Connect with us

Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si di wisuda sarjana Universitas Ibnu Chaldun Jakarta (22/12/2021) - twitter musniumar

Pendidikan

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta: Penyiapan SDM Unggul Menghadapi Tantangan di Era Transformasi Digital

Orasi ilmiah yang disajikan oleh Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si, Anggota DPR RI dari Komisi X yang berjudul Menyiapkan SDM Unggul Menghadapi Tantangan di Era Transformasi Digital, sangat menarik dan relevan dengan tema wisuda sarjana Universitas Ibnu Chaldun 2021.

Pada 22 Desember 2021 Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menyelenggarakan wisuda sarjana. Oleh karena, masih dalam suasana pandemi Covid 19, maka wisuda sarjana dilakukan 2 sesi. Sesi pertama (pagi), yang memberi orasi ilmiah Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si. Sedang sesi kedua (siang) yang memberi orasi ilmiah Dr. Gamari Sutrisno, MPS.

Bertepatan dengan Hari Ibu, 22 Desember 2021, Universitas Ibnu Chaldun menyelenggarakan wisuda sarjana di Wisma Ardhiya Garini, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Ketua Umum, ketua panitia pelaksana wisuda sarjana dan penyaji orasi ilmiah pagi hari, semuanya adalah wanita.

Orasi ilmiah yang disajikan oleh Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si, Anggota DPR RI dari Komisi X yang berjudul “Menyiapkan SDM Unggul Menghadapi Tantangan di Era Transformasi Digital,” sangat menarik dan relevan dengan tema wisuda sarjana Universitas Ibnu Chaldun 2021 “Melahirkan Sarjana Profesional yang Beriman dan Bertaqwa serta Mampu Bertransformasi di Era Digital.”

Anggota DPR RI dari Partai Gerinda ini memulai orasi ilmiahnya dengan mengemukakan sejarah peradaban umat manusia yang ditandai dengan perubahan radikal dalam cara manusia memproduksi barang dan jasa yang secara populer disebut revolusi industri.

Revolusi industri pertama terjadi pada abad 18, kemudian revolusi industri 2.0 pada akhir abad ke19 dan awal abad 20 yang dikenal dengan revolusi teknologi. Revolusi ini ditandai dengan adanya penemuan tenaga listrik yang membuat proses produksi barang yang semula menggunakan tenaga manusia, hewan maupun kekuatan alam (angin) diganti dengan menggunakan tenaga listrik

Berlanjut dengan revolusi industri 0.3 pada akhir abad 20 yang dikenal dengan revolusi digital. Revolusi industri di era ini ditandai dengan perkembangan yang pesat di bidang teknologi digital dan komputer.

Menurut anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri, bahwa saat ini kita memasuki revolusi 0 4 dimana terjadi perubahan cepat pada teknologi, industri, dan pola dan proses masyarakat di abad 21; karena meningkatnya interkoneksi dan otomatisasi.

Memanfaatkan Teknologi

Sebagai generasi yang hidup di era ini, menurut anggota DPR di komisi X yang membidani bidang pendidikan, dituntut untuk memahami , menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari-hari agar dapat bersaing seiring pesatnya pertumbuhan dan kemajuan teknologi di seluruh dunia bahkan dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat dan tidak terduga.

Lebih lanjut dia mengemukakan, peluang yang patut disambut adalah nilai ekonomi digital Indonesia yang menunjukkan tren peningkatan. Termasuk, Google, Bain & Company melaporkan nilai ekonomi digital mencapai US$ 70 milyar pada tahun 2021 atau naik 49% dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya mencapai US$ 47 milyar (e-Conomy SEA 2021).

Peluang yang lain adalah kontribusi sektor teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) makin signifikan terhadap PDB Indonesia, menyumbang 7,2 persen dari total PDB Indonesia. Walaupun angka ini masih jauh dibandingkan sektor lain, namun sektor TIK mengalami pertumbuhan sekitar 10 persen yang merupakan pertumbuhan terbesar dibandingkan sektor lain.

Kunci Sumber Daya Manusia Unggul

Kunci sukses menghadapi perubahan di era industri 0.4. Pertama, memiliki karakter yang kuat. Tiga karakter penting yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 31 ayat (3) yakni beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia.

Kedua, memiliki kompetensi kognitif, yang meliputi kemampuan berpikir logis, berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir abstrak, merencanakan, menyelesaikan masalah (problem solving), mempelajari hal baru, dan belajar dari pengalaman.

Ketiga, penguasaan sejumlah soft skill yang penting di era digital. Diantaranya komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, kolaborasi, adaptif, dan berkarya secara inovatif dan original.

Keempat, penguasaan teknologi digital. Seiring dengan penerapan teknologi digital di sejumlah bidang kehidupan sebagai konsekuensi transformasi digital, penting untuk menguasai teknologi digital.

Tokoh Perempuan Peduli Pendidikan

Usai memberikan orasi ilmiah, Prof Anshari Ritonga, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC) menyerahkan plakat sebagai penghargaan kepada Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si.

Selain itu, Prof Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Ibu Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si, sebagai Tokoh Perempuan Peduli Pendidikan. Juga Rektor Universitas Ibnu Chaldun menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Ibu Dra. Tina Nur Alam, M.Si sebagai Tokoh Perempuan Peduli Pendidikan yang diwakili Dr. Eni.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

Pendidikan

Anggota DPR RI Elnino Husein Mohi dalam kuliah umumnya yang bertema Konstitusi, Opini Deparpolitisasi dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia mengatakan bahwa konstitusi tertinggi...

Pendidikan

Jalan santai Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun diikuti ribuan orang diantaranya Dr Edy Haryanto, Ketua Umum Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun dan isteri, Musni...

Pendidikan

Pada 11 Juni 2022 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC merayakan Milad ke-66. UIC bermula dari Akademi Wartawan yang didirikan seorang wartawan kawakan Parada...

Pendidikan

Pancasila mirip dengan Piagam Madinah yang kelima silanya merupakan ajaran Agama, yang juga merupakan kesepakatan ulama dan para tokoh bangsa yang tergabung dalam Panitia...

Pendidikan

Apa yang saya lakukan, akhirnya memberi dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun. Karena melalui bantuan beasiswa tersebut saya lobby ke mana-mana,...

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun pada saat silaturrahim dan rapat pimpinan universitas dan pimpinan fakultas mengemukakan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan kemajuan Universitas Ibnu...

Pendidikan

Bersama Fahira Idris, Anggota DPD RI, Hiapolo Filantropi Indonesia dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun FISIP UIC melaksanakan bakti sosial...

Pendidikan

egiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Fakultas Farmasi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun berkolaborasi dengan PT Kalbe Farma dan PT Alfa Midi dibuka...