Connect with us

peringatan isra mi-raj uic jakarta 2022 - twitter musniumar

Pendidikan

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW: Universitas Ibnu Chaldun Harus Bercita-cita Besar

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW secara virtual ini dilaksanakan Pusat Pengkajian Islam dan Humas Universitas Ibnu Chaldun dengan tema Dengan Isra Mi’raj Kita Meneladani Nabi Muhammad SAW.

Universitas Ibnu Chaldun sebagai Universitas Islam tertua di Jakarta, dalam rangka belajar, mencontoh dan meneladani Nabi Muhammad SAW, kembali memperingati Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW (4/3/2022). Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW secara virtual ini dilaksanakan Pusat Pengkajian Islam dan Humas Universitas Ibnu Chaldun dengan tema “Dengan Isra Mi’raj Kita Meneladani Nabi Muhammad SAW.”

Pada kesempatan tersebut Dr Edy Haryanto, Ketua Umum Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC) dan Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun menyampaikan sambutan.

Dr. Rusdi Hamka Lubis, SEI, M,Si, Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun yang menjadi narasumber mengemukakan bahwa Universitas Ibnu Chaldun harus mempunyai cita-cita yang tinggi dan besar di masa depan.

Universitas Ibnu Chaldun dalam usia 66 tahun telah menorehkan berbagai prestasi saat ini, sehingga lebih baik dan lebih maju dari tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi tidak boleh berpuas diri, karena telah terjadi kemajuan yang luar biasa berbagai universitas yang menjadi kompetitor Universitas Ibnu Chaldun.

Oleh karena itu, harus ditumbuhkan niat, semangat dan kerja keras serta kolaborasi untuk meraih berbagai perkembangan dan kemajuan, sehingga Universitas Ibnu Chaldun ke depan harus lebih hebat dan lebih maju.

Punya Impian dan Harapan Besar

Dr. Rusdi Hamka Lubis yang meraih gelar Doktor dengan yudisium Cum Laude di Pengkajian Islam Konsentrasi Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta lebih lanjut mengemukakan bahwa manusia hidup dalam 3 dimensi yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa depan.

Universitas Ibnu Chaldun harus mempunyai harapan, impian dan cita-cita yang tinggi di masa depan. Hanya mereka yang mempunyai cita-cita tinggi yang bisa meraih capaian yang besar.

Menurut dia, setiap waktu ada hikmahnya. Setiap masalah yang menimpa seorang mukmin ada hikmahnya. Dia mengutip hadis Nabi Muhammad saw.

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Hadits Shahih Muslim No. 5318 – Kitab Zuhud dan kelembutan hati
Perkara orang mu`min mengagumkan, sesungguhnya semua perihalnya baik dan itu tidak dimiliki seorang pun selain orang mu`min, bila tertimpa kesenangan, ia bersyukur dan syukur itu baik baginya dan bila tertimpa musibah, ia bersabar dan sabar itu baik baginya.

Tujuan Isra Mi’raj

Rusdi Hamka Lubis mengemukakan tujuan Isra Mi’raj ialah untuk memperlihatkan tanda-tanda kebesaran Allah,

لِنُرِيَهُ مِن آياتِنا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّميعُ البَصيرُ

Surat Al-Isra’ Ayat 1
karena sebelum Nabi Muhammad SAW diperjalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, Nabi menerima ujian berat dengan wafatnya Sitti Khadijah, isteri beliau yang amat dicintai dan amat berjasa luar biasa dalam membantu dakwahnya. Begitu pula pada tahun yang sama Ali Bin Abi Thalib, pamannya yang amat besar jasanya dalam membela dan melindungi Nabi juga wafat. Wafatnya kedua pembela, pelindung dan penolong Nabi Muhammad SAW, menyebabkan Nabi amat bersedih, sehingga tahun itu disebut ‘aamul huzni (tahun kesedihan).

Untuk menghibur, membesarkan hati, memberi semangat dan keyakinan, Nabi Muhammad SAW di Israakan dan dimi’rajkan oleh Allah sampai ke Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah Rabbul ‘Alamiin.

Perintah Shalat 5 Waktu

Semua perintah dalam Alqur’an diterima Nabi Muhammad SAW melalui wahyu yang disampaikan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Satu-satu perintah dari Allah yang langsung diterima oleh Nabi Muhammad SAW ialah perintah Shalat.

Semula perintah Shalat 50 waktu, tetapi saran Nabi Musa yang bertemu Nabi Muhammad SAW di langit ke-6, agar Nabi Muhammad SAW kembali menghadap Allah meminta keringanan karena umatmu tidak mampu melaksanakan perintah shalat 50 waktu. Setelah dua kali Nabi Muhammad SAW menghadap kepada Allah akhirnya shalat ditetapkan 5 waktu yang pahalanya sama dengan shalat 50 waktu.

Shalat lima waktu yang langsung diterima oleh Nabi Muhammad SAW dari Allah, merupakan indikator bahwa shalat amat penting dilaksanakan. Itu sebabnya dalam Islam, shalat disebut Nabi Muhammad dalam sabdanya “sebagai tiang agama. Siapa yang menunaikan shalat, maka sudah menegakkan agama. Siapa yang meninggalkan shalat, maka telah meruntuhkan agama.”

Shalat lima waktu mempunyai hikmah yang besar bagi mereka yang mengamalkannya, mampu mencegah dari berbuat keji dan mungkar, bisa membentuk umat yang disiplin karena shalat wajib dilaksanakan waktu yang telah ditetapkan.

Selain itu, shalat bisa membentuk umat yang bersih karena sebelum shalat harus berwudhu dengan mencuci kedua belah tangan, mencuci mulut, hidung, muka, mencuci atau membasuh kedua belah tangan sampai di lengan, mencuci telinga dan kedua kaki sampai mata kaki.

Di samping itu, shalat bisa membentuk umat menjadi tangguh, karena tidak hanya mengandalkan kemampuan otot dan akal pikiran, tetapi juga Allah sebagai penolong dan pelindung. Juga shalat bisa menumbulkan kesabaran bagi umat yang dengan sabar, tekun dan disiplin menjalankan shalat.

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Universitas Ibnu Chaldun dihadiri Dr. Edy Haryanto, Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC), Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC), para wakil rektor, para dekan, wakil dekan, kepala program studi, pada dosen, karyawan, pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun, pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas serta mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun.

Berikut foto-foto kegiatan


Kaspudin Nor, SH., M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni


Dr Rusdi Hamka Lubis


Dr Edy Haryanto, Ketua YPPIC

Baca Juga

Pendidikan

Apa yang saya lakukan, akhirnya memberi dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun. Karena melalui bantuan beasiswa tersebut saya lobby ke mana-mana,...

Pendidikan

Bersama Fahira Idris, Anggota DPD RI, Hiapolo Filantropi Indonesia dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun FISIP UIC melaksanakan bakti sosial...

Pendidikan

egiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Fakultas Farmasi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun berkolaborasi dengan PT Kalbe Farma dan PT Alfa Midi dibuka...

Pendidikan

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun menggelar mimbar demokrasi di UIC. Diundang Ketua yayasan, rektor, para wakil rektor, para dekan, dosen dan para pimpinan...

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun saat memberi sambutan untuk melepas mahasiswa (i) Fakultas Ekonomi yang mau melakukan abdi masyarakat yang disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN)...

Pendidikan

Bersamaan dengan pelantikan pengurus pusat MAPORINA masa bakti 202102026, pengukuhan pengurus wilayah seluruh Indonesia yang dilakukan secara daring serta peringatan Ulang Tahun MAPORINA ke-22

Pendidikan

Pada 22 Januari 2022, Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun melepas mahasiswa (i) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun yang akan melakukan Kuliah Kerja...

Pendidikan

Kaspudin Nor, komisioner Kejaksaan Agung 2011-2016 mengemukakan pentingnya membangun budaya hukum. Budaya hukum bisa dibangun mulai dari kampus, dikemukakan dalam Seminar UIC Jakarta (30/12/2021).