Connect with us

Surya Paloh (Ketum Nasdem), Zulkifli Hasan (Ketum PAN), H.Suharso Monoarfa (Ketum PPP)

Opini

Nasdem, PAN dan PPP Jika Mengusung Anies 2024 Pasti Peroleh Pengaruh Figur Pemilu Legislatif

Nasdem, PAN dan PPP jika mengusung Anies Baswedan menjadi calon Presiden RI 2024, maka dipastikan partai-partai politik yang mengusungnya akan memperoleh Pengaruh Figur dalam pemilu legislatif 2024 yaitu peningkatan dukungan suara kepada partai-partai politik yang mengusung, sehingga tidak terlempar dari Senayan Jakarta karena tidak mencapai parliamentary threshold 4 persen.

Dalam praktek demokrasi di Indonesia, partai pengusung calon Presiden RI, selalu mendapatkan “Pengaruh Figur”

Nasdem, PAN dan PPP jika mengusung Anies Baswedan menjadi calon Presiden RI 2024, maka dipastikan partai-partai politik yang mengusungnya akan memperoleh Pengaruh Figur dalam pemilu legislatif 2024 yaitu peningkatan dukungan suara kepada partai-partai politik yang mengusung, sehingga tidak terlempar dari Senayan Jakarta karena tidak mencapai parliamentary threshold 4 persen.

Sebagai contoh, Partai Demokrat yang mencalonkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi calon Presiden RI yang berpasangan dengan Muhammad Jusuf Kalla, dan pada periode ke-2, SBY berpasangan dengan Budiono, memperoleh “Pengaruh Figur” yang luar biasa.

Partai Demokrat yang didirikan pada 9 September 2001, kemudian disahkan 27 Agustus 2003 dan menjadi peserta pemilu, 2004, memperoleh 57 kursi di DPR RI. Dengan bermodalkan dukungan suara 57 kursi di DPR RI, Partai Demokrat di dukung beberapa partai politik, SBY yang berpasangan Muhammad Jusuf Kalla, dicalonkan diri menjadi Presiden dan Muhammad Jusuf Kalla menjadi Wakil Presiden RI dan menang dalam pemilu Presiden RI mengalahkan Megawati Soekarnoputri, calon Presiden RI incumbent yang dicalonkan PDI Perjuangan yang berpasangan dengan Hasyim Muzadi sebagai calon Wakil Presiden RI.

Pengaruh Figur terhadap Partai Demokrat memberi pengaruh besar pada pemilu legislatif 2009, Partai Demokrat itu menjadi pemenang pemilu legislatif dengan memperoleh 150 kursi di DPR RI.

Selain Pengaruh Figur yang dialami Partai Demokrat karena mencalonkan SBY menjadi calon Presiden RI, juga dialami PDI Perjuangan setelah mencalonkan Joko Widodo menjadi calon Presiden RI pada 14 Maret 2014.

Hasilnya pemilihan Presiden 2014 dimenangkan pasangan Joko Widodo sebagai calon Presiden dengan Muhammad Jusuf Kalla, sebagai Wakil Presiden RI dengan perolehan kursi sebanyak 128.

Nasdem, PAN dan PPP Jika Mengusung Anies 2024

Berdasarkan pengalaman sejarah, jika Nasdem, PAN dan PPP bisa mengusung Anies Baswedan dan partai-partai politik lain sehingga menjadi calon Presiden RI dipastikan mendapat Pengaruh Figur dalam perolehan suara partai-partai politik di legislatif.

Besar kecilnya perolehan dukungan suara rakyat kepada partai politik pengusung calon Presiden RI sebagai dampak dari Pengaruh Figur sangat tergantung pada tiga faktor.

Pertama, besarnya dukungan rakyat terhadap Anies Baswedan sebagai calon Presiden RI pasti memberikan Pengaruh Figur yang besar pada partai politik yang mengusung Anies Baswedan pada pemilu 2024.

Kedua, besarnya keinginan rakyat untuk melakukan perubahan kepemimpinan. Semakin besar hasrat rakyat untuk melakukan perubahan, semakin besar pula dukungan kepada calon yang diusung serta partai-partai politik yang menjadi pengusung.

Melihat fenomena sosial, saya memastikan semakin besar orang yang ingin melakukan perubahan. Akan tetapi, perubahan yang kita harapkan adalah perubahan yang konstitusional melalui pemilu.

Ketiga, rakyat Indonesia, sangat ingin mengubah nasibnya dari miskin menjadi tidak miskin, dari kurang berpendidikan menjadi terdidik (well educated), dari terbelakang menjadi menjadi maju dan hebat.

Untuk mengubah nasib orang kecil, sangat banyak ditentukan pemimpin yang dipilih dalam pemilu, yang berani melakukan perubahan demi mewujudkan keadilan dan kebenaran kepada seluruh rakyat Indonesia.

Pada tataran ini, Anies Baswedan merupakan calon terbaik bangsa Indonesia untuk dipilih menjadi calon Presiden RI 2024 karena rekam jejak (track record), integritasnya, kemampuannya, kredibilitasnya, dan keberhasilannya dalam membangun Jakarta.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membacanya khususnya rakyat, bangsa dan negara kita.

Baca Juga

Politik

Kunci untuk mewujudkan duet AH dengan AHY dalam pemilihan Presiden RI dan Wakil Presiden 2024 adalah elektabilitas.

Opini

Amien Rais dalam usia yang tidak lagi muda, harus diapresiasi dan didoakan agar tetap sehat dan bersemangat melanjutkan perjuangan. Pak Amien baru satu kali...

Politik

Sekarang ini banyak sekali lembaga riset yang bermunculan. Motifnya tidak lain dan tidak bukan untuk mencari uang. Salah satu bidang yang banyak di survei...

Politik

Saya setuju pendapat HM. Jusuf Kalla, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI yang menyoroti maraknya perbedaan pendapat di masyarakat yang berujung timbulnya gesekan hingga...

Politik

Berbagai lembaga survei telah mengeluarkan hasil survei mereka tentang partai politik. Salah satu partai politik yang di survei ialah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Politik

Luar biasa!!! Tidak pernah dalam sejarah Indonesia, para tokoh politik dan Warga Negara Indonesia (WNI) dari berbagai penjuru dunia ikut menggugat presidential threshold 20...

Politik

Untuk hapus Presidential Threshold secara total tidaklah mudah, karena Presidential Threshold merupakan agenda partai-partai politik yang lolos di Senayan.

Politik

Pada 14 April 2021 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaksanakan silaturrahim sekaligus buka puasa bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dihadiri pimpinan kedua...