Connect with us

Surya Paloh (Ketum Nasdem), Zulkifli Hasan (Ketum PAN), H.Suharso Monoarfa (Ketum PPP)

Opini

Nasdem, PAN dan PPP Jika Mengusung Anies 2024 Pasti Peroleh Pengaruh Figur Pemilu Legislatif

Nasdem, PAN dan PPP jika mengusung Anies Baswedan menjadi calon Presiden RI 2024, maka dipastikan partai-partai politik yang mengusungnya akan memperoleh Pengaruh Figur dalam pemilu legislatif 2024 yaitu peningkatan dukungan suara kepada partai-partai politik yang mengusung, sehingga tidak terlempar dari Senayan Jakarta karena tidak mencapai parliamentary threshold 4 persen.

Dalam praktek demokrasi di Indonesia, partai pengusung calon Presiden RI, selalu mendapatkan “Pengaruh Figur”

Nasdem, PAN dan PPP jika mengusung Anies Baswedan menjadi calon Presiden RI 2024, maka dipastikan partai-partai politik yang mengusungnya akan memperoleh Pengaruh Figur dalam pemilu legislatif 2024 yaitu peningkatan dukungan suara kepada partai-partai politik yang mengusung, sehingga tidak terlempar dari Senayan Jakarta karena tidak mencapai parliamentary threshold 4 persen.

Sebagai contoh, Partai Demokrat yang mencalonkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi calon Presiden RI yang berpasangan dengan Muhammad Jusuf Kalla, dan pada periode ke-2, SBY berpasangan dengan Budiono, memperoleh “Pengaruh Figur” yang luar biasa.

Partai Demokrat yang didirikan pada 9 September 2001, kemudian disahkan 27 Agustus 2003 dan menjadi peserta pemilu, 2004, memperoleh 57 kursi di DPR RI. Dengan bermodalkan dukungan suara 57 kursi di DPR RI, Partai Demokrat di dukung beberapa partai politik, SBY yang berpasangan Muhammad Jusuf Kalla, dicalonkan diri menjadi Presiden dan Muhammad Jusuf Kalla menjadi Wakil Presiden RI dan menang dalam pemilu Presiden RI mengalahkan Megawati Soekarnoputri, calon Presiden RI incumbent yang dicalonkan PDI Perjuangan yang berpasangan dengan Hasyim Muzadi sebagai calon Wakil Presiden RI.

Pengaruh Figur terhadap Partai Demokrat memberi pengaruh besar pada pemilu legislatif 2009, Partai Demokrat itu menjadi pemenang pemilu legislatif dengan memperoleh 150 kursi di DPR RI.

Selain Pengaruh Figur yang dialami Partai Demokrat karena mencalonkan SBY menjadi calon Presiden RI, juga dialami PDI Perjuangan setelah mencalonkan Joko Widodo menjadi calon Presiden RI pada 14 Maret 2014.

Hasilnya pemilihan Presiden 2014 dimenangkan pasangan Joko Widodo sebagai calon Presiden dengan Muhammad Jusuf Kalla, sebagai Wakil Presiden RI dengan perolehan kursi sebanyak 128.

Nasdem, PAN dan PPP Jika Mengusung Anies 2024

Berdasarkan pengalaman sejarah, jika Nasdem, PAN dan PPP bisa mengusung Anies Baswedan dan partai-partai politik lain sehingga menjadi calon Presiden RI dipastikan mendapat Pengaruh Figur dalam perolehan suara partai-partai politik di legislatif.

Besar kecilnya perolehan dukungan suara rakyat kepada partai politik pengusung calon Presiden RI sebagai dampak dari Pengaruh Figur sangat tergantung pada tiga faktor.

Pertama, besarnya dukungan rakyat terhadap Anies Baswedan sebagai calon Presiden RI pasti memberikan Pengaruh Figur yang besar pada partai politik yang mengusung Anies Baswedan pada pemilu 2024.

Kedua, besarnya keinginan rakyat untuk melakukan perubahan kepemimpinan. Semakin besar hasrat rakyat untuk melakukan perubahan, semakin besar pula dukungan kepada calon yang diusung serta partai-partai politik yang menjadi pengusung.

Melihat fenomena sosial, saya memastikan semakin besar orang yang ingin melakukan perubahan. Akan tetapi, perubahan yang kita harapkan adalah perubahan yang konstitusional melalui pemilu.

Ketiga, rakyat Indonesia, sangat ingin mengubah nasibnya dari miskin menjadi tidak miskin, dari kurang berpendidikan menjadi terdidik (well educated), dari terbelakang menjadi menjadi maju dan hebat.

Untuk mengubah nasib orang kecil, sangat banyak ditentukan pemimpin yang dipilih dalam pemilu, yang berani melakukan perubahan demi mewujudkan keadilan dan kebenaran kepada seluruh rakyat Indonesia.

Pada tataran ini, Anies Baswedan merupakan calon terbaik bangsa Indonesia untuk dipilih menjadi calon Presiden RI 2024 karena rekam jejak (track record), integritasnya, kemampuannya, kredibilitasnya, dan keberhasilannya dalam membangun Jakarta.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya khususnya rakyat, bangsa dan negara kita.

Baca Juga

Pemilu

Sudah puluhan kali Presidential Threshold (PT) digugat ke Mahkamah Konstitusi (PK), tetapi baru kali ini PKS sebagai partai politik yang dianggap memiliki legal standing...

Politik

Presiden PKS Ahmad Syaikhu: bangsa Indonesia membutuhkan politik kolaborasi, bukan segregasi apalagi polarisasi. Politik yang menjadikan keutuhan bangsa dan negara di atas kepentingan individu,...

Politik

Saya sangat prihatin terjadinya demonstrasi di berbagai tempat yang menuntut Suharso Monoarfa, mundur sebagai Ketua Umum PPP.

Pemilu

PKS memandang, Partai Nasdem dan Surya Paloh memiliki semangat untuk merestorasi Indonesia. Restorasi untuk kembali kepada jati diri bangsa Indonesia, sebagaimana dicita-citakan para pendiri...

Pemilu

Megawati menegaskan, ia diberi hak prerogatif oleh partai untuk menentukan siapa calon presiden yang diusung di 2024. Maka itu, ia tak mau ada kader...

Pendidikan

Anggota DPR RI Elnino Husein Mohi dalam kuliah umumnya yang bertema Konstitusi, Opini Deparpolitisasi dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia mengatakan bahwa konstitusi tertinggi...

Pemilu

Partai NasDem merupakan satu-satunya partai politik yang lebih awal mengumumkan calon Presiden RI Pemilu 2024. Pertanyaannya, mengapa Partai NasDem memilih mengumumkan lebih dahulu calon...

Pemilu

Pada Rakernas Nasdem nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat diteriaki Presiden saat beberapa DPW membacakan rekomendasi mereka.