Connect with us

Pendidikan

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Bangkit dan Maju: Wisuda Sarjana Baru 339 Orang Desember 2021

wisuda sarjana Universitas Ibnu Chaldun yang dilaksanakan di Wisma Ardhiya Garini, Halim, Jakarta Timur (22/12/2021). Mari kita mengemukakan syukur kepada Allah, karena berbagai kemajuan yang diraih Universitas Ibnu Chaldun.

Musni Umar, rektor Universitas Ibnu Chaldun ketika menyampaikan sambutan dalam rangka wisuda sarjana Universitas Ibnu Chaldun yang dilaksanakan di Wisma Ardhiya Garini, Halim, Jakarta Timur (22/12/2021) mengemukakan syukur kepada Allah, karena berbagai kemajuan yang diraih Universitas Ibnu Chaldun.

Setidaknya Lima kondisi berat yang dialami Universitas Ibnu Chaldun, pada saat dipilih menjadi rektor Universitas Ibnu Chaldun 16 Oktober 2016.

Pertama, citra Universitas Ibnu Chaldun sangat jelek di mata publik karena konflik di yayasan yang menyeret UIC, sehingga dua kali di nonaktifkan oleh pemerintah.

Kedua, jumlah mahasiswa sangat minim hanya sekitar 300 orang. Dampaknya tidak bisa membiayai kegiatan operasional universitas.

Ketiga, Universitas Ibnu Chaldun mengalami defisit sebesar Rp1,8 milyar.

Keempat, semua program studi mati kecuali hukum dengan akreditasi C.

Kelima, untuk melakukan berbagai kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, Universitas Ibnu Chaldun tidak mempunyai dana.

Membangun Kembali Universitas Ibnu Chaldun Jakarta

Membangun kembali kebesaran Universitas Ibnu Chaldun tanpa dana, merupakan keajaiban. Modalnya semangat tinggi, kerja keras, ikhlas sambil berdoa, akhirnya Universitas Ibnu Chaldun yang pernah terpuruk sangat dalam, bangkit dan maju.

Pertama, mengundang Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla ke Universitas Ibnu Chaldun untuk membuka seminar internasional tentang Pendidikan Islam (23/8/2017).

Kedua, mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka simposium internasional tentang “Ibnu Chaldun” (14/12/2017).

Dua kegiatan internasional tersebut terselenggara dengan baik. Yang menggagas rektor, membuat surat, menyusun proposal, melobi agar Wakil Presiden dan Gubernur DKI Jakarta hadir di Universitas Ibnu Chaldun adalah rektor sendiri.

Ketiga, mengundang Ketua MPR RI Zulkifli Hasan untuk hadir dan menyampaikan ceramah 4 pilar di hadapan dosen dan mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun. Kegiatan ini dimotori wakil rektor bidang kerjasama dan luar negeri Dr. Gamari Sutrisno, MPS

Keempat, memanfaatkan media sosial dan popularitas sebagai sosiolog
untuk mengubah citra negatif Universitas Ibnu Chaldun menjadi positif. Kegiatan ini sejak menjadi rektor sampai saat ini, dilaksanakan sendiri untuk mempromosikan Universitas Ibnu Chaldun.

Akreditasi & Peningkatan Jumlah Mahasiswa

Pada saat yang amat berat – tidak ada dana, Universitas Ibnu Chaldun harus melakukan akreditasi semua program studi sebagai cara untuk menarik minat mahasiswa untuk belajar di Universitas Ibnu Chaldun.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dilakukan kolaborasi dengan pimpinan yayasan, pimpinan universitas dan fakultas dengan semangat tinggi, kerja keras, ikhlas sambil berdoa, akhirnya akreditasi program studi dilaksanakan satu persatu dengan baik, dan hasilnya program studi hukum memperoleh akreditasi B, Ilmu komunikasi memperoleh akreditasi B, Ilmu Administrasi Publik B dan Pendidikan Islam (Tarbiyah) B. Sedangkan yang lain memperoleh akreditasi C.

Dengan akreditasi B dari sejumlah program studi tersebut, maka ada modal untuk meningkatkan jumlah mahasiswa dan mencari beasiswa dari berbagai sumber.

Selain itu, rektor universitas Ibnu Chaldun turun gunung mencari mahasiswa dengan menggunakan jaringan dan popularitas di masyarakat sebagai sosiolog.

Disamping itu, memanfaatkan media sosial untuk menggaet mahasiswa. Hasilnya sangat membanggakan karena Jumlah mahasiswa telah meningkat berlipat ganda lebih dari 600 persen.

Pada masa pandemi Covid-19, Universitas Ibnu Chaldun masih bisa menyelenggarakan seminar internasional tentang Peran Masjid Dalam Membangun Peradaban Islam, yang dibuka secara daring oleh Wakil Presiden RI Prof Ma’ruf Amin yang juga merupakan alumnus Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun.

Pertolongan Allah

Hasil kerja keras, ikhlas, kolaborasi dan doa, Universitas Ibnu Chaldun pada 22 Desember 2021, pertama, Universitas Ibnu Chaldun melakukan wisuda sarjana sebanyak 339 orang dari Fakultas Hukum, FIKOM, FISIP, FE, Fak. Pertanian dan FE.

Kedua, seluruh program studi di lingkungan Universitas Ibnu Chaldun sudah terakreditasi kecuali program studi yang baru didirikan seperti Perbankan Syariah, dan Pasca Sarjana Ilmu Hukum. Program Studi Farmasi baru diakreditasi, hasilnya Baik.

Ketiga, jumlah mahasiswa Universitas telah meningkat berlipat ganda lebih dari 600 persen.

Keempat, citra Universitas Ibnu Chaldun sudah sangat positif. Buktinya, UIC mendapat sponsorship dari berbagai perusahaan besar dalam rangka wisuda sarjana.

Kelima, Universitas Ibnu Chaldun mendapatkan beasiswa KIP dan UKT dalam jumlah yang patut disyukuri.

Keenam, Universitas Ibnu Chaldun telah mengalami surplus penerimaan. Setelah rektor mendapat otorisasi pengelolaan keuangan, berani menaikkan take home pay para dekan 150 persen dan para wakil dekan dan Kepala Program Studi sebesar 100 persen.

Pada saat Universitas Ibnu Chaldun melaksanakan wisuda sarjana (22/12), Rektor Musni Umar mengajak seluruh Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun dan pimpinan yayasan untuk terus merawat kebersamaan, kolaborasi serta menjaga persatuan dan kesatuan sebagai prasyarat untuk meningkatkan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun di masa mendatang.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Pada 22 Januari 2022, Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun melepas mahasiswa (i) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun yang akan melakukan Kuliah Kerja...

Pendidikan

Kaspudin Nor, komisioner Kejaksaan Agung 2011-2016 mengemukakan pentingnya membangun budaya hukum. Budaya hukum bisa dibangun mulai dari kampus, dikemukakan dalam Seminar UIC Jakarta (30/12/2021).

Pendidikan

Kritikan keras Rizal Ramli dibantah A. Anshari Ritonga, saat menjadi Keynote Speaker dalam seminar Seminar UIC Jakarta "Refleksi Akhir Tahun dalam bidang hukum, HAM,...

Pendidikan

Universitas Ibnu Chaldun dalam rangka menyusun program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja tahun 2022, pada 29 Desember 2021 telah melaksanakan rapat kerja yang...

Pendidikan

Dr. Gamari Sutrisno di wisuda Universitas Ibnu Chaldun mengemukakan bahwa pendidikan memiliki peranan dan fungsi yang amat penting dalam membangun sumber daya manusia yang...

Pendidikan

Kolaborasi dunia usaha Universitas Ibnu Chaldun dengan berbagai perusahaan sangat penting karena perguruan tinggi dan dunia usaha menghadapi persaingan bebas.

Pendidikan

Orasi ilmiah yang disajikan oleh Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si, Anggota DPR RI dari Komisi X yang berjudul Menyiapkan SDM Unggul Menghadapi Tantangan di...

Pendidikan

Korupsi menjangkiti bangsa, telah menjadi budaya yang diamalkan hampir seluruh bangsa Indonesia di era demokrasi. Merupakan Dialog memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang dilaksanakan...