Connect with us

#KitaGaruda (25/12/2021) - twitter PSSI

DKI Jakarta

Semangat Untuk Berprestasi: Dukung Timnas Sepakbola Indonesia di final Piala AFF, DKI Sediakan Fasilitas Olahraga

Timnas Indonesia masuk babak final Piala AFF yang akan bermain melawan Thailand pada 29 Desember 2021 dan leg kedua akan bermain 1 Januari 2022. Kedua pertandingan final itu akan dilaksanakan di National Stadium Singapura.

Kita bangga dan bersyukur karena dalam mengakhiri tahun 2021, Tim Nasional Indonesia tidak terkalahkan sepanjang Piala AFF 2020. Pada Grup B, Timnas Indonesia menang tiga kali dan sekali imbang.

Dengan demikian Timnas Indonesia masuk babak final Piala AFF yang akan bermain melawan Thailand pada 29 Desember 2021 dan leg kedua akan bermain 1 Januari 2022. Kedua pertandingan final itu akan dilaksanakan di National Stadium Singapura.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Indonesia mempunyai banyak potensi untuk menjadi kekuatan sepakbola di Asia Tenggara bahkan di dunia, jika sejak dini anak-anak Indonesia disediakan fasilitas olahraga sepakbola.

DKI Jakarta Sediakan Fasilitas Olahraga

Salah satu cabang olahraga yang paling disukai masyarakat Indonesia ialah sepakbola. Olahraga sepakbola disukai seluruh lapisan masyarakat lintas umur dari anak-anak sampai orang tua. Anak-anak dan pemuda seolah tidak ada capeknya untuk main sepakbola.

Sebagai contoh, kalau saya olahraga jalan kaki di seputar Stadion utama Gelora Bung Karno Jakarta di Bagian Utara, pada Sabtu dan Ahad, saya selalu menyaksikan di tiga lapangan sepakbola, sejak pagi sampai siang hari dan sore hari selalu terlihat anak-anak, remaja atau pemuda yang bermain sepakbola.

Oleh karena yang menyukai olahraga sepakbola semua lapisan masyarakat, maka Anies Baswedan menginisiasi penyediaan lapangan sepakbola di tengah perkampungan warga di DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membangun 5 lapangan sepakbola berstandar FIFA di tengah perkampungan warga Jakarta. Dari 5 lapangan sepakbola itu, yang pertama diresmikan Anies adalah lapangan sepakbola di Muara Angke, Jakarta Utara. Lapangan sepakbola ini gratis, tidak disewakan.

Menurut Anies, pembangunan lapangan sepakbola dimulai dari satu di setiap wilayah kota. Kini telah berdiri lima lapangan sepakbola standard FIFA, masing-masing satu di tiap wilayah kota Jakarta. Kemarin, bersama teman-teman Muara Angke Soccer School, Perkumpulan Sepakbola Amputasi dan Tim Sepakbola Putri DKI, kita resmikan lapangan pertama mulai dari Muara Angke (28/11/2021).

Manfaat Lapangan Sepakbola

Peresmian lapangan sepakbola dilingkungan perkampungan warga di DKI Jakarta setidaknya mempunyai 6 manfaat.

Pertama, membangun bibit-bibit olahragawan sepak bola sejak dini, yang diharapkan menjadi pesepakbola yang hebat di tingkat nasional dan dunia.

Kedua, memberi kesempatan kepada seluruh pemuda (i) warga DKI untuk bermain sepakbola secara gratis.

Ketiga, untuk mendorong peningkatan prestasi olahraga sepakbola di DKI dan Indonesia.

Keempat, untuk menyediakan sarana dan prasarana olahraga sepakbola di seluruh lapisan masyarakat di DKI Jakarta.

Kelima, untuk membangun sportivitas, kebersamaan, persatuan dan kesatuan melalui olahraga sepakbola.

Keenam, lapangan sepakbola yang dibangun di setiap kota di DKI Jakarta sebagai wahana untuk menyalurkan bakat para remaja dan pemuda di bidang sepakbola, sehingga mereka memiliki aktivitas positif dan terhindar dari aktivitas negatif yang merugikan diri mereka sendiri, keluarga, bangsa dan negara.

JIS Stadion Sepakbola Internasional

Sebagai warga Jakarta dan bangsa Indonesia, patut bersyukur dan berbangga karena Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sukses membangun stadion olahraga sepakbola bertaraf internasional yang diberi nama Jakarta International Stadium (JIS).

Stadion ini sangat megah bertaraf internasional yang sudah lama ditungu-tunggu kehadirannya.

Proses pembangunan stadion ini sudah hampir rampung. Persija Jakarta bakal berkandang di JIS. Ini kado akhir tahun yang amat membanggakan bagi warga Jakarta dan bangsa Indonesia.

Dengan rampungnya pembangunan JIS dan lima lapangan sepakbola di 5 wilayah DKI Jakarta, maka sarana latihan sepakbola di Jakarta sudah tersedia dengan fasilitas tertaraf internasional.

Dengan demikian, turnamen sepakbola antar kampung (RT, RW, Kelurahan), antar kecamatan, antar walikota, akan berlangsung secara terus-menerus. Final turnamen antar Walikota bisa dilaksanakan di Jakarta International Stadium (JIS).

Jika latihan dan turnamen bisa dilaksanakan secara berkala, maka pasti akan lahir bibit-bibit pemain sepakbola yang bertatenta nasional dan internasional.

Timnas Sepakbola Indonesia Semoga Juara di Final Piala AFF

Kita bersyukur Tim nasional Indonesia masuk final Piala AFF 2020 yang akan bertanding pada 29 Desember 2021 dan leg kedua akan bermain 1 Januari 2022.

Kita berharap dengan tersedianya sarana dan prasarana olahraga sepakbola di Jakarta, akan mengilhami berbagai daerah membangun stadion di setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, sehingga lahir bibit-bibit pesepak bola nasional dan internasional yang hebat.

Dunia internasional akan semakin mengenal Indonesia, jika lahir pesepakbola dunia dari Indonesia. Hal terebut insya Allah akan menjadi kenyataan di Indonesia, jika mulai sekarang kita investasi di dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang olahraga khususnya di bidang sepakbola.

Harapan kita dalam mengakhiri tahun 2021, kita bersyukur banyak puterra (i) Indonesia terbaik yang berhasil mengukir berbagai prestasi khusus di bidang olahraga sepakbola.

Kita patut berbangga karena Tim Nasional Indonesia masuk final Piala AFF 2020. Doa kita dan seluruh bangsa Indonesia, semoga Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2020 di Singapura.

Baca Juga

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

DKI Jakarta

Jakarta International Stadium (JIS) didukung dengan dua lapangan berstandar internasional. Lapangan ini sudah diresmikan lebih dulu, bisa disewa oleh publik dengan biaya mulai Rp...

DKI Jakarta

Salah satu wujud partisipasi dan kolaborasi Transjakarta yang paling mutakhir ialah menyukseskan shalat Idul Adha di JIS dengan menyediakan bus Transjakarta dari berbagai lokasi.

DKI Jakarta

Saya bersyukur pasca pandemi Covid-19 di Jakarta, pada Car Free Day (22/5) saya dapat berpartisipasi olahraga jalan kaki dari Dukuh Atas Jalan Jenderal Sudirman...

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...

DKI Jakarta

Salah satu warisan (legacy) Gubernur Anies Baswedan kepada warga DKI Jakarta, khususnya kepada insan sepak bola ialah stadion sepak bola berstandar FIFA yang diberi...

Lainnya

Para ahli mengatakan bahwa Covid-19 varian Omicron tidak berbahaya dibanding dengan Covid-19 varian Delta yang sangat banyak merenggut nyawa manusia.

DKI Jakarta

Bali dan Jakarta akan segera menyelenggarakan International Youth Championship (IYC) 2021. Acara ini merupakan kolaborasi dua daerah dalam rangka memeriahkan soft launching Jakarta International...