Connect with us

Bincang U20 di JIS mengawali kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah #Urban20 Mayors Summit 2022, sebagai bagian dari agenda Presidensi #G20Indonesia (17/2/2022) - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Anies Ajak Investor di Expo 2020 Dubai: Perkuat Kerjasama Negara-negara Muslim di Timur Tengah

Hadir secara daring dalam Dubai Expo 2020, Anies ajak investor untuk berinvestasi, beliau menjelaskan bahwa Jakarta akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan melalui sejumlah proyek investasi potensial.

Dubai Expo 2020 yang berlangsung 11-17 Maret 2020, sangat menarik dikaji dalam kaitannya dengan kerjasama DKI Jakarta dengan negara-negara di Timur tengah.

Setidaknya ada lima alasan, pentingnya kerjasama DKI Jakarta dengan negara-negara Timur Tengah.

Pertama, mayoritas penduduk Jakarta dan Indonesia adalah Muslim. Hubungan People-to-People antara Jakarta dan Indonesia dengan dunia Arab melalui jalur perdagangan dan penyebaran Islam sudah berlangsung berabad-abad lamanya. Hubungan tersebut patut dilanjutkan dan ditingkatkan melalui jalur investasi.

Kedua, sangat banyak ulama, ustaz dan sarjana Muslim yang pernah menimba ilmu agama dan ilmu pengetahuan di Timur Tengah. Investasi para pengusaha dari Timur Tengah di Jakarta akan ikut di jaga, di bela dan diamankan oleh mereka karena akan memberi multiplier effect bagi warga Jakarta dan investor dari Timur Tengah.

Ketiga, mayoritas warga Jakarta yang Muslim memiliki kesamaan budaya dan agama dengan para investor dari Timur Tengah. Kesamaan budaya dan agama, pasti semakin memudahkan dalam berinvestasi.

Keempat, Dubai Expo 2020 yang diikuti pemerintah provinsi DKI Jakarta, harus menjadi entry point (pintu masuk) untuk membangun kerjasama Jakarta dengan negara-negara di Timur Tengah dalam bidang investasi yang saling memberi keuntungan antara investor Timur Tengah dengan Jakarta sebagai kota global dunia.

Kelima, Anies Baswedan merupakan Gubernur yang sangat ramah bagi investor dalam negeri dan investor manca negara, sehingga tidak akan membuat regulasi atau peraturan yang merugikan investor.

Selain itu, Anies Baswedan merupakan calon Presiden Republik Indonesia yang menurut berbagai lembaga survei mendapat banyak dukungan publik Indonesia untuk menjadi Presiden Republik Indonesia tahun 2024.

Akibat Kenaikan Harga Minyak

Konflik antara Ukraina dengan Rusia yang sedang berlangsung telah mendorong naiknya harga minyak (oil), gas dan sebagainya di pasar internasional.

Negara-negara di Timur Tengah sebagai penghasil minyak, gas dan sebagainya, bagaikan mendapat durian runtuh.

Kenaikan harga minyak, gas dan sebagainya akibat perang, membuat negara-negara tersebut mempunyai pemasukan yang banyak.

Pemasukan yang mereka peroleh dari kekayaan alam yang melimpah, perlu diinvestasikan ke berbagai sektor yang menguntungkan, agar pada saat minyak dan gas sudah habis terkuras, negara-negara Timur Tengah itu, masih tetap kaya karena telah melakukan investasi ke berbagai sektor yang menguntungkan.

Hal ini membuat investasi di Jakarta sangat ideal untuk dilakukan, selain itu dapat mempererat hubungan antara sesama negara muslim. Dapat dilakukan dengan kegiatan dan kolaborasi terutama memasuki bulan Ramadhan dan Lebaran yang akan datang.

Anies Ajak Investor

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Dubai Expo 2020 telah menawarkan investasi pada sektor transportasi dan infrastruktur.

Hadir secara daring dalam Dubai Expo 2020, Anies ajak investor untuk berinvestasi, beliau menjelaskan bahwa Jakarta akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan melalui sejumlah proyek investasi potensial.

Gubernur Anies mengundang investor dari Uni Emirat Arab untuk berinvestasi di Jakarta pada pengembangan Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT) Jakarta, Transit-Oriented-Development (TOD), bus listrik hingga Urban Redevelopment Project.

Para investor menyambut baik berbagai proyek infrastruktur yang ditawarkan DKI Jakarta melalui forum bisnis dunia tersebut. Sebagai tindak lanjut, akan dilakukan sejumlah pertemuan antara calon investor dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki proyek.

Guna mendukung hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (JIC) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta akan menjadi pintu gerbang bagi setiap investor yang tertarik untuk berinvestasi di Jakarta.

Jakarta Bussiness Forum” diadakan di Indonesia Paviliun dalam gelaran Expo 2020 Dubai yang diikuti 192 negara.”Ini merupakan kesempatan bagi Jakarta untuk memasarkan investasi dan kerjasama kepada calon investor dari berbagai belahan dunia khususnya UAE.

Baca Juga

DKI Jakarta

Kedatangan warga negara asing di Indonesia untuk menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E merupakan salah satu target dari penyelenggaraan event international di Jakarta.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya apresiasi dimulainya perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari pulau Bidadari, Kepulauan Seribu Jakarta...

DKI Jakarta

Saya bersyukur pasca pandemi Covid-19 di Jakarta, pada Car Free Day (22/5) saya dapat berpartisipasi olahraga jalan kaki dari Dukuh Atas Jalan Jenderal Sudirman...

DKI Jakarta

Untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.

DKI Jakarta

Pesan Anies itu disampaikan kepada mahasiswa doktoral yang sedang belajar di London, Inggris, ketika memberi kuliah kepada mereka, saat Anies melakukan kunjungan kerja di...

DKI Jakarta

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover...

DKI Jakarta

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris....

DKI Jakarta

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN...