Connect with us

KAHMI menyelenggarakan Jalan Sehat Nasional di Pantai Maju Bersama Pantai Indah Kapuk (26/3/2022) - twitter musniumar

Politik

KAHMI Jalan Sehat Nasional di Pantai Maju Bersama Pantai Indah Kapuk (PIK)

Peluncuran logo Munas KAHMI ke XI oleh Prof. Mahfud MD, Menko Polhukam RI yang juga Ketua Dewan Pakar Majelis Nasional KAHMI, didampingi Akbar Tandjung, Ketua Dewan Penasehat KAHMI, Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta, yang juga Ketua Presidium KAhmi, Siti Zohra dan Yoga Viva Mauladi, Presidium KAHMI serta Manimbang Kaharyadi, Sekjen KAHMI.

Dalam rangka menyongsong Munas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ke-XI di Palu Sulawesi Tengah, Presidium Majelis Nasional KAHMI menyelenggarakan Jalan Sehat Nasional di Pantai Maju Bersama Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Pada saat yang sama dilakukan peluncuran logo Munas KAHMI ke XI oleh Prof. Mahfud MD, Menko Polhukam RI yang juga Ketua Dewan Pakar Majelis Nasional KAHMI, didampingi Akbar Tandjung, Ketua Dewan Penasehat KAHMI, Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta, yang juga Ketua Presidium KAhmi, Siti Zohra dan Yoga Viva Mauladi, Presidium KAHMI serta Manimbang Kaharyadi, Sekjen KAHMI.

PMB Sangat Menarik

Pantai Maju Bersama (PMB) merupakan hasil reklamasi yang menghubungkan Pantai Indah Kapuk (PIK) dengan kawasan buatan yang direklamasi, yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

Maulana, seorang penjaga toko menjelaskan bahwa Pantai Maju Bersama (PMB) merupakan laut yang ditimbun, kemudian menjadi kawasan bisnis yang diberi nama “Pantai Maju Bersama” (PMB).

Untuk mencegah erosi dan hantaman ombak, maka kawasan yang sudah ditimbun dan telah menjadi daratan yang dipenuhi berbagai bangunan toko, restoran, gedung perkantoran, lapangan golf dan sebagainya, disepanjang pantai buatan, dipasang batu yang tersusun rapih dan sebagian lagi ditanam pohon bakau (mangrove).

Adapun tujuan disepanjang pantai dipasang batu dan ditanam pohon bakau adalah untuk mencegah abrasi. Abrasi adalah proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak.

Di atas tumpukan batu dan pasir, dibuat jalan dengan lebar sekitar 8 meter untuk tempat jalan kaki dan naik sepeda. Panjangnya diperkirakan 7,667 kilometer.

Menurut seorang petugas toko yang diajak ngobrol, pada hari Sabtu, Ahad dan hari libur nasional ramai sekali warga yang jalan kaki dan juga naik sepeda.

Pada pagi dan sore hari sangat indah jalan kaki dipinggir pantai buatan. Selain menyaksikan pantai dengan lautan, juga matahari yang sedang terbit di ufuk timur, dan matahari yang sedang terbenam di ufuk barat. Selain itu, yang mau berjemur sambil berjalan kaki, sangat terbuka dilakukan.

Pantai Maju bersama (PMB) ini gratis, tidak dikenakan biaya apapun. Gubernur Anies Baswedan telah mengeluarkan kebijakan yang membebaskan dari segala macam pungutan. Di sebut Pantai Maju Bersama menurut saya, supaya kemajuan yang dicapai dalam pembangunan di Pantai Indah Kapuk (PIK) serta reklamasi, harus dinikmati semua secara bersama.

PIK Yang Eksklusif

Pantai Indah Kapuk (PIK) adalah kawasan eksklusif yang mayoritas dihuni etnik China. Walaupun sudah sangat lama yang saya tinggal di Jakarta, tetapi baru hari ini, Sabtu, 26 Maret 2022, saya ke Pantai Maju Bersama (PMB) yang merupakan perluasan dari Pantai Indah Kapuk (PIK).

Oleh karena itu, sewaktu jalan kaki bersama, saya menyampaikan terima kasih kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria karena Majelis Nasional KAHMI menyelenggarakan Jalan Sehat Nasional di Pantai Maju Bersama (PMB) menjadi pembuka jalan dengan naik bus Transjakarta, saya dan teman-teman dari KAHMI bisa jalan kaki bersama di Pantai Maju Bersama Pantai Indah Kapuk (PIK).

PIK (Pantai Indah Kapuk) adalah area perumahan yang terkenal dengan berbagai macam sarana seperti Rumah Sakit, sekolah, hotel, perkantoran, restoran serta hiburan malam yang populer, seperti taman bir, bar karaoke, dan kelab dansa mainstream yang ramai.

Selain itu, restoran Thailand dan Jepang melayani kerumunan sebelum pesta. Hutan Bakau di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk yang memiliki jalur pejalan kaki dan penyewaan perahu, ada gedung Yayasan Buddha Suci, Tzu Chi School di dekatnya dan sebagainya.

Kawasan PIK mayoritas dihuni etnis China, yang secara ekonomi sangat mapan. Oleh karena mereka mapan dalam bidang ekonomi, maka restoran mahal dan hiburan yang eksklusif serta hiburan malam sangat banyak yang mengunjungi.

Disamping kawasan PIK yang eksklusif, disediakan Pantai Maju Bersama (PMB) yang juga sangat indah, diperuntukkan untuk semua, tanpa memandang yang berduit dan tidak berduit karena tidak membayar apapun. Bagi mereka yang tidak mau bawa kendaraan pribadi, tersedia bus Transjakarta, bisa naik dari Stasiun Gajah Mada menuju Partai Maju Bersama dan sebaliknya.

Hebatnya lagi, setiap warga bisa berolah raga jalan kaki sambil menyaksikan laut yang teduh atau sedang bergelombang, melihat mentari yang sedang terbit di pagi hari serta sedang terbenam di sore hari.

Jika belum pernah ke Pantai Maju Bersama Pantai Indah Kapuk, jangan lewatkan pasca bulan Ramadhan tahun ini.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Dalam rangka Idul Fitri 1443 H. Gubernur Anies dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria serta jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat dikatakan memanjakan warga...

Opini

Pada 5 Februari 2022, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) genap berumur 75 tahun. Selama 75 tahun HMI telah mengabdi kepada bangsa dan negara dengan mengkader...

Dunia Usaha

Pariwisata merupakan andalan untuk mewujudkan pemulihan ekonomi Indonesia, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa wisatawan dalam negeri yang disebutnya wisatawan nusantara harus menjadi andalan dengan target...

DKI Jakarta

Pemegang Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) insya Allah dapat menikmati berbagai fasilitas untuk mengurangi beban biaya hidup di Jakarta termasuk gratis naik Transjakarta.

DKI Jakarta

Pemprov. DKI Jakarta sedang berjuang keras meningkatkan volume daya tampung air. Berbagai cara diupayakan, pertama melakukan pengerukan sedimen yang menumpuk di 13 sungai lebih...

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

In Memoriam

Tidak ada kata dan kalimat yang patut kita ucapkan selain Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji'un (Sesungguhnya kita milik Allah dan kepadaNya kita kembali)...

In Memoriam

Prof Dr H Beddu Amang, MA yang lahir di Ujung Pandang, 7 Agustus 1936 – meninggal 9 Januari 2021 dalam umur 84 tahun) adalah...