Connect with us

Simpang temu CSW (29/12/2021) - IG rfkyw

DKI Jakarta

Jadikan Transjakarta Transportasi Berskala Dunia, Sebuah Refleksi di Akhir Tahun 2021

Setelah diresmikan Stasiun Transjakarta CSW-ASEAN, para penumpang Transjakarta dapat turun di stasiun tersebut lalu naik lift menuju Stasiun MRT untuk melanjutkan perjalanan ke Bundaran HI atau Lebak Bulus. Transjakarta transportasi berskala dunia.

Jakarta raih Sustainable Transport Award 2020 dan 2021 kalahkan San Fransisco dan kota-kota besar di dunia.

Penghargaan bergengsi yang diperoleh DKI Jakarta dalam bidang transportasi, merupakan kontribusi dari Transjakarta yang beroperasi secara integratif dengan moda transportasi massal yang lain di DKI Jakarta.

Penghargaan bergengsi internasional yang diperoleh DKI Jakarta merupakan kebanggaan seluruh warga Jakarta. Sutiyoso, Gubernur DKI Jakarta selama dua periode, (6 Oktober 1997-7 Oktober 2007) mengatakan Anies cukup berhasil melanjutkan proyek moda integrasi transportasi yang sempat dicanangkannya ketika menjabat. Sutiyoso juga menilai Anies sebagai salah satu gubernur yang sukses menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) hampir dua tahun terakhir ini.

Sustainable Transport Award kepada Jakarta

ITDP yang memberikan penghargaan Sustainable Transport Award kepada Jakarta, merupakan satu dari sejumlah lembaga global lain yang tergabung dalam komite juri. Selain ITDP, ada pula lembaga lain seperti Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), Clean Air Asia dan WRI Ross Center for Sustainable Cities.

Lembaga Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) membeberkan keberhasilan Jakarta meraih Sustainable Transport Award 2020 dan 2021 dipengaruhi setidaknya dua kebijakan transportasi.

Pertama, integrasi antar-moda transportasi. Kedua, upaya menciptakan jalan lingkungan yang ramah pejalan kaki serta pesepeda.

Senior Communications & Partnerships Manager at ITDP Indonesia Fani Rachmita merinci, faktor pertama Jakarta meraih penghargaan ini lantaran integrasi layanan Transjakarta dengan Light Rail Transit (LRT) serta Moda Raya Terpadu (MRT).

“Dalam payung JakLingko, upaya DKI Jakarta untuk mengintegrasikan semua moda transportasi baik secara fisik maupun pembayaran, terbilang ambisius dalam beberapa tahun terakhir,” terang Fani dalam keterangan tertulis (CNN Indonesia, Sabtu, 31 Oktobet 2020 22:10 WIB).

Selain itu, pada era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terdapat program penataan stasiun KRL serta bus. Selain itu, ada pula pengembangan armada bus listrik di Ibu Kota yang diproyeksikan bakal diterapkan pada 2030.

“Penataan stasiun transportasi publik milik DKI Jakarta dengan KRL Commuter Line di awal tahun ini, menjadi tonggak baru sistem integrasi transportasi publik di Jabodetabek.”

Jadikan Transportasi Berskala Dunia

Sebagai salah satu pengguna Transjakarta dan MRT, saya sangat menikmati integrasi moda transportasi. Misalnya, dari rumah saya jalan kaki menuju stasiun MRT. Turun di Stasiun MRT Hotel Indonesia, lalu jalan kaki menuju Stasiun Transjakarta untuk melanjutkan perjalanan ke kantor. Sangat terasa kemudahan yang diperoleh adanya integrasi moda transportasi di DKI Jakarta.

Begitu juga diresmikannya Stasiun Transjakarta CSW-ASEAN yang terintegrasi dengan Stasiun MRT ASEAN. Kalau sebelum adanya stasiun tersebut, semua penumpang Transjakarta turun di terminal Blok M.

Setelah diresmikan Stasiun Transjakarta CSW-ASEAN, para penumpang Transjakarta dapat turun di stasiun tersebut lalu naik lift menuju Stasiun MRT untuk melanjutkan perjalanan ke Bundaran HI atau Lebak Bulus. Jika sudah selesai dibangun jalur MRT fase selanjutnya, akan semakin memudahkan warga Jakarta yang akan ke kantor, rapat, konferensi/seminar atau melakukan perjalanan bisnis di keberbagai tujuan di Jakarta.

Direksi Sangat Tanggap

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mencatat ada 508 kecelakaan Bus Transjakarta sepanjang 2021. Dari data tersebut, dua operator bus sedang dievaluasi karena tingginya kasus kecelakaan.

Ketua Komisi Kelaikan dan Keselamatan DTKJ Prayudi menjelaskan Perum PPD menjadi operator bus yang paling banyak menyumbang kecelakaan Bus Transjakarta.

“PPD menyumbang kurang lebih 34 persen dari 508 kejadian,” kata Prayudi dalam konferensi pers di Jakarta (Tempo.Co., 29 Desember 2021 15.06 WIB).

Bahkan dalam satu hari terdapat 3 bus Transjakarta yang mengalami kecelakaan, 1 orang tewas (Kompas.com, 7 Desember 2021, 14.17 WIB).

Direksi Transjakarta sangat tanggap atas berbagai kecelakaan yang dialami Transjakarta. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan bus Transjakarta beruntun, telah bekerjasama dengan KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi).

KNKT diundang untuk mencari sebab terjadinya berbagai kecelakaan Transjakarta.

Setidaknya 4 area evaluasi yang dilakukan KNKT yaitu implementasi manajemen resiko pada organisasi PT Transjakarta, mekanisme pemastian kesiapan awak kendaraan, mekanisme pemastian kelayakan armada, dan keselamatan / keamanan rute (lintasan bus transjakarta).

Proses evaluasi dengan meminta penjelasan atas semua prosedur dan standar yang digunakan oleh manajemen Transjakarta dalam menyelenggarakan operasional bus transjakarta, melakukan validasi dan klarifikasi di lapangan, serta melakukan pemetaan hazard pada lintasan bus Transjakarta.

Setelah dilakukan pendalaman terhadap standar dan prosedur serta keadaan lintasan bus transjakarta, ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan standar keselamatan operasional bus transjakarta yang disusun dalam rentang waktu (milestone) sesuai dengan skala permasalahannya meliputi area perbaikan struktur organisasi dan manajemen PT Transjakarta, perbaikan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) PT Transjakarta, dan pembenahan rute/lintasan bus Transjakarta.

Keselamatan Operasional

Untuk meningkatkan keselamatan operasional bus Transjakarta ke depan, KNKT merekomendasikan beberapa tindakan mitigasi. Pertama, Pemerintah DKI Jakarta diminta untuk meningkatkan kinerja manajemen PT Transjakarta khususnya dalam hal penjaminan keselamatan operasional bus.

Kedua, KNKT merekomendasikan agar dibentuk departemen khusus setingkat dengan direktur dalam struktur organisasi PT Transjakarta yang tugasnya adalah mengelola manajemen risiko pada operasional bus Transjakarta yang meliputi 5 area yaitu pemastian kelaikan armada, pemastian kesiapan awak, pemastian keselamatan penumpang di dalam bus dan halte, pemastian pengendalian lintasan serta penanganan keadaan darurat (emergency response plan).

Ketiga, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) diminta melakukan pemetaan risiko pada lintasan bus Transjakarta (route hazard mapping) baik yang berada di koridor (BRT) maupun di luar koridor (Non BRT). Hal itu untuk dijadikan sebagai Policy Guideline And Action bagi pembina jalan dalam membuat program perbaikan lintasan dan halte serta melakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas yang diperlukan manajemen PT Transjakarta untuk membuat risk journey serta penyediaan tenaga pengaman rute yang efektif dan efisien.

Kita optimis, hasil rekomendasi KNKT kepada Transjakarta dipastikan akan dilaksanakan. Melalui tulisan ini, diharapkan para driver (peramudi) dapat menjalankan tugas dengan baik. Mulailah ketika hendak keluar rumah jangan lupa baca doa agar selamat dalam mengemudikan bus Transjakarta. Ingat Allah, ingat citra Transjakarta yang harus selalu dijaga, ingat anak isteri di rumah.

Baca Juga

DKI Jakarta

Memilih transportasi massal di Jakarta sekarang ini sangat nyaman, aman dan cepat sampai tujuan.

DKI Jakarta

Puncak Hajatan Jakarta ke-495 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6/22) dibanjiri warga DKI dan warga dari luar Jakarta.

DKI Jakarta

Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 sebagai telah diunggah di berbagai social media @DKIJakarta akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 25 Juni...

DKI Jakarta

Hal yang sangat menggembirakan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menargetkan 100 bus listrik Transjakarta yang akan beroperasi di DKI Jakarta pada akhir 2022.

DKI Jakarta

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover...

DKI Jakarta

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris....

DKI Jakarta

Untuk mencegah kemacetan yang parah seperti di masa lalu, maka kolaborasi dan partisipasi warga Jakarta amat diperlukan. Contoh kolaborasi dan partisipasi warga Jakarta, adalah...

DKI Jakarta

Anies Baswedan: Kami di Jakarta menyambut ini sebagai sebuah kesempatan untuk kita mempercepat untuk Jakarta menjadi salah satu pusat kota global dunia. Dan kota...