Connect with us

Tarawih di Jakarta, Istanbul dan New York (3/4/2022) - twitter

Ramadhan 1443H

Semarak Ibadah Umat Islam Dunia: Tarawih di Jakarta, Istanbul dan New York

Kita bersyukur kepada Allah, tahun ini umat Islam di berbagai penjuru dunia termasuk Jakarta, Istanbul Turkiye dan New York Amerika Serikat, bisa melaksanakan shalat tarawih dengan shaf yang rapat, setelah Covid-19 bisa dikendalikan.

Kita bersyukur kepada Allah, tahun ini umat Islam di berbagai penjuru dunia termasuk Jakarta, Istanbul Turkiye dan New York Amerika Serikat, bisa melaksanakan shalat tarawih dengan shaf yang rapat, setelah Covid-19 bisa dikendalikan.

Di Jakarta pada tanggal 01 April 2022, Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru Jakarta Selatan menyelenggarakan shalat Isya dan shalat tarawih. Ribuan umat Islam mengikuti shalat tarawih.

Pada tanggal 02 April 2022, yang merupakan shalat tarawih pertama di Masjid Istiqlal, diberitakan ratusan ribu umat Islam memadati Masjid tersebut. Masjid Istiqlal merupakan Masjid Negara di bawah supervisi Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebagaimana diketahui pemerintah Indonesia menetapkan awal Ramadhan jatuh pada 03 April 2022 setelah petugas “Rukyatul Hilal” dari Kementerian Agama Republik Indonesia dan berbagai petugas tidak melihat bulan pada tanggal 01 April 2022, sehingga dalam rapat Isbath Awal Ramadhan, pemerintah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada 03 April 2022.

Sementara sebagian umat Islam di Indonesia lebih mendasarkan pada Hisab (perhitungan) Falak yang menetapkan awal Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu, 02 April 2022.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta mengakui bahwa tahun ini semarak shalat tarawih di Jakarta setelah selama dua tahun dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Walaupun penyebaran Covid-19 sudah bisa dikendalikan, tetapi warga tetap diminta disiplin memakai masker pada saat shalat tarawih di Masjid.

Sebagai sosiolog, saya memperhatikan jamaah yang melaksanakan shalat tarawih, cukup disiplin memakai masker. Diharapkan pasca Ramadhan, pandemi Covid-19 tidak meningkat di Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia.

Shalat Tarawih di Masjid Hagia Sophia Istanbul

Salah satu negeri Muslim yang mayoritas penduduknya umat Islam adalah Turkiye. Istanbul adalah kota terbesar di negara yang sekarang ini dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

Masyarakat Istanbul menyambut antusias adanya pengumuman dari Badan Keagamaan Turkiye yang membolehkan umat Islam untuk shalat di Masjid secara berjamaah setelah pandemi Covid-19 reda.

Salah satu Masjid favorit ialah Hagia Sophia, Istanbul, Turkiye karena untuk pertama kalinya sejak 88 tahun lalu, umat Islam kembali dibolehkan shalat tarawih di Masjid Hagia Sophia, Istanbul, Turkiye, yang semula merupakan gereja, kemudian diubah menjadi Masjid di masa kekhalifahan Daulah Ustmaniyah.

Setelah Turki dibawah kepemimpinan Mustapa Kemal Attaturk, Masjid itu dijadikan Museum. Di era Presiden Recep Tayyip Erdogan dari Partai AKP, di ubah kembali menjadi Masjid Hagia Sophia.

Pelaksanaan shalat tarawih tersebut dilaksanakan setelah Badan Keagamaan Turkiye mengumumkan pada Kamis, (31/03/2022), bahwa umat Islam bisa melaksanakan shalat tarawih di Hagia Sophia.

Pengumuman itu membuat umat Islam berbondong-bondong melaksanakan shalat tarawih di Masjid Hagia Sophia, sehingga meluber sampai di halaman Hagia Sophia.

Shalat Tarawih di Time Square New York

Salah satu tempat shalat tarawih paling luar biasa (amazing) di jalanan dan paling terkenal di dunia ialah Times Square New York, Amerika Serikat.

Acara shalat tarawih tersebut diawali dengan buka puasa bersama, shalat Magrib berjamaah kemudian shalat tarawih.

Di jalanan Times Square tempat umat Islam melaksanakan shalat tarawih adalah nama persimpangan jalan utama di Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Persimpangan ini merupakan tempat bertemunya jalan Broadway dan Seventh Avenue, yang mencakup kawasan antara West 42nd hingga West 47th Street.

Kawasan di sekeliling Times Square yang disebut disebut Theatre District mencakup blok-blok dari timur ke barat antara Sixth Avenue dan Eighth Avenue, serta antara West 40th dan West 53rd Street dari utara ke selatan. Kawasan ini merupakan bagian sebelah barat dari distrik bisnis dan perdagangan yang disebut Midtown Manhattan.

Shalat di jalanan pada kawasan paling terkenal di dunia mempunyai makna simbolik yang besar dalam rangka dakwah. Dakwah tidak hanya mengajak orang masuk ke dalam Islam melalui ajakan lisan dan tulisan, tetapi juga ajakan non verbal seperti shalat di jalanan Times Square New York, yang kemudian diberitakan secara luas melalui media sosial.

Peristiwa tersebut merupakan amazing di negara adidaya yang sangat sekuler, tetapi mengamalkan kebebasan untuk menjalankan ajaran agama masing-masing. Selain itu, ditumbuhkan sikap toleransi, sehingga setiap orang bisa menerima perbedaan warna kulit, suku bangsa, dan agama.

Atas dasar itu, Islam bisa eksis di negara adidaya walaupun jumlahnya masih minoritas, tetapi umat Islam bisa bebas mengamalkan ajaran agamanya seperti diperlihatkan saat shalat tarawih di jalanan Times Square New York, Amerika Serikat.

Baca Juga

Budaya

Dalam suasana merayakan Hari Waisak 2566 BE, sepatutnya kita mengingat kembali ajaran Buddha yang mengajarkan cinta kasih dan kasih sayang serta berusaha menolong semua.

Ramadhan 1443H

Salah satu spirit Idul Fitri 1 Syawal 1443 H ialah silaturahmi. Dalam rangka silaturahmi, puluhan juta umat Islam mudik di kampung halaman untuk silaturahmi,...

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Ramadhan Market atau Festival Ramadhan di berbagai kelurahan DKI Jakarta.

Ramadhan 1443H

Hari ini Jumat, 29 Sya'ban 1443 H bertepatan dengan 1 April 2022. Insya Allah sebentar lagi umat Islam akan mulai melaksanakan Puasa Ramadhan 1443H...

DKI Jakarta

Kesadaran dan keyakinan bahwa kemerdekaan sejati akan dapat dicapai, ketika yang berbeda asal-usul dan latar belakang, bersedia dan sanggup bersatu dalam tujuan. bersatu dalam...

DKI Jakarta

Di Jakarta, juga terus dirajut beragam inisiatif untuk mewujudkan kesetaraan. diantaranya Program Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) kepada semua agama.

Covid-19

Sudah dua kali umat Islam Indonesia dan umat Islam diberbagai negara di dunia mengalami lebaran Idul Fitri dalam suasana pandemi Covid-19. Tahun ini lebaran...