraan, dan juga banyak sopir.

Oleh karena itu, beberapa hari lalu bus Transjakarta secara berturut-turut mengalami kecelakaan. Sehubungan itu, Direktur Utama PT Transjakarta Yana Aditiya melakukan evaluasi terhadap dua mitra operator bus Transjakarta yaitu Steady Safe dan Mayasari Bakti.

Evaluasi sangat lazim dilakukan dalam sebuah perusahaan yaitu proses identifikasi untuk mengukur/menilai apakah sebuah kegiatan atau program yang dilaksanakan sesuai perencanaan dan berhasil mencapai tujuan atau tidak. Evaluasi juga dilakukan untuk membandingkan hasil akhir dengan apa yang seharusnya dicapai.

Evaluasi sangat penting dilakukan setelah terjadi kecelakaan bus Transjakarta dua hari berturut-turut. Setidaknya ada lima manfaat yang bisa diperoleh dari evaluasi.

Pertama, untuk mencari penyebab utama terjadinya kecelakaan. Jika sudah diketahui penyebabnya, maka segera dilakukan perbaikan agar tidak terulang di masa depan.

Kedua, untuk mencegah terulangnya kecelakaan serupa. Karena setiap kecelakaan, jika tidak segera direspon, akan menghilangkan kepercayaan publik terhadap transportasi massal.

Ketiga, untuk menghadirkan kepercayaan publik bahwa Transjakarta tidak menolerir adanya kecelakaan. Jika ada kecelakaan cepat dicari penyebabnya dan segera diatasi.

Keempat, untuk memastikan bahwa Transjakarta dikelola secara profesional dan bertanggung jawab.

Kelima, untuk memberi sinyal kepada pramudi (driver) dan mitra operator Transjakarta bahwa tidak boleh terjadi kecelakaan. Jika terjadi kecelakaan, maka harus ada tindakan tegas agar tidak terulang dikemudian hari.

Zero Accident

Penghentian sementara operator Steady Safe dengan jumlah armada sebanyak 119 kendaraan dan Mayasari sebanyak 110 kendaraan, harus dilakukan dalam rangka perbaikan. Melalui evaluasi, segala kelemahan mulai dari sumberdaya manusia, masih ada yang suka ngebut, jam kerja dan pelaksanaan kontrak, dimana kecelakaan termasuk dari bentuk pelanggaran, insya Allah dengan evaluasi semua bisa diurai dan dipecahkan sehingga tidak terjadi kecelakaan dimasa depan.

Menurut Direktur Utama Yana Aditya bahwa “Sanksi ini akan diberlakukan pada operator yang melakukan pelanggaran. Artinya, begitu ada pelanggaran, termasuk kecelakaan.”

Ketegasan ini harus diambil untuk memastikan bahwa tidak terulang kecelakaan Transjakarta.
Dirut Transjakarta berharap kepada operator betul-betul membenahi dan mengecek ulang armada serta sumber daya manusianya. Selain meminta Steady Safe dan Mayasari Bakti memperbaiki kualitas armada dan sopir, Transjakarta sendiri akan membenahi standard operating procedure (SOP) dan tata letak benda di kabin, khususnya dekat kursi sopir.

“Selama pemberhentian, mereka melakukan pengecekan seluruh armada, semua teknis kendaraan. Operator juga diharuskan pengecekan kesehatan fisik dan mental seluruh pramudi. Jadi kami ada agenda untuk melakukan tersebut,” ungkap Yana.

Evaluasi Total

Audit total usai kecelakaan 2 hari berturut, amat diperlukan untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan Transjakarta adalah prima dan terbaik.

Dirut Yana Aditiya menuturkan bahwa dengan sanksi ini tak berarti Transjakarta memutus kerja sama dengan operator. Kata Yana, belum ada batas waktu berakhirnya penonaktifan tersebut.

“Nggak ada putus kontrak. Kami mengevaluasi semua. Jadi semua tindakan kami harus ada dasarnya. Sampai hari ini belum ada putus kontrak dengan operator. Jadi kita sedang evaluasi, nanti hasilnya seperti apa, itu yang kita jadikan acuan.”

“Pemberhentian itu setelah dilakukan evaluasi. Kalau sudah disetujui, baru mulai lagi. Kalau dia cepat, ya bisa langsung beroperasi. Kalau setahun belum beres, ya ikuti prosesnya. Kita akan putuskan apakah unit dan pramudi dapat dioperasikan kembali.”

Layanan Terbaik

MRT, Transjakarta dan Kereta Api adalah moda transportasi modern yang memberi layanan kepada warga yang menggunakan transportasi massal.

Oleh karena itu, semua moda transportasi wajib memberikan “Excellent Service” atau layanan prima yaitu pelayanan yang sebaik mungkin.

Para pelanggan atau customer MRT, Transjakarta, Kereta Api dan Moda transportasi lainnya, tak obahnya raja yang harus dilayani. Tidak hanya dilayani, tetapi keamanan dan kenyamanannya harus terjamin sehingga merasa puas sesuai dengan harapannya.

Dalam rangka memastikan bahwa semua pelanggan MRT, Transjakarta, Kereta Api terpenuhi segala kebutuhan mereka, maka untuk mencegah terjadinya kecelakaan, maka suka tidak suka mau tidak mau, harus dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap operator pemilik armada dan para Pramudi.

Melalui evaluasi menyeluruh, maka MRT, Transjakarta, dan moda transportasi lainnya bisa diperbaiki, dengan demikian citranya dimata publik tetap baik.

Baca Juga

DKI Jakarta

Masih banyak pengendara mobil maupun sepeda motor yang suka melintas jalur bus Transjakarta. Padahal jalur bus Transjakarta merupakan jalur yang dibuat khusus dan mesti...

DKI Jakarta

Dalam rangka memperingati Transjakarta 18 tahun, kita apresiasi Transjakarta karena terus berbenah. Tiket naik Transjakarta menggunakan kartu elektronik alias e-ticketing seperti e-money, pelayanan ramah,...

DKI Jakarta

Alhamdulillah IPM DKI Jakarta, walaupun sudah dua tahun berturut-turut di hantam pandemi Covid-19, tetapi Indeks Pembangunan Manusia, BPS Jakarta, masih tumbuh sebesar 0,42 persen...

DKI Jakarta

Jakarta, hanya bisa dibandingkan tingkat bahagia masyarakatnya dengan Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok dan berbagai kota besar di dunia.

DKI Jakarta

Setelah diresmikan Stasiun Transjakarta CSW-ASEAN, para penumpang Transjakarta dapat turun di stasiun tersebut lalu naik lift menuju Stasiun MRT untuk melanjutkan perjalanan ke Bundaran...

DKI Jakarta

Kesadaran dan keyakinan bahwa kemerdekaan sejati akan dapat dicapai, ketika yang berbeda asal-usul dan latar belakang, bersedia dan sanggup bersatu dalam tujuan. bersatu dalam...

DKI Jakarta

Di Jakarta, juga terus dirajut beragam inisiatif untuk mewujudkan kesetaraan. diantaranya Program Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) kepada semua agama.

DKI Jakarta

Warga DKI Jakarta, khususnya warga Akuarium tertolong dengan kemenangan Anies-Sandi dalam pemilihan Kepala daerah di DKI Jakarta tahun 2017.