Connect with us

Novia Widyasari mahasiswi Malang, Jawa Timur (2021) - twitter

Opini

Cinta Membawa Maut & Penjara: Kisah Cinta Novia Widyasari

Dalam beberapa hari terakhir ini, media memberitakan secara luas kisah tragis yang dialami Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Dalam beberapa hari terakhir ini, media memberitakan secara luas kisah tragis yang dialami Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur yang bercinta dengan Randy Bagus, anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Beberapa hari sebelum Randy bagus ditangkap dan dimasukkan ke dalam tahanan, fotonya yang sedang berdiri dan berpose ditayangkan di Twitter banyak kali. Tidak ada penjelasan foto tersebut. Akhirnya setelah randy bagus ditangkap dan dimasukkan ke dalam tahanan, publik baru sadar bahwa pemuda berseragam polisi yang sedang berdiri sambil berakting adalah Randy bagus, pacar Novia Widyasari.

Kisah Cinta Novia Widyasari

Tidak ada yang mengira Novia Widyasari dengan Randy Bagus yang bercinta berakhir dengan maut dan penjara.

Mereka yang pernah muda dan masih muda merasakan getaran cinta. Banyak yang mengatakan bahwa cinta itu buta. Tidak kurang, ada film yang dibintangi Shandy Aulia, Dodit Mulyanto, Chae In-Woo berjudul “Cinta itu Buta.”

Kita bisa merasakan yang dialami Novia Widyasari yang dihamili oleh Randy Bagus, tetapi Randy tidak bertanggungjawab.

Bahkan dia paksa Novia untuk menggugurkan bayi yang di dalam rahimnya. Media sosial memberitakan berlangsung tahun 2020 dan 2021.

Perempuan itu halus perasaannya. Jika dibohongi, ditipu dan diperdaya, dan tidak bisa melakukan perlawanan, maka akan mengalami stres dan bahkan depresi. Jika tidak memiliki ketahanan iman dan takwa, maka akan memilih bunuh diri sebagai cara untuk mengakhiri hidup yang penuh derita.

Sejatinya Randy Bagus bersyukur dan berbangga karena berkenalan dan akhirnya berpacaran dengan Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Universitas Brawijaya.

Pertama, Novia Widyasari adalah mahasiswi Universitas Brawijaya. Sebuah universitas ternama dan terkemuka di Indonesia, tempat lahirnya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Tidak banyak siswa (i) yang bisa masuk ke PTN seperti Universitas Brawijaya, sehingga Randy sepatutnya menyayangi dan melindungi Novia, tidak seperti yang dilakukan dengan menghamili dan lari dari tanggungjawab.

Kedua, Novia adalah mahasiswi yang baik dan cerdas. Sejatinya Randy bangga dan bersyukur berteman dan berpacaran dengan Novia. Malah Randy memperlakukan Novia sebagai pemuas nafsu seks belaka.

Ketiga, Randy adalah aparat kepolisian yang sejatinya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Malah memperlakukan Novia dengan sangat jahat, sehingga Novia terpaksa mengakhiri hidup dengan meminum racun yang dicampur dengan minuman.

Novia Mahasiswi yang Baik & Cerdas

Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, tempat Novia Widyasari menimba ilmu, mengenalnya sebagai mahasiswi yang baik dan cerdas.

Akan tetapi, orang yang baik jika berteman apalagi berpacaran dengan orang yang tidak baik, maka cepat atau lambat akan terseret kepada hal-hal yang tidak baik.

Novia dari pakaiannya dan cita-citanya mengikuti pendidikan bahasa Inggris di Fakultas Budaya Universitas Brawijaya, untuk menjadi seorang guru, menunjukkan bahwa Novia Widyasari adalah mahasiswi yang baik dan bercita-cita mulia.

Dia tuturkan dalam tulisannya di media sosial “Saya ingin dekat dengan siswa saya nanti apabila Allah mengizinkan saya untuk menunaikan apa yang saya cita-citakan,” ucap Novia.

Novia mengatakan “Allah mengabulkan doa saya dengan menjembatani saya dengan keterimanya saya di Pendidikan Bahasa Inggris UB {Universitas Brawijaya}.”

Kita sedih dan merasa kehilangan atas kepergian Novia Widyasari secara mengenaskan atas ulah dan tindakan jahat Randy Bagus, sehingga kita apresiasi Polda Jawa Timur yang bertindak cepat dan tegas terhadap Randy Bagus yang merupakan anggota kepolisian Republik Indonesia.

Pelajaran Bagi Kaum Muda

Novia Widyasari, mahasiswi Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, telah pergi meninggalkan kita untuk selama-lamanya dengan cara bunuh diri meminum racun yang dicampurkan ke dalam minumannya pada Kamis (2/12/2021).

Kita semua sedih, seorang anak bangsa, mahasiswi berprestasi, baik dan cerdas, mengakhiri hidupnya secara mengenaskan.

Kasus Novia merupakan pelajaran yang amat penting dan berharga bagi kaum muda dan orang tua, agar peristiwa yang menyedihkan dan mengenaskan ini terulang.

Adapun pelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa tersebut antara lain:

Pertama, hindari pergaulan bebas yang terimplementasi dengan seks bebas, walaupun suka sama suka.

Kedua, jangan mendekati zina, karena zina merupakan perbuatan yang keji dan yang jahat.

Ketiga, jangan bergaul, berteman, bersahabat apalagi sampai berpacaran dengan orang yang tidak baik.

Keempat, usahakan selama studi jangan pacaran. Fokus kepada studi agar sukses sebagai jembatan untuk meraih cita-cita yang tinggi dan mulia.

Kelima, isi waktu dengan aktif di organisasi kemahasiswaan intra maupun ekstra untuk memperluas dan memperbanyak teman yang baik, dan menambah kemampuan berorganisasi sebagai bekal terjun di masyarakat.

Keenam, jika ada masalah mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar, dan salat. Jika stres, depresi, dekatkan diri kepada Allah jangan jauh dari Allah apalagi putus asa.

Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi bangsa Indonesia terutama orang tua yang mempunyai anak, putera-puteri Indonesia yang masih muda, serta aparat polisi yang masih muda untuk belajar dari kisah cinta Novia Widyasari dan Randy Bagus yang berakhir maut dan penjara.

Baca Juga

Opini

Aksi main hakim sendiri sangat sering kita dengar, baca dan saksikan dalam tayangan media. Perasaan selalu diselimuti keprihatinan, kesedihan, dan penyesalan ketika terjadi aksi...

Lainnya

Margarito Kamis, Musni Umar, Bayu Saputra Muslimin dan Jospan Jaluhu. Dialog ini diinisiasi Pengurus Pusat KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) dan Ikatan Media Online...

Politik

Akhiri perang di Palestina dengan mendorong kemerdekaan bangsa Palestina dengan ibukota Yerusalem Timur merupakan kunci untuk mewujudkan perdamaian abadi dan berakhirnya perang antara Israel...

Opini

Salah satu bukti bahwa diabaikannya pelanggaran HAM ialah penolakan Indonesia atas resolusi PBB terkait pelaksanaan tanggung-jawab untuk melindungi atas kejahatan HAM di Palestina, Myanmar...

Opini

Setiap 1 Mei selalu diperingati oleh buruh di seluruh dunia sebagai Hari Buruh Internasional. Hari buruh internasional sering juga disebut sebagai May Day. Peringatan...

Politik

Islam diwahyukan oleh Allah kepada Muhammad SAW dengan kitab suci Al-Qur'an. Salah satu isi Al-Qur'an ialah hak asasi manusia. Prinsip Al-Qur'an tentang hak asasi...

Politik

Menjelang ramadhan tiba, para pegiat media sosial sangat ramai yang menyuarakan tuntutan Habib Rizieq Syihab Dibebaskan sehingga banyak dibahas di media sosial.

Politik

Amien Rais adalah politisi terkemuka Indonesia, cendekiawan yang mumpuni dengan pendidikan yang hebat, berpengalaman dan banyak ilmu, bersih, jujur dan pemberani.