Connect with us

Sandiaga Uno dan Shireen Sungkar Ajak Emak-Emak Berbisnis (10/12/2021) - twitter sandiuno

Dunia Usaha

Ekonomi Kreatif Ciptakan Lapangan Pekerjaan dan Kemajuan Bangsa

Dalam rangka mendorong dan menolong pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata (tourism), kita sangat mengapresiasi produksi dari ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

Salah satu masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia ialah tingginya tingkat pengangguran. Sekitar 2,5 juta orang setiap tahun tamatan berbagai tingkat pendidikan dan macam-macam bidang studi mencari lapangan kerja.

Sementara lapangan kerja terbatas jumlahnya. Pada sisi lain, dampak dari Covid-19 banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karena mengalami kesulitan.

Untuk mengatasi masalah tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong dan sangat membantu pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata (tourism) karena kedua sektor ini mempunyai potensi yang besar untuk membuka lapangan kerja dan membangun ekonomi bangsa.

Apresiasi Ekonomi Kreatif

Dalam rangka mendorong dan menolong pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata (tourism), kita sangat mengapresiasi produksi dari ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

Berbagai produk dari ekonomi kreatif harus dipromosikan. Dalam hubungan itu, kita memberi Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 yang telah berjalan di 16 kota dengan mengangkat tema ‘Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat’.

Menurut Sandiaga Salahuddin Uno, pendampingan dan monitoring yang diberikan melalui program AKI ini, terbukti mampu tingkatkan pendapatan peserta UMKM 10 kali lipat,” kata dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (10/12).

Sandi menambahkan, ajang AKI ini merupakan salah satu persembahan Kemenparekraf RI sebagai wadah kreasi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat. Tentunya agar bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan dari pelaku di Industri Kreatif.

Menurut dia, program yang telah berlangsung di 16 kota di Indonesia ini sebagai acara puncak berada di Jakarta yang digelar pada 9,10 dan 11 Desember 2021 di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Memanfaatkan Teknologi Digital

Pengembangan ekonomi kreatif sangat diperlukan bangsa Indonesia. Melalui ajang Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) setidaknya ada 6 manfaat yang bisa diperoleh.

Pertama, memberi peluang kepada para pencari pekerjaan untuk belajar meningkatkan pengetahuan guna mengembangkan produk yang bisa dijual melalui Online.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, AKI menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan.

Kedua, memberi pembelajaran kepada mahasiswa (i) untuk belajar berbisnis dengan menggunakan teknologi digital agar menjadi pengusaha setelah tamat dari perguruan tinggi.

Ketiga, untuk mendorong kaum muda supaya mulai berbisnis dengan memanfaatkan teknologi digital.

Keempat, AKI sebagai wadah kreasi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat.

Kelima, untuk mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan dari pelaku di Industri Kreatif.

Keenam, ajang pelatihan kewirausahaan dan monitoring. Sehingga, pelaku usaha bisa mengangkat kembali potensi, semangat, dan pendapatan mereka. Khususnya di subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, aplikasi, permainan, film, dan animasi yang jatuh karena efek pandemi covid-19.

Dengan demikian melalui AKI diharapkan dapat meningkatkan daya saing, menghasilkan produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional.

Selain itu, melalui AKI menurut Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bangsa Indonesia meneguhkan Ekonomi Kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia, serta dapat mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi covid-19.

Bagi para pelaku usaha yang tertarik mengikuti, harus menjalani proses registrasi melalui website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com dimana para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kota untuk mengikuti pameran dan inkubasi.

Kolaborasi Promosikan Pariwisata

Pengembangan ekonomi kreatif berkaitan erat dengan upaya kita mengembangkan kembali dunia pariwisata (tourism) di Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Kreativitas kaum muda Indonesia untuk mempromosikan pariwisata (tourism -pelancongan) Indonesia tidak bisa terlepas dari AKI.

Oleh karena itu, melalui AKI dan pasca AKI amat diperlukan kolaborasi para kreator, pelaku bisnis UMKM, masyarakat pariwisata, pemerintah pusat dan daerah untuk mempromosikan kebangkitan ekonomi dan pariwisata.

Bangkitnya kembali ekonomi Indonesia dan pariwisata, sangat dipengaruhi kemampuan kita mengendalikan Covid-19. Karena itu, Natal dan liburan akhir tahun, semua harus tetap waspada dengan kesadaran yang tinggi untuk disiplin mengamalkan protokol kesehatan.

Dengan demikian, kolaborasi mempromosikan kebangkitan ekonomi dan kebangkitan pariwisata akan memberi pengaruh besar bagi hadirnya wisatawan manca negara ke Indonesia dan wisatawan dalam negeri untuk berwisata di berbagai daerah yang menjadi tujuan wisata.

Seiring dengan kebangkitan ekonomi dan pariwisata, maka berbagai hasil produksi UMKM akan dibeli wisatawan manca negara dan wisatawan dalam negeri, yang dampaknya akan memberi kontribusi pertumbuhan ekonomi, pemerataan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Baca Juga

Dunia Usaha

Pariwisata merupakan andalan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa wisatawan dalam negeri yang disebutnya wisatawan nusantara harus menjadi andalan dengan target...

Politik

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepatutnya diberi acungan jempol dan diberi dukungan pada pemilu 2024 karena merupakan satu-satunya partai politik di DPR RI yang memperjuangkan...

DKI Jakarta

Sandiaga Uno mengatakan bahwa Formula E yang akan digelar di Ancol memiliki peluang memulihkan pariwisata sehingga membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Opini

Tanpa terasa bangsa Indonesia telah berada di penghujung tahun 2021 Masehi. Sebagai bangsa yang mayoritas Muslim, alhamdulillah telah menjalani tahun 2021 dengan rasa syukur....

DKI Jakarta

Bali dan Jakarta akan segera menyelenggarakan International Youth Championship (IYC) 2021. Acara ini merupakan kolaborasi dua daerah dalam rangka memeriahkan soft launching Jakarta International...

DKI Jakarta

Pemegang Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) insya Allah dapat menikmati berbagai fasilitas untuk mengurangi beban biaya hidup di Jakarta termasuk gratis naik Transjakarta.

Opini

Umat Islam yang mayoritas, terus tidak berdaya dan semakin diperparah keadaan mereka karena tidak bersatu umat Islam dipecah belah, sehingga tidak pernah memegang kekuasaan...

Pendidikan

Menurut saya, berpolitik merupakan bagian dari jihad (perjuangan) yang harus aktif dilakukan umat Islam untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan...