Connect with us

Dialog Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia di Aula Prof. Bahder Djohan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (9/12/2021) - twitter musniumar

Pendidikan

Korupsi Menjangkiti Bangsa: Solusinya Akhlaqul Karimah

Korupsi menjangkiti bangsa, telah menjadi budaya yang diamalkan hampir seluruh bangsa Indonesia di era demokrasi. Merupakan Dialog memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun di Aula Prof. Bahder Djohan Universitas Ibnu Chaldun (9/12/2021).

Korupsi menjangkiti bangsa, telah menjadi budaya yang diamalkan hampir seluruh bangsa Indonesia di era demokrasi. Hampir tidak ada kegiatan demokrasi yang tidak ada korupsi. Mulai dari pemilihan Ketua RT, pemilihan Ketua RW, pemilihan kepala daerah, pemiiihan Presiden sudah dilumuri dengan politik uang yang tidak lain adalah korupsi.

Musni Umar, Sosiolog yang juga rektor Universitas Ibnu Chaldun mengemukakan hal tersebut saat menjadi narasumber sekaligus meluncurkan bukunya “Korupsi di Era Demokrasi” dalam dialog memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun di Aula Prof. Bahder Djohan Universitas Ibnu Chaldun (9/12/2021).

Baharuddin, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Ibnu Chaldun saat membuka dialog mengatakan bahwa korupsi sangat merusak dan Universitas Ibnu Chaldun harus berjuang untuk melahirkan sarjana yang berintegritas.

Narasumber yang lain Abbas Thaha, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun mengatakan bahwa korupsi sudah menggurita. Penyebabnya antara lain salah alokasi dana pembangunan, membangun tanpa studi kelayakan yang benar, tanpa analisa dampak lingkungan, lingkungan atau budaya yang sudah rusak serta sumber daya manusia yang lemah.

Sementara itu, Gamari Sutrisno, mantan anggota DPR RI yang juga Wakil Rektor bidang kerjasama dan Luar Negeri Universitas Ibnu Chaldun mengatakan ketika menjadi narasumber mengemukakan bahwa korupsi merugikan keuangan negara, merugikan bangsa dan negara.

Extra Ordinary Crime, Kejahatan Luar Biasa

Korupsi Extra Ordinary Crime yaitu kejahatan luar biasa. Karena korupsi sifatnya kejahatan luar biasa, maka tidak mungkin bisa diatasi tanpa bersama dan serentak.

Lebih jauh Dr. Gamari menegaskan bahwa visi besar bangsa Indonesia yaitu masyarakat adil dan makmur seperti yang tercantum dalam Al-Qur’an “baldatun thayyibatun wa rabbun gafur” mustahil bisa diwujudkan jika korupsi tidak bisa diberantas.

Menurut dia, kita harus bekerjasama dan serentak untuk berantas korupsi. Pertanyaannya, kita mulai dari mana? Kita mulai dari diri sendiri. Sumber daya manusia kita tingkatkan kualitas nya, kita bangun karakter, manusia yang berintegritas dan berakhlaqul Karimah.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Pada 22 Januari 2022, Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun melepas mahasiswa (i) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun yang akan melakukan Kuliah Kerja...

Politik

Saya dan Ubedilah Badrun menjadi narasumber, saya menyimak pandangannya yang bermakna dan kritis, tetapi argumentasinya rasional yang jauh dari upaya mendiskreditkan siapapun. Kehebatannya menurut...

Opini

Korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Setidaknya ada lima alasan untuk memastikan bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Pertama, korupsi merampok uang negara, dampaknya merugikan...

Pendidikan

Kaspudin Nor, komisioner Kejaksaan Agung 2011-2016 mengemukakan pentingnya membangun budaya hukum. Budaya hukum bisa dibangun mulai dari kampus, dikemukakan dalam Seminar UIC Jakarta (30/12/2021).

Pendidikan

Kritikan keras Rizal Ramli dibantah A. Anshari Ritonga, saat menjadi Keynote Speaker dalam seminar Seminar UIC Jakarta "Refleksi Akhir Tahun dalam bidang hukum, HAM,...

Pendidikan

Universitas Ibnu Chaldun dalam rangka menyusun program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja tahun 2022, pada 29 Desember 2021 telah melaksanakan rapat kerja yang...

Pendidikan

Dr. Gamari Sutrisno di wisuda Universitas Ibnu Chaldun mengemukakan bahwa pendidikan memiliki peranan dan fungsi yang amat penting dalam membangun sumber daya manusia yang...

Pendidikan

Kolaborasi dunia usaha Universitas Ibnu Chaldun dengan berbagai perusahaan sangat penting karena perguruan tinggi dan dunia usaha menghadapi persaingan bebas.