Connect with us

Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, MA - ipkn.or.id

In Memoriam

In Memoriam Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, MA: Aktivis, Politisi dan Akademisi

Sangat merasa sangat sedih dan kehilangan yang luar biasa atas wafatnya Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A (18/12/2021).

إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُون

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

Keluarga besar Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), keluarga besar Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) serta aktivis mahasiswa 77/78 merasa sangat sedih dan kehilangan yang luar biasa atas wafatnya Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A (18/12/2021).

Kata yang pantas kita ucapkan “Innaa lillaahi wa Inna ilaihi raajiun (Kita adalah milik Allah dan kita akan kembali kepadaNya).

Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, MA, adalah Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) sejak 21 Oktober 2014 sampai dengan 21 April 2019. Sampai saat ini almarhum masih menjadi anggota pimpinan BPK RI.

Almarhum lahir di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, 25 April 1956, meninggal 18 Desember 2021 di RSCM Jakarta karena sakit. Pak Harry mempunyai istri bernama Amanah Abdulkadir, Ph.D. Memiliki 3 anak yaitu Mina Azhar, Hanifah Azhar, dan Ibrahim Azhar.

Aktifitas di Masa Muda dan Sekarang

Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, MA, di masa muda adalah seorang aktivis mahasiswa, pernah menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI). Pada masa gerakan mahasiswa 77/78, almarhum pernah ditahan di Kampus Kuning bersama Prof Dr Arief Rahman, AM Fatwa, Soekotjo Soeparto, Dipo Alam, Lukman Hakim, Ibrahim Zakir (alm.), Musni Umar, Musfihin Dahlan, Jimmy Siahaan, Ade Soeharsono, Evert Matulessy, dan lain-lain.

Setelah keluar dari tahanan, Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A. melanjutkan pendidikan di Oklahoma State University dan Oregon University Amerika Serikat dan meraih gelar MA dan Ph.D dalam bidang ekonomi. Tidak saja almarhum yang meraih gelar Ph.D, tetapi juga isterinya Amanah Abdulkadir.

Setelah kembali di Indonesia, beliau diajak para senior HMI seperti Dr. Akbar Tandjung untuk aktif di Partai Golkar. Almarhum kemudian ikut menjadi calon anggota DPR RI dan terpilih selama dua periode menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kepulauan Riau. Karena kepakaran beliau dalam bidang ekonomi, maka selalu menjadi pimpinan Komisi DPR RI Bidang Ekonomi.

Setelah tidak di DPR RI, Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A. ikut seleksi calon pimpinan BPK RI dan terpilih, dan dalam pemilihan pimpinan BPK, beliau dipilih menjadi Ketua BPK RI sejak 21 Oktober 2014 sampai dengan 21 April 2019.

Selamat Jalan Kawan

Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A. walaupun menjadi politisi, Ketua BPK RI dan anggota pimpinan BPK sampai saat wafatnya, tetap aktif di dunia pendidikan. Almarhum merupakan Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI). Dia memperoleh gelar Guru Besar (Profesor) dari Universitas Airlangga, Surabaya dalam bidang ekonomi.

Selain aktif memberi kuliah di berbagai universitas di Indonesia, beliau termasuk salah satu inisiator dan pendiri Universitas Insan Cita Indonesia (UICI). Bahkan rektor pertama universitas tersebut Prof. Laode M. Kamaluddin, Ph.D dilantik oleh Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A. selaku Presidium Majelis Nasional KAHMI.

Kepergian untuk selamanya Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A. sangat diratapi keluarga Himpunan Mahasiswa Islam, bukan saja karena beliau pernah menjadi Ketua Umum PB HMI, tetapi almarhum sangat peduli kepada adik-adik HMI. Setiap beliau melakukan kunjungan kerja di berbagai daerah di Indonesia, selalu bertemu dengan kader-kader HMI. Beliau selalu membantu, memberi dorongan dan semangat kepada kader-kader HMI untuk bangkit dan maju.

Selamat jalan Prof. Dr. H. Harry Azhar Azis, M.A. menghadap Ilahi Rabbi. Sebagai teman dan sesama aktivis, kami bersaksi bahwa Pak Harry adalah orang baik. Ya Allah, ya Rabbi ampunilah segala dosanya dan terimalah amal ibadahnya. Aamiin.

Berikut foto-foto di tempat pemakaman TM Kalibata (19/12/2021)

Baca Juga

In Memoriam

Warga Muhammadiyah dan bangsa Indonesia merasakan bahwa kepergian Prof Dr H. Ahmad Syafii Maarif, MA telah meninggalkan begitu banyak jasa yang akan dikenang selama...

In Memoriam

Sardjono Jhony Tjitrokusumo, Direktur Utama PT Transjakarta telah berpulang kehadiratNya untuk selamanya pada hari Minggu, 3 Oktober 2021 dalam umur yang relatif masih muda...

In Memoriam

Saya amat terkejut membaca ucapan duka cita yang disampaikan Majelis Nasional KAHMI di media sosial atas wafatnya Prof.Dr. Muchlis R. Luddin, MA.

In Memoriam

Sebagai aktivis mahasiswa yang mengenal dari dekat Pak Harmoko, saya mengatakan bahwa beliau hebat. Kalau membaca kata sambutan yang telah disiapkan, beliau sangat menghayati...

In Memoriam

Ustaz Nawir, ustaz Abdul Salam dan ustaz Muhiddin adalah alumni Pondok Pesantren Al Khairat, Palu, Sulawesi Tengah. Saya mengajak ketiga ustaz tersebut bersama tokoh...

In Memoriam

Kepergian Artidjo Alkostar menyedihkan kita semua, karena kita kehilangan seorang tokoh yang gigih menegakkan keadilan dan kebenaran pada saat dia menjadi hakim agung RI.

In Memoriam

Letnan Jenderal TNI Purn Prof Dr Syarifuddin Tippe, M.Si, yang wafat pada 14 Februari 2021 karena sakit dalam usia 67 tahun. Civitas Universitas Ibnu...

In Memoriam

Tidak ada kata dan kalimat yang patut kita ucapkan selain Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji'un (Sesungguhnya kita milik Allah dan kepadaNya kita kembali)...