Connect with us

PT Jakpro (Perseroda) mengungkapkan selesainya proses tender sirkuit Jakarta E-Prix 2022 (5/2/2022) - IG jakprogroup

DKI Jakarta

Formula E Sebagai Upaya Untuk Sehatkan dan Pulihkan Ekonomi Jakarta

Menurut saya, sejak pembangunan area balap mobil Formula E sudah memberi dampak positif terbukanya lapangan kerja sampai pada saat pelaksanaan Formula. Selain itu, Jakarta akan memperoleh peningkatan pendapatan pajak.

Upaya untuk menggagalkan balap mobil listrik Formula E yang digagas Gubernur Anies terus ko dilakukan oleh mereka yang memposisikan diri sebagai musuh Anies Baswedan.

Pada hal Anies tidak pernah menyatakan bahwa mereka adalah musuhnya. Anies hanya berusaha keras mewujudkan semua janji politiknya dalam kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 serta membangun Jakarta dengan slogan “Maju Kotanya Bahagia Warganya.”

Berbagai isu negatif dilontarkan dan dipublikasikan di media sosial untuk membangun persepsi negatif terhadap Anies. Persepsi negatif disebarluaskan kepada warga Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia seperti tulisan di media sosial dengan judul “Formula E Jakarta dianggap Hamburkan Uang Rakyat.” Ditulis pula di media sosial dengan tajuk “Formula E Jadi Ajang Menjarah Uang Rakyat.” Formula E 2021 Sudah Habiskan Dana Pemprov DKI Lebih dari Rp 1,1 Triliun.

Selain itu, lembaga survei juga dibiayai untuk melakukan survei. Salah satu hasil survei yang dipublikasikan di media sosial dengan judul “Hasil Survei: Masyarakat Percaya Ada Pencurian Uang Rakyat di Formula E.”

Isu Negatif Terhadap Formula E

Balap mobil listrik Formula E merupakan program yang dicanangkan Anies untuk dilaksanakan pada 2020. Semula Formula E mau dilaksanakan di Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Akan tetapi, berdasarkan pertimbangan keamanan, tidak mendapatkan izin.

Untuk bisa mewujudkan event internasional Formula E di Jakarta, maka akhirnya ditetapkan lokasinya di area Taman Impian Ancol Jakarta.

Formula E ini tidak mulus dilaksanakan. Adapun alasannya, pertama, Jakarta dan Indonesia pada umumnya dilanda Covid-19 sejak awal 2020, sehingga Formula E ditunda pelaksanaannya.

Kedua, tidak mendapatkan izin untuk dilaksanakan di Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Ketiga, ada upaya keras untuk menggagalkan pelaksanaan Formula E dengan mengintrodusir berbagai macam isu negatif seperti menghamburkan uang rakyat, survei dilakukan dengan hasil survei: ada pencurian uang rakyat di Formula E.

Berbagai macam isu negatif terhadap Formula E terus dilakukan. Isu paling mutakhir di khotomi antara biaya Formula E yang sangat besar dengan nasib rakyat jelata.

Promosi Jakarta dan Pemulihan Ekonomi

Pada mulanya isu balap mobil listrik Formula E, diprogramkan untuk mempopulerkan Jakarta di manca negara melalui balap mobil listrik.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan balap mobil Formula E pada awalnya, pertama, mempromosikan Jakarta di manca negara. Melalui promosi diharapkan investasi semakin banyak masuk ke Jakarta.

Kedua, melalui Formula E ingin menghadirkan wisatawan manca negara di Jakarta sebanyak-banyaknya.

Setelah Jakarta dan Indonesia mengalami pandemi Covid-19, ekonomi Jakarta pada khususnya mengalami keterpurukan yang dalam.

Ketiga, bisa mempercepat pemulihan ekonomi melalui kegiatan balap mobil Formula E karena para pembalap manca negara datang ke Jakarta.

Keempat, bisa mendorong kebangkitan kembali ekonomi Jakarta dengan kedatangan para pembalap Formula E dan para wisatawan (pelancong) pada saat acara balap mobil atau sesudahnya.

Kelima, pada saat pelaksanaan Formula E, bangsa Indonesia banyak yang terdorong datang ke Jakarta atau setidak-tidaknya ikut mempromosikan pelaksanaan Formula E sehingga memberi dampak positif bagi kebangkitan dan pertumbuhan ekonomi Jakarta dan Indonesia pada umumnya.

Memberi Dampak Positif

Dengan pelaksanaan Formula E, walaupun yang hadir menonton pelaksanaan balap mobil Formula E mungkin tidak ada rakyat kecil, tetapi dampak positifnya diyakini akan memberi manfaat ekonomi secara langsung maupun tidak langsung.

Kegiatan Formula E tidak hanya dilihat balap mobilnya, tetapi nilai promosinya ke seluruh dunia. Pertama, Jakarta dan Indonesia aman. Dampaknya sangat besar. Masyarakat di berbagai negara di dunia, akan datang ke Jakarta karena aman.

Kedua, Jakarta kota yang menyenangkan. Banyak taman dan pepohonan yang indah dipandang mata serta tempat berwisata yang banyak mengandung sejarah.

Ketiga, masyarakat kota Jakarta ramah. Melalui balap mobil Formula E kondisi masyarakat akan terinformasikan ke seluruh dunia.

Keempat, kegiatan balap mobil Formula pasti membuka lapangan kerja. Hotel memerlukan tenaga kerja untuk melayani para tamu dari manca negara serta dari negeri.

Kelima, di lapangan tempat pelaksanaan kegiatan Formula E pasti memerlukan tenaga kerja untuk membantu kelancaran balap mobil Formula E.

Keenam, para tamu dari manca negara dan dari dalam negeri perlu akomodasi dan konsumsi. Hotel akan penuh diisi para tamu serta kebutuhan makan, minum dan beli oleh-oleh.

Dengan demikian secara langsung dan tidak langsung akan memberi kontribusi bagi kebangkitan dan pemulihan ekonomi. Selain itu, ekonomi rakyat pasti mendapatkan manfaat secara langsung atau langsung karena ekonomi akan berputar kencang.

Menurut saya, sejak pembangunan area balap mobil Formula E sudah memberi dampak positif terbukanya lapangan kerja sampai pada saat pelaksanaan Formula. Selain itu, Jakarta akan memperoleh peningkatan pendapatan pajak.

Jika Jakarta sudah kembali pulih ekonominya pasca Covid-19, maka Pendapatan Asli Daerah akan meningkat dan Gubernur serta akan semakin meningkat kepedulian terhadap rakyat jelata.

Dengan demikian, salah besar kalau Gubernur Anies dikatakan menghamburkan uang rakyat untuk program yang tidak jelas manfaatnya bagi warga. Anies adalah Gubernur yang selalu membuat program berdasarkan konsep, narasi yang diperhitungkan untung ruginya sebagai investasi yang langsung memberi manfaat bagi rakyat atau investasi jangka menengah dan panjang.

Balap Mobil Formula E walaupun sudah ada Organizing Committee (OC) dan Steering Committee (SC), Anies sebagai Gubernur tetap bertanggung jawab dan pasti tidak akan cuci tangan.

Saatnya kita bersatu untuk menyukseskan pelaksanaan Formula E dan sebaiknya kegiatan ini tidak di bawah ke area politik untuk kepentingan menjatuhkan orang lain dengan memanfaatkan KPK untuk menghabisi yang dianggap lawan politik.

Mari kita bekerja bersama membangun Jakarta dan Indonesia agar segera bangkit dan maju ditengah ancaman pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Insya Allah bersama kita kita bisa.

Baca Juga

Pemilu

DKI Jakarta sebagai ibukota negara dan ibukota pemerintahan, merupakan pusat kemajuan dan pusat pemberitaan media. Kalau seorang gubernur yang cerdas memiliki visi dan misi...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...

Covid-19

Mengawali Tahun 2023, Yayasan Lembaga Pemberdayaan Sosial dan Demokrasi telah memilih tema diskusi panel Membedah Dugaan Korupsi Bansos DKI Jakarta 2020 yang Berlangsung di...

Pemilu

Pasca Partai Demokrat mengumumkan dukungan resmi kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, partai Demokrat dan para tokohnya sebaiknya semakin aktif meningkatkan elektabilitas...

Opini

Di sela-sela safari politik Anies Baswedan yang difasilitasi Partai Nasdem, Anies mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang tengah merayakan Tahun...

Pemilu

Nama Anies semakin populer di dalam negeri dan luar negeri. Semakin dikenal luasnya Anies Baswedan di masyarakat di dalam dan luar  negeri,  tidak terlepas dari  prestasi...

Opini

Partai Nasdem adalah partai pelopor dalam menjadikan Jokowi dua periode menjadi Presiden RI. Sejak periode pertama dan kedua, Partai Nasdem berada di garda terdepan dan...

Lainnya

Anies Baswedan, bakal calon Presiden RI bersama Partai Nasdem menggelar Natal Nasional Tahun 2022 di Auditorium Universitas Cenderawasih Kota Jayapura, Papua, Kamis 8 Desember...