Connect with us

Hujan deras tidak menyurutkan semangat ribuan penonton di tribun Sirkuit Mandalika hari ini (20/3/2022) - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Heboh Anies Di Sirkuit Mandalika: Ini Dampak Ekonomi Pelaksanaan Event Internasional Seperti MotoGP Mandalika

Anies datang di Sirkuit Mandalika, para penonton di tribun heboh dan berdiri mau salaman dan selfie.

Anies datang di Sirkuit Mandalika, para penonton di tribun heboh dan berdiri mau salaman dan selfie. Sejatinya sejak Anies tiba di bandara internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, warga sudah berjubel menjemputnya dengan teriakan “Presiden, Presiden, Presiden,” sampai Anies tiba di suatu acara terus dielu-elukan.

MotoGP Mandalika merupakan event internasional ini kita patut apresiasi, mengapa? Setidaknya ada empat alasannya.

Pertama, balap MotoGP merupakan event internasional yang diliput seluruh media internasional dan media sosial secara luas. Dengan liputan media nasional dan internasional, pasti memberi dampak ekonomi dan sosial di masa depan dalam bidang pariwisata dan investasi.

Kedua, balap MotoGP merupakan ajang promosi berskala internasional. Melalui MotoGP Lombok sebagai destinasi wisata nasional akan semakin dikenal dunia internasional. Promosi sangat penting karena melalui promosi, Masyarakat dunia semakin mengenal Lombok dan Indonesia. Melalui balap MotoGP media nasional dan internasional, tidak saja yang diberitakan balap MotoGP, tetapi juga tempat pelaksanaannya di Lombok Indonesia.

Ketiga, dalam dua tahun terakhir sejak Indonesia dihantam pandemi Covid-19 Maret 2020 sampai Maret 2022, tidak ada wisatawan (pelancong) yang berwisata di Lombok, Bali dan berbagai daerah di Indonesia, baik wisatawan lokal terlebih-lebih wisatawan manca negara. MotoGP Mandalika di Lombok merupakan momentum untuk bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi setelah dihantam Covid-19.

Keempat, melalui MotoGP Mandalika muncul kembali gairah dan keberanian untuk melakukan perjalanan guna menyaksikan balap MotoGP Mandalika di Lombok. Kemeriahan masyarakat datang ke Lombok untuk menyaksikan balap MotoGP patut diapresiasi karena akan memberi pengaruh positif bagi peningkatan wisatawan dalam dan luar negeri yang datang berwisata di Lombok dan berbagai daerah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata.

Kelima, melalui MotoGP Mandalika pasti meningkat tingkat hunian hotel. Dampak ekonominya besar, hotel memerlukan karyawan baru yang selama ini di putuskan hubungan kerja (PHK) karena tidak ada wisatawan. Restoran akan kembali banyak pengunjungnya untuk makan siang dan malam, penjualan oleh-oleh akan kembali meningkat dan kendaraan sewa mobil akan kembali hidup. Selain itu, petani yang menjual berbagai hasil pertanian serta nelayan yang mendapat tangkapan ikan akan semakin ramai yang membeli.

Dampak Ekonomi Pelaksanaan Event Internasional

Pelaksanaan MotoGP Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat, tidak hanya yang mendapatkan manfaat ekonomi para pengusaha hotel, pengusaha restoran, pemilik sewa mobil, penjual cendramata, petani, nelayan, tukang parkir dan sebagainya, tetapi pemerintah daerah mendapatkan manfaat dari pajak.

Selain itu, pesawat yang terpaksa dilakukan Extra Flight sebanyak 168 Extra Flight Kapasitas 29.300 Kursi untuk MotoGP Mandalika.

Media memberitakan, di akhir pekan selama tiga hari 18-20 Maret tiket pesawat menuju Lombok sudah sulit didapatkan, pemerintah berupaya mengatasi hal itu dengan menambah jumlah penerbangan sebanyak 135 penerbangan dengan kapasitas 25.000 kursi.Tambahan penerbangan itu dilakukan selama tiga hari 18-20 Maret 2022, bekerja sama dengan seluruh operator penerbangan dan bandara.

Sirkuit Mandalika merupakan event internasional yang Akbar, karena itu kita harus bangga, dan apresiasi pelaksanaan MotoGP yang dilaksanakan di Lombok. Bukan hanya untuk Lombok tapi (untuk) Indonesia.

Oleh karena itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, saat jumpa pers di Media Center Indonesia (MCI) MotoGP Mandalika 2022 di area Sirkuit Jalan Raya Pertamina Mandalika, Jumat (18/3/2022) menegaskan kesiapan sektor transportasi secara maksimal untuk menyukseskan event internasional MotoGP di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Upaya tersebut dikatakan Menhub sesuai arahan Presiden RI yang sangat menekankan pentingnya kelancaran seluruh moda transportasi pada gelaran MotoGP Mandalika, tak terkecuali sektor transportasi udara. Kementerian Perhubungan (Kemhub) pun, berkomitmen menjalankan perintah Presiden itu sebaik-baiknya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Novie Riyanto lebih jauh menjelaskan bahwa pesawat udara ada sekitar 100-135 an flight selama tiga hari MotoGP. dukungan kami kata dia maksimal dengan meningkatkan layanan yang awalnya pakai pesawat jenis ATR menjadi narrow-body (pesawat sedang), kemudian yang narrow-body menjadi wide-body (pesawat berbadan lebar).

Lebih jauh Menhub menuturkan, extra flight itu diutamakan dari rute-rute penerbangan yang padat yaitu tujuan Lombok dari Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Bali. Seluruh jalur extra flight, kata Menhub, tetap terkoneksi dengan jalur-jalur penerbangan reguler sehingga konektivitas ke Lombok dalam rangka MotoGP Mandalika tetap maksimal seutuhnya.

Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengemukakan dalam kesempatan yang sama bahwa pihaknya bersama operator penerbangan telah melakukan tiga upaya dalam pemenuhan kebutuhan transportasi udara, yakni dalam bentuk extra flight, charter flight, dan positioning flight. Total ada 168 penerbangan dengan 29.300 kursi.

“Extra flight disediakan sekitar 135 flight dengan kapasitas lebih dari 25.000 kursi, dari Cengkareng ke Lombok itu sekitar 19.000, Denpasar (Bali)-Lombok 2.718 kursi, Surabaya-Lombok 3.834,” ungkap Dirjen Hubud.

Novie melanjutkan, selain extra flight pihaknya juga menambah kapasitas dengan charter flight sejumlah 22 penerbangan berkapasitas sekitar 3.500 kursi, rinciannya Cengkareng/Jakarta-Lombok 12 flight kapasitas 2.023 kursi, Denpasar (Bali)-Lombok delapan flight kapasitas 1.116 kursi, Surabaya-Lombok dua flight kapasitas 360 kursi. Novie menambahkan, juga dilakukan positioning flight, yakni menempatkan 11 pesawat untuk standby selama tiga hari pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, dengan rincian untuk Cengkareng-Lombok enam flight, Denpasar-Lombok tiga flight dan Surabaya-Lombok dua flight.

Pengerahan pesawat yang begitu banyak, sudah pasti pesawat juga panen. Pesawat mendapat pendapatan yang besar dari pelaksanaan balap MotoGP di Lombok.

Pelaksanaan balap MotoGP memberi dampak ekonomi yang besar saat pelaksanaan dan dampak lanjutan hadirnya wisatawan mancanegara dan investasi di Lombok, Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga

Pemilu

Diliput Media Asing! Bang Surya dan seluruh jajaran Partai Nasdem telah mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon Presiden RI.

Opini

Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia apapun upaya yang dilakukan untuk mengkriminalisasi Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka korupsi tidak akan dipercaya publik.

DKI Jakarta

Peresmian empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) merupakan karya yang luar biasa karena...

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.