Connect with us

Pelantikan dpw partai ummat provinsi aceh (7/2/2022) - youtube Partai Ummat Aceh

Opini

Amien Rais, Partai Ummat dan Dukungan Masyarakat

Amien Rais dalam usia yang tidak lagi muda, harus diapresiasi dan didoakan agar tetap sehat dan bersemangat melanjutkan perjuangan. Pak Amien baru satu kali saya bertemu tatap muka, tetapi saya menilai sebagai salah satu makhluk Allah yang hebat. Setidaknya ada lima alasan saya menilai Pak Amien hebat.

Amien Rais dalam usia yang tidak lagi muda, harus diapresiasi dan didoakan agar tetap sehat dan bersemangat melanjutkan perjuangan.

Pak Amien baru satu kali saya bertemu tatap muka, tetapi saya menilai sebagai salah satu makhluk Allah yang hebat. Setidaknya ada lima alasan saya menilai Pak Amien hebat.

Pertama, ketaatan beragama. Pak Amien sangat taat mengamalkan ajaran agama yang bersifat vertikal, seperti shalat, puasa dan sebagainnya. Pak Amien sudah puluhan tahun mengamalkan puasa Nabi Daud yaitu satu hari puasa satu tidak. Pak Amien tidak hanya puasa Senin Kamis seperti yang sudah banyak dilakukan Umat Islam, tetapi satu hari puasa satu tidak.

Kedua, sangat peduli orang-orang yang lemah. Hubungan horizontal dengan manusia, Pak Amien wujudkan dengan banyak membantu orang-orang lemah (musthadh’afiin).

Ketiga, Pak Amien sangat percaya demokrasi. Sebagai pakar politik internasional yang belajar di negara adidaya, dan bapak reformasi, wajar jika percaya 100 persen demokrasi bahwa kekuasaan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat. Pak Amien memilih mendirikan partai politik dan bertanding dalam pemilu untuk menjadi Presiden ketimbang menerima tawaran Presiden BJ Habibie untuk menjadi Presiden RI.

Keempat, Pak Amien memiliki suatu gagasan kemudian berusaha mewujudkannya. Sebagai contoh, Pak Amien menggagas pendirian Partai Ummat. Dia melaksanakan gagasan itu dengan mengajak teman-teman untuk berkolaborasi mewujudkannya.

Kelima, Pak Amien rela dan nampak senang berkeliling di berbagai daerah di Indonesia bersama Ketua Umum Partai Ummat untuk melantik pengurus Partai Ummat. Itu dilakukan dengan penuh semangat. Pekan lalu misalnya. Pak Amien menghadiri sejumlah acara di wilayah Sumatera seperti Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Riau. Acara tersebut berkaitan erat dengan pelantikan pengurus Partai Ummat.

Partai Ummat Terus Bergerak

Tiap hari saya mengikuti informasi kegiatan Partai Ummat di berbagai daerah yang dipublikasikan di media sosial.

Saya harus menyatakan kagum dan menganggap hebat sebab sampai saat ini tidak ada partai baru maupun lama yang sangat agresif melakukan kegiatan di berbagai daerah seperti Partai Ummat. Hebatnya lagi, Pak Amien sebagai pendiri dan Ketua Majelis Syura Partai Ummat ikut turun gunung dalam pelantikan pengurus wilayah dan daerah Partai Ummat.

Oleh karena Pak Amien adalah politisi senior yang namanya sangat “beken,” maka media lokal sangat antusias memberitakan kegiatan Pak Amien dan Partai Ummat di berbagai daerah yang kemudian terkoneksi dengan media sosial dan media nasional.

Kegiatan Ketua Umum Partai Ummat dan Pak Amien sebagai Ketua Majelis Syura Partai Ummat, baru wilayah Sumatera, Banten dan Jateng, belum Jawa Barat, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, Kalimantan.

Berbagai kegiatan Partai Ummat sampai saat ini yang diberitakan di media sosial secara terus-menerus telah menciptakan opini positif. Akan lebih masif lagi, jika sosialisasinya sampai kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Dukungan Masyarakat Besar

Dukungan masyarakat terhadap Partai Ummat sangat dipengaruhi dua hal. Pertama, Pak Amien sebagai bapak Reformasi Indonesia yang berani dan konsisten menyuarakan kebenaran dan keadilan.

Kedua, opini yang dibangun Partai Ummat dalam berbagai kegiatan sejak didirikan, dan segala macam kegiatan termasuk kegiatan pelantikan pengurus wilayah dan pidato politik Ketua Umum Partai Ummat yang dipublikasikan ke publik melalui media media sosial dalam merespon berbagai persoalan sosial, politik, ekonomi, pertahanan keamanan dalam negeri dan isu-isu global terkini sangat bermanfaat dalam menarik dukungan publik.

Menurut saya yang banyak mengamati persoalan sosial dalam arti yang luas, Partai Ummat adalah partai yang konsisten menyuarakan perlawanan terhadap kezaliman dan ketidakadilan.
Isu-isu yang dikemukakan ke publik, banyak dirasakan masyarakat luas. Namun mereka tidak berdaya melawan kezaliman dan ketidakadilan karena tidak mempunyai kekuasaan politik.

Oleh karena itu, saya yakin seyakin-yakinnya bahwa Partai Ummat telah dan akan mendapat dukungan dan sokongan yang kuat dan luas dari masyarakat. Indikator Partai Ummat mendapat dukungan yang besar dari masyarakat.

Pertama, Partai Ummat bisa memperoleh pengesahan menjadi badan hukum. Pada hal untuk mendapatkan pengesahan dari pemerintah menjadi badan hukum sesuai UU No. 2 Tahun 2008 Jo. UU No. 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik sangat berat. Misalnya:
harus memiliki Akta notaris pendirian partai politik; dan nama, lambang, atau tanda gambar yang tidak mempunyai persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan nama, lambang, atau tanda gambar yang telah dipakai secara sah oleh Partai Politik lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kedua, harus memiliki kepengurusan pada setiap provinsi dan paling sedikit 75% dari jumlah kabupaten/kota pada provinsi yang bersangkutan dan paling sedikit 50% dari jumlah kecamatan pada kabupaten/kota yang bersangkutan.

Persyaratan ini sangat berat diwujudkan, karena Pak Amien dan Partai Ummat tidak memiliki dana yang besar. Akan tetapi, berkat kolaborasi dan dukungan yang besar dari masyarakat di berbagai daerah persyaratan tersebut bisa dipenuhi.

Ketiga, untuk disahkan menjadi badan hukum harus memiliki kantor tetap pada tingkatan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sampai tahapan terakhir pemilihan umum. Persyaratan ini juga sangat berat, tetapi besarnya dukungan dari berbagai daerah seluruh Indonesia, Partai Ummat bisa menyediakan kantor dan memperoleh pengesahan dari pemerintah sebagai badan hukum.

Keempat, kerja keras yang dilakukan pengurus Partai Ummat di pusat dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi sangat efektif dalam menarik dukungan dan sokongan masyarakat terhadap Partai Ummat.

Kelima, masyarakat Indonesia sebagian besar masih bercorak “paternalistik” sehingga selalu melihat siapa tokoh sentral di partai tersebut. Alhamdulillah Partai Ummat didirikan Prof Dr Muhammad Amien Rais yang sering dipanggil Pak Amien merupakan simbol Partai Ummat dan Ketua Majelis Syura Partai Ummat.

Akhirnya, kerja keras sambil berdoa dalam konsolidasi organisasi dan konsolidasi program, Partai Ummat diharapkan meraih dukungan dan sokongan masyarakat luas dan besar dalam pemilu 2024.

Baca Juga

Pemilu

Sudah puluhan kali Presidential Threshold (PT) digugat ke Mahkamah Konstitusi (PK), tetapi baru kali ini PKS sebagai partai politik yang dianggap memiliki legal standing...

Politik

Presiden PKS Ahmad Syaikhu: bangsa Indonesia membutuhkan politik kolaborasi, bukan segregasi apalagi polarisasi. Politik yang menjadikan keutuhan bangsa dan negara di atas kepentingan individu,...

Politik

Saya sangat prihatin terjadinya demonstrasi di berbagai tempat yang menuntut Suharso Monoarfa, mundur sebagai Ketua Umum PPP.

Pemilu

Megawati menegaskan, ia diberi hak prerogatif oleh partai untuk menentukan siapa calon presiden yang diusung di 2024. Maka itu, ia tak mau ada kader...

Pendidikan

Anggota DPR RI Elnino Husein Mohi dalam kuliah umumnya yang bertema Konstitusi, Opini Deparpolitisasi dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia mengatakan bahwa konstitusi tertinggi...

Pemilu

Partai NasDem merupakan satu-satunya partai politik yang lebih awal mengumumkan calon Presiden RI Pemilu 2024. Pertanyaannya, mengapa Partai NasDem memilih mengumumkan lebih dahulu calon...

Pemilu

Pada Rakernas Nasdem nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat diteriaki Presiden saat beberapa DPW membacakan rekomendasi mereka.

DKI Jakarta

Para relawan Anies Baswedan yang dibentuk berdasarkan inisiatif masing-masing, mereka telah menyuarakan jargon jangan pilih partai politik yang tidak dukung Anies.