Connect with us

Dalam bus TransJakarta rute Pinang Ranti - Pluit (10/2/2022) - IG potretjakarta2

DKI Jakarta

Transjakarta Bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Untuk Keselamatan Operasional

Pelaksanaan rekomendasi KNKT tersebut mesti dilaksanakan manajemen Transjakarta. Begitu pula operator berbagai kendaraan yang telah berintegrasi di dalam manajemen Transjakarta di bawah bendera Jak Lingko.

Setiap kita membaca berita di media, menonton TV dan You Tube, jika ada kecelakaan Transjakarta, hati selalu pilu dan merasa prihatin.

Mengapa timbul perasaan pilu, sedih dan prihatin? Setidaknya ada lima alasan.

Pertama, sudah merasa memiliki Transjakarta karena setiap hari melayani warga Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari, sehingga dapat dikatakan Transjakarta sangat berjasa dalam melayani warga Jakarta pada khususnya.

Kedua, merasa ikut bertanggungjawab terhadap keselamatan operasional Transjakarta. Hal tersebut merupakan wujudkan dari rasa memiliki Transjakarta.

Ketiga, merasa bangga memiliki Transjakarta sebagai moda transportasi yang moderen, maju dan mendapat pengakuan dari dunia internasional.

Keempat, merasa nyaman dan aman naik Transjakarta karena full AC., bersih, murah, tidak ada pencopet dan peminta-minta.

Kelima, Transjakarta sudah terintegrasi dengan moda transportasi yang lain, sehingga sangat memudahkan para pengguna Transjakarta.

Kelima hal yang dikemukakan di atas, membuat kita miris, sedih, dan prihatin jika ada masalah Transjakarta yang diberitakan media.

Mempertahankan Prestasi

Seluruh kebaikan dan prestasi yang ditorehkan Transjakarta akan segera sirna jika ada masalah operasional Transjakarta.

Itulah yang sering dialami Transjakarta, sehingga berlaku pepatah “Karena nila setitik rusak susu sebelanga.” Kebaikan yang dilakukan Direksi, karyawan, operator dan pramudi (driver) bertahun-tahun lamanya segera dilupakan, yang mengemuka dan menjadi wacana publik adalah kejelekan jika ada kecelakaan Transjakarta.

Oleh karena itu, pembenahan manajemen dan pembinaan sumber daya manusia terutama para pramudi (driver) yang berada di front line dalam melayani masyarakat pengguna Transjakarta harus terus-menerus dilakukan.

Berbagai prestasi yang telah dicapai sehingga Jakarta meraih penghargaan berskala dunia di bidang Transportasi Berkelanjutan 2021 berdasarkan penilaian dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) merupakan jasa dan prestasi dari Transjakarta.

Sebelumnya, Komite Sustainable Award (STA) menganugerahkan Jakarta sebagai “Honorable Mention” diajang Sustainable Transport Award 2020 di Washington DC, Amerika Serikat, pada 14 Januari 2020 lalu.

Prestasi berkelanjutan yang diraih, suka tidak suka dan mau tidak mau harus dipertahankan. Merupakan tugas mulia mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah dicapai.

Jalankan Rekomendasi KNKT

Dalam upaya meningkatkan pelayanan warga Jakarta dan sekitarnya serta mewujudkan keselamatan operasional Transjakarta, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah diundang oleh manajemen PT Transjakarta untuk melakukan evaluasi keselamatan operasional Transjakarta.

Setidaknya ada empat rekomendasi yang diberikan KNKT kepada Transjakarta dalam evaluasi keselamatan operasional Transjakarta.

Pertama, menghapus apel pagi bagi para pengemudi pada pukul 03.00 WIB. Apel pagi harus dihapus agar pengemudi yang mendapat shift pertama tidak kelelahan.

Sebagaimana diketahui, para pengemudi Transjakarta sebelum mulai bekerja, harus mengikuti apel yang dilaksanakan pada pukul 03.00 WIB selama 15-30 menit.

“Harus ada special treatment agar masalah fatigue (kelelahan) tidak menjadi hazard (bahaya),” kata Soerjanto saat dikonfirmasi, Jumat (11/2/2022).

Menurut dia, para pengemudi transjakarta yang bekerja pada shift pertama berpotensi kelelahan dan kurang konsentrasi apabila mereka kurang tidur atau waktu istirahat. Hal tersebut harus diperhatikan agar para pengemudi tetap bisa bekerja optimal.

Kedua, melakukan mitigasi untuk meningkatkan keselamatan. “Transjakarta sudah melakukan mitigasi dengan memberikan pengemudi langsir (pengganti) sehingga pengemudi utama bisa beristirahat sejenak.

Ketiga, menyediakan tempat istirahat dan pengemudi cadangan jika pengemudi utama tidak fit untuk melakukan tugas. Tujuannya agar para pengemudi tidak memaksakan diri apabila merasa sedang tidak sehat.

Keempat, kelaikan armada, kesiapan awak, keselamatan penumpang di dalam bus dan halte, pengendalian lintasan, serta penanganan keadaan darurat.

Pelaksanaan rekomendasi KNKT tersebut mesti dilaksanakan manajemen Transjakarta. Begitu pula operator berbagai kendaraan yang telah berintegrasi di dalam manajemen Transjakarta di bawah bendera Jak Lingko.

Pelaksanaan dan pengawasan rekomendasi KNKT memerlukan waktu yang panjang untuk dilaksanakan bersama dengan penuh tanggung jawab dalam rangka memberikan layanan yang prima kepada warga Jakarta dan sekitarnya yang setia menggunakan Transjakarta serta dalam upaya mewujudkan keselamatan operasional Transjakarta secara berkelanjutan.

Baca Juga

DKI Jakarta

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover...

DKI Jakarta

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris....

DKI Jakarta

Untuk mencegah kemacetan yang parah seperti di masa lalu, maka kolaborasi dan partisipasi warga Jakarta amat diperlukan. Contoh kolaborasi dan partisipasi warga Jakarta, adalah...

DKI Jakarta

Anies Baswedan: Kami di Jakarta menyambut ini sebagai sebuah kesempatan untuk kita mempercepat untuk Jakarta menjadi salah satu pusat kota global dunia. Dan kota...

DKI Jakarta

Menurut Anies pengoperasian bus listrik merupakan solusi untuk mengatasi dua masalah Jakarta, yaitu mengurangi polusi udara dan kemacetan. Komitmen Anies mengatasi polusi udara dan...

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengganti separuh armada bus Transjakarta menjadi kendaraan listrik pada 2025 mendatang.

DKI Jakarta

Peristiwa heroik driver Transjakarta Khaerun telah viral di media sosial. Sebagaimana diberitakan bahwa Khaerun menghentikan bus Transjakarta yang dikemudikan, setelah melihat seorang gadis berdiri...

DKI Jakarta

Masih banyak pengendara mobil maupun sepeda motor yang suka melintas jalur bus Transjakarta. Padahal jalur bus Transjakarta merupakan jalur yang dibuat khusus dan mesti...