Connect with us

Assalamualaikum, Jakarta City Tour bareng @jcccommunity (12/12/2021) - IG nuyork_gallery #dkijakarta

DKI Jakarta

Transjakarta Beri Prioritas Utama Keselamatan Berkendara

Kita apresisasi akan upaya Transjakarta dalam melihat keselamatan berkendara menjadi prioritas utama.

Direksi Transjakarta melakukan tindakan cepat mengandangkan ratusan armada Transjakarta yang merupakan hasil kolaborasi dan integrasi dengan berbagai macam armada bus yang selama ini beroperasi di DKI Jakarta. Kita apresisasi akan upaya Transjakarta dalam melihat keselamatan berkendara menjadi prioritas utama.

Hal tersebut dilakukan setelah berbagai macam bus yang selama puluhan tahun beroperasi dengan manajemen sendiri, di masa Anies Baswedan menjadi Gubernur DKI Jakarta diintegrasikan semuanya dibawah naungan Jak Lingko yang dioperasikan Transjakarta untuk melayani masyarakat di DKI Jakarta termasuk daerah-daerah penyanggah Jakarta seperti Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi yang sering disingkat JAB0DETABEK.

Musibah Transjakarta yang terjadi menjelang akhir tahun 2021 pada pagi hari (25 Oktober 2021) dua bus Transjakarta tabrakan di Halte Transjakarta Cawang-Ciliwung, mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dalam musibah tersebut.

Penyebabnya, sopir Transjakarta meluncur dengan kecepatan di atas 50 km/jam menabrak bus Transjakarta yang sedang berhenti di Halte Cawang-Ciliwung Jakarta Timur.

Pada siang hari (25/10/2021) 2 moda transportasi massal yaitu Transjakarta dan Light Rail Transit (LRT) tabrakan. Kecelakaan tersebut terjadi di lintasan wilayah Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Selain itu, kecelakaan tunggal yang melibatkan bus Transjakarta terjadi lagi, Senin (6/12/2021). Musibah ini terjadi di Halte Beta 2, Ciledug, Kota tangerang, Banten, sekitar pukul 09.00 WIB dipastikan akibat kelalaian sopir bus. Sopir itu memarkirkan bus Transjakarta tanpa direm tangan saat akan buang air kecil. Akibatnya bus itu nyelonong menghantam pagar tembok di depan setelah menerobos gundukan tanah.

Mencegah Agar Tidak Terulang

Terkait musibah kecelakaan yang terjadi 25/10/2921, Transjakarta melakukan evaluasi mendalam, baik ke dalam maupun keluar terhadap mitra operator bus Bianglala Metropolitan (BMP). Kedua bus yang mengalami kecelakaan di jalan MT Haryono, Jakarta Timur adalah milik BMP selaku operator.

Direktur Operasional Transjakarta Prasetia Budi mengemukakan sebagai tindaklanjut dari arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar hal serupa tidak terjadi di kemudian hari. Seluruh operator yang bekerjasama memiliki agenda pengarahan secara rutin. Selama pandemi kegiatan tersebut dilakukan setiap 3 (tiga) bulan sekali, namun ke depannya akan dilakukan dengan lebih rutin lagi.

“Kami akan memperketat lagi kegiatan evaluasi dan pembinaan kepada operator. Hal ini sebagai salah satu langkah dan upaya yang kami lakukan, sesuai arahan pak Gubernur untuk meminimalisir kejadian seperti ini tidak terulang kembali ke depannya,” ujar Prasetia di Jakarta, Selasa (26/10).

Dalam setiap pertemuan kata Prasetia, Manajemen Transjakarta bersama para operator bersama-sama membahas terkait upaya meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan selama bus beroperasi dan melayani pelanggan. Hal tersebut dilakukan agar operator maupun para pramudi bisa mendapatkan pembekalan maksimal ketika sedang melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami berharap, para operator bisa menerapkan apa yang sudah didapatkan dalam setiap arahan dengan baik dan semaksimal mungkin saat berada di lapangan,” katanya.

Terkait kecelakaan Transjakarta, Direksi masih menunggu hasil investigasi dari pihak yang berwajib. Transjakarta siap mengikuti segala proses yang berlangsung terkait insiden yang terjadi. Mereka yang mengalami kecelakaan, dalam proses perawatan, Transjakarta membiayai perawatan serta akan memberikan santunan kepada seluruh pelanggan terimbas baik yang meninggal maupun yang mengalami luka ringan dan berat.

“Sebagai itikad baik, Transjakarta akan kooperatif dalam setiap proses investigasi. Kami siap mengevaluasi untuk meningkatkan kualitas serta memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan,” kata Prasetia Budi, Direktur Operasional Transjakarta.

Utamakan keselamatan

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang diminta Direksi Transjakarta melakukan evaluasi terhadap kecelakaan yang dialami Transjakarta. KNKT memberikan rekomendasi kepada Transjakarta terkait Driver Resource Management.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menjelaskan, rekomendasi itu dikeluarkan berdasarkan hasil surveilans dan diskusi dengan pramudi mengenai insiden kecelakaan bus yang terjadi belakangan ini.

“Kita memberi rekomendasi kepada Transjakarta namanya Driver Resource Management. Setiap tahun mereka diberi pelatihan untuk men-‘challange soft’ kompetensi, kemampuan menahan emosi secara bijak,” kata Soerjanto Tjahjono di Kantor Transjakarta di Cawang, Jakarta, Jumat (10/12).

Soerjanto menambahkan, pelatihan serupa sudah sering diterapkan pada manajemen transportasi udara. Namun hal itu belum diterapkan di tubuh Transjakarta.

Dia mengatakan, hasil rekomendasi itu nantinya juga akan berpengaruh pada penerapan standar operasional prosedur (SOP) bagi pramudi Transjakarta.

“Misalnya, selama mengemudi tidak boleh pegang telepon mungkin prosedur seperti itu yang diharapkan bisa dilakukan perbaikan di Transjakarta. SOP itu sifatnya dinamis setiap detik bisa berubah tergantung situasi,” ujar Soerjanto.

Soerjanto mengatakan, berdasarkan hasil diskusi dengan pramudi diketahui bahwa mengantuk saat berkendara menjadi salah satu faktor risiko yang kerap dikeluhkan oleh mereka.

“Kita akan mempelajari bagaimana solusi mengurangi kantuk kemudi ini. Mengantuk ini banyak faktor, salah satunya koridor jalan yang sempit. Nanti kita lihat bagaimana jam kerja, bagaimana masalah lain yang berkaitan dengan pengemudi,” kata Soerjanto.

Soerjanto mengatakan, pihaknya menyambut baik upaya Transjakarta dalam melihat keselamatan berkendara menjadi prioritas utama.

Baca Juga

DKI Jakarta

Masih banyak pengendara mobil maupun sepeda motor yang suka melintas jalur bus Transjakarta. Padahal jalur bus Transjakarta merupakan jalur yang dibuat khusus dan mesti...

DKI Jakarta

Dalam rangka memperingati Transjakarta 18 tahun, kita apresiasi Transjakarta karena terus berbenah. Tiket naik Transjakarta menggunakan kartu elektronik alias e-ticketing seperti e-money, pelayanan ramah,...

DKI Jakarta

Setelah diresmikan Stasiun Transjakarta CSW-ASEAN, para penumpang Transjakarta dapat turun di stasiun tersebut lalu naik lift menuju Stasiun MRT untuk melanjutkan perjalanan ke Bundaran...

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog, saya apresiasi integrasi MRT, Transjakarta dan Kereta Api, sehingga memudahkan warga Jakarta, warga negara Indonesia dan warga negara asing yang melakukan kegiatan...

DKI Jakarta

Transjakarta telah beroperasi 100 persen untuk melayani warga DKI Jakarta. Dengan Transjakarta jadi contoh, transportasi daerah lain jadi maju dan lebih baik, diharapkan dapat...

DKI Jakarta

Pemegang Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) insya Allah dapat menikmati berbagai fasilitas untuk mengurangi beban biaya hidup di Jakarta termasuk gratis naik Transjakarta.

DKI Jakarta

Jarang-jarang saya naik Transjakarta di kala hujan lebat. Saya naik Transjakarta dari Halte Epicentrum Kuningan menuju Blok M lewat Jalan Gatot Subroto - Polda...

DKI Jakarta

Meningkatnya aktivitas warga DKI Jakarta di luar rumah, otomatis akan memberi dampak positif bagi peningkatan jumlah penumpang Transjakarta.