Connect with us

Pantai Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara (1/12/2021) - IG ancolhits

DKI Jakarta

Formula E Berpeluang Pulihkan Pariwisata dan Pertumbuhan Ekonomi di DKI Jakarta

Sandiaga Uno mengatakan bahwa Formula E yang akan digelar di Ancol memiliki peluang memulihkan pariwisata sehingga membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa Formula E yang akan digelar di Ancol memiliki peluang memulihkan pariwisata sehingga membangkitkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Sandiaga mengaku tengah berkoordinasi dengan pihak Ancol.

Pandangan tersebut bertolak belakang dengan wacana yang digulirkan oleh mereka yang selama ini beroposisi dengan Gubernur Anies Baswedan, seperti salah seorang Ketua Komisi, sekaligus anggota salah satu parpol yang mengatakan bahwa Formula E yang akan digelar di ibu kota Indonesia, hanya akan menghamburkan anggaran APBD saja. Dia mengatakan bahwa dari segi ekonomi sangat kecil dampaknya. Ada (kajian) Formula E mendongkrak wisatawan asing ke kita, (dampaknya) kecil banget. Kata dia, kalau bisa janganlah hambur-hambur uang.

Menurut saya, pandangan Sandiaga Uno tentang dampak Formula E yang berpeluang pulihkan pariwisata dan ekonomi di DKI Jakarta lebih masuk akal.

Setidaknya ada lima alasan untuk mengamini bahwa pendapat Sandiaga Uno lebih bernas dan mendekati kebenaran.

Pertama, Sandiaga Uno adalah seorang pebisnis yang sukses, yang sangat paham dampak positif digelarnya Formula E bagi pemulihan pariwisata dan ekonomi.

Kedua, Sandiaga Uno memiliki pengalaman internasional yang luas karena pernah belajar di Amerika Serikat dan amat luas pergaulannya di dunia internasional.

Ketiga, Sandiaga Uno memiliki penciuman bisnis yang tajam, karena sebagai pebisnis yang ulung, dia bisa memprediksi sesuatu kegiatan yang dilakukan, bisa memberi keuntungan atau sebaliknya. Dia mengatakan, Formula E berpeluang pulihkan pariwisata dan ekonomi di DKI Jakarta.

Keempat, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mempunyai tim yang handal untuk memprediksi suatu event internasional bisa mendongkrak pariwisata dan ekonomi.

Kelima, Sandiaga Uno melihat, untuk mendorong pemulihan pariwisata sehingga bisa membangkitkan ekonomi, Formula E merupakan event internasional yang sangat penting karena akan menjadi sarana promosi yang luar biasa ke dunia internasional.

Beri Dampak Positif Untuk Pertumbuhan Ekonomi

Kegiatan Formula E bisa langsung memberi dampak positif dalam bidang pariwisata, lapangan kerja dan ekonomi.

Gelaran Formula E, pasti memberi dampak ekonomi dan sosial bagi warga DKI Jakarta.

Pertama, pra persiapan balap mobil formula E, Jakpro yang diberi kepercayaan menyediakan sarana dan prasarana, perlu menyediakan sarana prasarana dalam hubungan itu, jakpro butuh kontraktor. Kontraktor memerlukan pekerja dari berbagai bidang keahlian. Pada tahapan ini, Formula E sudah membuka lapangan kerja. Mereka yang bekerja pasti memperoleh upah yang memadai. Upah yang diterima akan dimanfaatkan oleh keluarga untuk berbelanja. Mereka yang bekerja, mungkin tidak hanya yang berdomisili di DKI Jakarta, tetapi diluar DKI Jakarta. Dampak lanjutannya, keluarga mereka berbelanja, ekonomi berputar dan pasti menghadirkan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di daerah lain.

Kedua, pada saat pelaksanaan Formula E, peserta balap mobil formula akan datang dari berbagai negara. Mereka perlu akomodasi hotel untuk tempat menginap, butuh makan, beli oleh-oleh dan sebagainya. Hotel di Ancol dan sekitarnya akan penuh, dampak ekonominya sangat besar. Hotel perlu menambah tenaga kerja, perlu sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging dan sebagainya untuk dikonsumsi para tamu hotel.

Ketiga, panitia pelaksana (Organizing Committee) dan panitia pengarah (Steering Committee), juga pasti memerlukan hotel. Dampaknya pasti membuka lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi.

Keempat, Formula E berpeluang hadirnya wisatawan manca negara untuk menyaksikan event internasional balap mobil listrik Formula E.

Kelima, Event internasional Formula E akan menjadi ajang promosi berbagai perusahaan nasional dan internasional yang hebat karena pasti diliput secara luas media nasional, internasional serta media sosial, sehingga semakin semarak.

Keenam, para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia, berpeluang mereka datang ke Jakarta untuk menyaksikan secara langsung balap mobil listrik Formula E.

Optimis Berjalan Baik dan Lancar

Event balap mobil listrik Formula E diharapkan dapat berjalan baik dan lancar. Setidaknya lima alasan untuk memastikan insya Allah sukses.

Pertama, event internasional balap mobil Formula E merupakan kegiatan untuk pertama kali dilaksanakan di Jakarta dan Indonesia. Oleh karena itu, warga DKI Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia harus bahu-membahu, berkolaborasi serta berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan Formula E di Ancol Jakarta Utara.

Kedua, Ketua pelaksana (Organizing Committee) Ahmad Sahroni adalah Sekretaris Jenderal Ikatan Motor Indonesia (IMI) sudah berpengalaman menyaksikan pelaksanaan balap mobil Formula E di berbagai negara di dunia. Selain itu, yang bersangkutan memiliki posisi politik di DPR dan jaringan di pemerintah kuat karena Partai Nasdem, partai politik tempat Ahmad Sahroni berkarir merupakan koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Ketiga, panitia pengarah (Steering Committee), Bambang Soesatyo adalah Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang sudah berpengalaman dan memiliki posisi politik yang kuat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Partai politik tempat bernaung, partai Golkar, yang juga merupakan anggota koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Oleh karena itu, selaku sosiolog, saya sangat optimis, balap mobil listrik Formula E, bakal sukses. Tidak hanya sukses dalam pelaksanaan, tetapi juga sukses banyak perusahaan yang pasang iklan.

Selain itu, yakin sukses terwujud keamanan para peserta balap mobil Formula E, sukses mempromosikan Jakarta sebagai tempat pelaksanaan balap mobil Formula.

Terakhir, sukses menghadirkan wisatawan manca negara menjelang, saat dan pasca pelaksanaan Formula E.

Baca Juga

DKI Jakarta

Pelaku usaha mikro kecil atau yang populer Pedagang kaki lima (PKL) diperbolehkan untuk berjualan di area CFD yang berada di sejumlah titik Ibu Kota...

DKI Jakarta

Hal yang sangat menggembirakan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menargetkan 100 bus listrik Transjakarta yang akan beroperasi di DKI Jakarta pada akhir 2022.

DKI Jakarta

Sebanyak 260 UMKM didatangkan ke arena Formula E di Ancol Jakarta Utara. Ada yang merupakan binaan dari Jakpreneur, tetapi juga ada yang dari 10...

DKI Jakarta

E-Prix Formula E sukses luar biasa, yang dipromosikan tidak hanya Jakarta sebagai ibukota negara, tetapi Indonesia. Berkali-kali presenter E-Prix Formula menyebut Jakarta dan Indonesia....

DKI Jakarta

Kedatangan warga negara asing di Indonesia untuk menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E merupakan salah satu target dari penyelenggaraan event international di Jakarta.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya apresiasi dimulainya perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari pulau Bidadari, Kepulauan Seribu Jakarta...

DKI Jakarta

Saya bersyukur pasca pandemi Covid-19 di Jakarta, pada Car Free Day (22/5) saya dapat berpartisipasi olahraga jalan kaki dari Dukuh Atas Jalan Jenderal Sudirman...

DKI Jakarta

Untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.