Connect with us

Pertemuan produktif dengan Menteri Perdagangan Internasional Inggris, Rt Hon. Anne-Marrie Trevelyan (24/2/2022) - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Menjadikan Jakarta Kota Global Dunia Dengan Transportasi Canggih: Tantangan Konflik Ukraina dan Global

Anies Baswedan: Kami di Jakarta menyambut ini sebagai sebuah kesempatan untuk kita mempercepat untuk Jakarta menjadi salah satu pusat kota global dunia. Dan kota global itu bukan hanya dari aspek ekonominya tetapi juga aspek budaya, aspek sosial, aspek pendidikan yang itu semua harus dikembangkan.

Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) telah membuat Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Rancangan Undang-Undang tersebut disahkan oleh DPR menjadi undang-undang Nomor 3 Tahun 2022.

Dengan disahkannya UU IKN, maka secara yuridis Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia. Ibu Kota Negara telah berpindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

Harapan Untuk Jakarta

Pertanyaannya setelah Jakarta tidak menjadi ibu kota negara republik Indonesia, mau menjadi apa?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Ritual Kendi di IKN mengatakan pemindahan ibu kota baru, momentum untuk mempercepat Jakarta menjadi salah satu pusat kota global dunia.

“Kami di Jakarta menyambut ini sebagai sebuah kesempatan untuk kita mempercepat untuk Jakarta menjadi salah satu pusat kota global dunia. Dan kota global itu bukan hanya dari aspek ekonominya tetapi juga aspek budaya, aspek sosial, aspek pendidikan yang itu semua harus dikembangkan,” kata Anies lewat video yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022)

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana corak Jakarta sebagai salah satu pusat ekonomi dunia?

Menurut saya, untuk menjadi pusat kota global dunia harus dirancang, sehingga memenuhi beberapa syarat.

Pertama, lingkungan udara yang sehat (zero emmision) yaitu nol emisi mengacu pada mesin, motor, proses, atau sumber energi lainnya, yang tidak memancarkan produk limbah yang mencemari lingkungan atau mengganggu iklim. Ini sudah mulai dilakukan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta.

Kedua, memiliki transportasi massal yang hebat – menggunakan bus listrik yang tidak menimbulkan pencemaran udara. Kita bersyukur beberapa hari lalu Gubernur Jakarta Anies Baswedan telah meluncurkan 30 bus Transjakarta yang menggunakan listrik. Menurut Anies tahun 2025, 50 % bus Transjakarta sudah menggunakan armada yang berbahan listrik.

Ketiga, hukum dan iklim usaha yang kondusif. Syarat ini sangat penting karena para investor amat memerlukan hukum yang tegak lurus, tanpa hukum yang tegak, para investor tidak mau menanamkan modalnya di Jakarta. Selain itu, iklim berusaha yang kondusif, sehingga para pengusaha yakin dengan menanamkan modalnya di Jakarta, ada jaminan bisa mendapatkan keuntungan.

Selain itu, para pengusaha mendapatkan jaminan dari Gubernur Jakarta bahwa mereka tidak akan diperas, ditipu apalagi dipermainkan oleh siapapun dalam menjalankan kegiatan usaha di Jakarta.

Keempat, Gubernur DKI Jakarta di masa depan, harus menjadi marketer, yang bisa menjual Jakarta sebagai tempat investasi yang amat menguntungkan, pusat budaya yang mengagumkan, pusat sosial yang penuh toleransi dan kedamaian serta pusat pendidikan yang yang berkualitas.

Tantangan Konflik Ukraina dan Global

Jakarta yang secara yuridis bukan lagi ibu kota negara republik Indonesia, sedang menghadapi tantangan internal dan eksternal.

Adapun tantangan internal yang dihadapi Jakarta yang bukan lagi ibu kota antara lain:

Pertama, sangat banyak cendekiawan dan rakyat Indonesia yang tidak setuju ibu kota negara di pindah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Mereka sudah mengajukan Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang UU IKN

Kedua, kondisi ekonomi yang tidak mendukung, sebagai dampak dari pandemi Covid-19, dan sekarang ini tantangan yang sedang dihadapi ialah dampak dari perang di Ukraina, antara Rusia dengan Ukraina, cepat atau lambat pasti memberi dampak negatif bagi bangsa Indonesia.

Selain warga Jakarta dan bangsa Indonesia menghadapi tantangan internal, juga menghadapi tantangan eksternal. Adapun tantangan eksternal yang dihadapi:

Pertama, terjadi persoalan besar di bidang politik, ekonomi, sosial, kemanusiaan, dan pertahanan keamanan akibat invasi Rusia terhadap Ukraina. Invasi ini disebut Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai operasi militer untuk melakukan demiliterisasi dan denazifikasi di Ukraina. Ini hanya propaganda semata, sebab faktanya Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy adalah seorang Yahudi dan dalam sejarah, Nazi Jerman pernah membantai orang-orang Yahudi.

Dampak nyata perang di Ukraina telah menciptakan pemilahan politik yang tajam sehingga menghadirkan perubahan geopolitik dunia. Amerika Serikat dan negara-negara anggota NATO bersatu menghukum Rusia dengan melakukan pengucilan secara politik terhadap Rusia. Hal tersebut terlihat dalam Sidang Dewan Keamanan PBB sebanyak 141 negara anggota PBB yang mengutuk invasi Rusia terhadap Ukraina.

Akan tetapi Rusia tidak sendirian. Tidak semua negara anggota PBB mengutuk Rusia yang melakukan invasi terhadap Ukraina. Negara-negara yang tidak mengutuk Rusia dan menyatakan abstain dalam Sidang Dewan Keamanan PBB sebanyak 35 negara antara lain China, India, dan Iran. Sedang yang menolak sebanyak 6 negara. Salah satu negara besar yang menolak mengutuk dan menolak melakukan embargo ekonomi terhadap Rusia adalah China.

Kedua, ekonomi dunia terguncang. Invasi Rusia terhadap Ukraina tidak saja mengubah secara nyata geopolitik dunia, tetapi menimbulkan keguncangan ekonomi dunia. Dampak perang antara Rusia dengan Ukraina telah menggerek harga minyak dunia melesat sampai US$ 135 perbarel. Pada hal harga minyak Maret 2020 sebesar US$ 51,8 perbarel.

Dampak lebih lanjut, Amerika Serikat dan negara-negara Eropa bakal mengalami krisis energi. Bukan saja harga minyak dunia naik yang luar biasa, tetapi akan terjadi kelangkaan minyak dan gas sebab Rusia merupakan eksportir terbesar di Eropa dan Amerika Serikat.

Menurut analis di Bank of America bahwa dengan penghentian ekspor minyak dari Rusia, ada kekurangan 5 juta barel per hari (bph) atau lebih besar dari itu. Dampak dari itu, Amerika Serikat dan negara-negara barat sedang mencari sumber energi selain Rusia seperti Venezuela, Iran, Indonesia untuk Batu Bara.

Ketiga, ancaman perang nuklir. Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki senjata nuklir. Presiden Vladimir Putin sudah memerintahkan militernya untuk mempersiapkan senjata nuklir yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa Putin mengaktifkan senjata nuklir hanya gertak untuk menakut-nakuti Ukraina dan negara-negara barat.

Menjadikan Jakarta Kota Global

Dalam mengakhiri tulisan ini, saya ingin menyampaikan kesimpulan:

Pertama, Jakarta harus terus dikembangkan sehingga bisa menjadi salah satu pusat kota global dunia.

Kedua, Jakarta mulai saat ini sedang berusaha untuk mewujudkan Jakarta sebagai salah satu pusat global dunia dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan sebagainya.

Ketiga, Jakarta harus berkolaborasi mewujudkan lingkungan udara yang sehat (zero emmision), sehingga mereka yang datang dari luar Jawa atau dari manca negara ke Jakarta merasa semakin sehat dan bersemangat karena udara di Jakarta sehat.

Keempat, warga Jakarta suka tidak suka dan mau tidak mau harus berpartisipasi mewujudkan transportasi massal dengan cara menjaga, memelihara, merawat dan merasa memiliki Transjakarta.

Kelima, merasa bersyukur dan bertanggungjawab terhadap keberadaan Transjakarta sebagai moda transportasi massal di DKI Jakarta sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, Transjakarta telah menjadi tulang punggung warga Jakarta dan sekitarnya dalam melayani seluruh pengguna Transjakarta.

Menurut Achmad Izul Waro, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta bahwa dalam satu hari, Transjakarta telah melayani 500.000 (lima ratus ribu) orang. Kalau satu bulan (30 hari) beroperasi, maka sebanyak 15.000.000 (Lima belas juta) orang yang dilayani PPP salah, jika merasa memiliki dan merasa bertanggung jawab terhadap Transjakarta.

Baca Juga

DKI Jakarta

Peresmian empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) merupakan karya yang luar biasa karena...

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Mereka yang berpikiran jernih dan rasional dari suku, agama, ras dan antar golongan, pasti mengakui bahwa berbagai kebijakan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta...