Connect with us

Al-Quran dan Kurma - unsplash Abdullah Arif

Ramadhan 1443H

Puasa Ramadhan 1443H di Tengah Naiknya Harga Sembako

Hari ini Jumat, 29 Sya’ban 1443 H bertepatan dengan 1 April 2022. Insya Allah sebentar lagi umat Islam akan mulai melaksanakan Puasa Ramadhan 1443H selama 30 hari.

Hari ini Jumat, 29 Sya’ban 1443 H bertepatan dengan 1 April 2022. Insya Allah sebentar lagi umat Islam akan mulai melaksanakan Puasa Ramadhan 1443H selama 30 hari.

Shaum Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim (orang Islam yang laki-laki) dan Muslimat (orang Islam yang perempuan).

Perintah shaum (puasa) pada bulan ramadhan ditegaskan dalam Alqur’an surat Al-Baqarah ayat 183:

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

(Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu untuk berpuasa (shaum) sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu semoga kamu menjadi orang yang bertakwa).

Firman Allah tersebut menjadi dasar bagi orang-orang yang beriman kepada Allah untuk melaksanakan shaum ramadhan selama 30 hari.

Shaum (puasa) dalam Islam ada dua macam. Pertama, puasa wajib untuk dilaksanakan bagi Muslim dan Muslimat yang sudah baligh (dewasa).

Kedua, puasa sunnah, yaitu puasa yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad saw atau Nabi yang lain, tapi tidak wajib dilaksanakan. Puasa sunnah, kalau dilaksanakan dapat pahala, jika tidak dilaksanakan tidak berdosa.

Puasa sunnah ada 10 macam, yaitu:
1. Puasa 6 hari di bulan Syawal
2. Puasa Arafah
3. Puasa Tasu’a
4. Puasa Asyura
5. Puasa Zulhijjah.
6. Puasa Tarwiyah
7. Puasa dibulan Muharram
8. Puasa di bulan Sya’ban
9. Puasa Senin-Kamis
10.Puasa Nabi Daud, Sehari puasa sehari tidak puasa.

Shaum ramadhan adalah puasa yang wajib dilaksanakan pada bulan ramadhan. Kalau dalam keadaan musafir (perjalanan jauh) dan sakit, maka boleh tidak puasa, akan tetapi wajib diganti bulan yang lain sebanyak hari tidak puasa. Kalau sakit permanen dan tidak mungkin puasa, maka wajib memberi makan orang-orang miskin.

Puasa di Tengah Sembako Mahal

Hari ini setelah saya pulang dari shalat Jumat saya memberitahu isteri, insya Allah malam ini kita sahur.

Untuk keperluan sahur, apa adanya saja. Tiap hari, isteri rantangan kecuali hari Ahad libur. Jadi apa yang biasa dimakan di luar bulan ramadhan, itu saja yang disantap untuk sahur.

Shaum (puasa) bermakna menahan makan, minum dan nafsu seks. Semua keinginan harus dikendalikan pada saat puasa.

Masalah tersebut penting dikemukakan karena umat Islam tahun ini, shaum ramadhan (puasa ramadhan) di tengah naiknya harga sembilan bahan pokok (sembako).

Perang antara Rusia dengan Ukraina telah memberi dampak negatif bagi bangsa-bangsa di dunia termasuk bangsa Indonesia.

Pengaruh negatif yang dialami bangsa Indonesia seperti naiknya harga minyak dunia, pemerintah terpaksa menaikkan harga minyak (Pertamax). Selain itu, minyak goreng hilang di pasar sehingga harganya membumbung tinggi.

Pada bulan puasa sampai Idul Fitri 1443 H meningkat konsumsi masyarakat. Dampaknya meningkat harga-harga sembako.

Naiknya Harga Sembako, Solusi Yang Ditawarkan

Mereka yang sedang berpuasa, diwajibkan untuk menahan amarah dan banyak sabar.

Disebukan di dalam Alqur’an dalam Surat Yusuf ayat 18:

فَصَبْرٌۭ جَمِيلٌۭ ۖ وَٱللَّهُ ٱلْمُسْتَعَانُ عَلَىٰ مَا تَصِفُونَ

Maka sabar itu adalah perbuatan yang indah dan Allah akan menolong mereka bersifat sabar.

Walaupun begitu, pemerintah sudah sepatutnya berusaha mengendalikan harga-harga sembilan bahan pokok agar umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang karena harga sembako bisa dijangkau.

Belajar dari pengalaman di masa Orde Baru, saya kembali tegaskan pentingnya dilakukan penataan ulang peran Badan Urusan Logistik (Bulog).

Tidak boleh dilanjutkan kebijakan menyerahkan sembilan bahan pokok kepada mekanisme pasar seperti dalam kasus minyak goreng.

Hal tersebut terjadi karena tidak ada lembaga pemerintah yang ditugasi untuk mencegah harga-harga sembako (sembilan bahan pokok) melambung tinggi seperti masa Orde Baru.

Oleh karena itu, untuk kesekian kalinya di masa depan harus ada penataan peran Bulog. Sekarang ini, Bulog hanya berperan dalam menjaga stabilisasi harga beras. Padahal kebutuhan primer masyarakat tidak hanya makan nasi, tetapi sembilan bahan pokok yang harus dijaga jangan sampai harganya melambung tinggi seperti yang dialami sekrang ini.

Akhirnya, saya mendoakan seluruh umat Islam yang menjalankan puasa ramadhan, diluaskan rezekinya, sabar dan tabah menghadapi tantangan hidup, mampu menemukan jalan keluar, sehingga tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, sehingga mampu meraih peringkat ketaqwaan.

Selamat menjalankan shaum ramadhan, semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita. Aamiin.

Baca Juga

Ramadhan 1443H

Salah satu spirit Idul Fitri 1 Syawal 1443 H ialah silaturahmi. Dalam rangka silaturahmi, puluhan juta umat Islam mudik di kampung halaman untuk silaturahmi,...

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Ramadhan Market atau Festival Ramadhan di berbagai kelurahan DKI Jakarta.

Ramadhan 1443H

Kita bersyukur kepada Allah, tahun ini umat Islam di berbagai penjuru dunia termasuk Jakarta, Istanbul Turkiye dan New York Amerika Serikat, bisa melaksanakan shalat...

Covid-19

Sudah dua kali umat Islam Indonesia dan umat Islam diberbagai negara di dunia mengalami lebaran Idul Fitri dalam suasana pandemi Covid-19. Tahun ini lebaran...

Pendidikan

Salah satu masalah besar yang dihadapi bangsa Indonesia ialah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bukan hanya sekedar mencerdaskan bangsa, tetapi membawa seluruh bangsa Indonesia berilmu dan...

DKI Jakarta

10 Hari Terakhir Ramadan Dengan Transjakarta. Puncak kesibukan umat Islam menjelang lebaran idul Fitri, terutama mereka yang mau i'tikaf di Masjid atau belanja di...

Ramadan 1442H

Islam mengajarkan pentingnya damai. Islam berasal dari kata aslama yuslimu islaaman yang berarti taat, tunduk, patuh, pasrah, berserah diri kepada Allah. Menurut etimologi, kata...