Connect with us

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman dan Raja Salman - Saudi Royal Court

Ramadhan 1443H

Arab Saudi Berbagi Kepada Bangsa Palestina, Malaysia dan Indonesia

Arab Saudi adalah sebuah negara kerajaan yang sering juga disebut The Kingdom of Saudi Arabia. Negara ini tergolong kaya karena memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti minyak (Oil).

Arab Saudi adalah sebuah negara kerajaan yang sering juga disebut The Kingdom of Saudi Arabia. Negara ini tergolong kaya karena memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti minyak (Oil).

Dari 10 negara di dunia yang secara berkala membantu para pengungsi Palestina melalui Badan Bantuan dan Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (United Nations Relief and Work Agency for Palestine Refugees in Near East UNRWA sejak 2009 antara lain ialah Arab Saudi.

Negara itu merupakan satu-satunya negara Timur Tengah yang secara resmi tergabung dalam 10 negara yang membantu para pengungsi bangsa Palestina melalui United Nations Relief and Work Agency for Palestine Refugees in Near East.

Penderitaan Bangsa Palestina

Bangsa Palestina sejak negara Yahudi yang populer dengan sebutan Israel berdiri tahun 1947 di tanah Palestina, bangsa itu terusir dari tanah air mereka.

Saat ini diperkirakan jumlah bangsa Palestina sekitar 4,8 juta jiwa. Mereka hidup di pengungsian, ada yang menetap di Gaza yang selama puluhan tahun diblokade oleh Israel, dan ada pula yang menetap di Tepi Barat. Selain itu, banyak yang mengungsi di berbagai negara dan bahkan menjadi warga negara seperti di Amerika Serikat.

Penderitaan bangsa Palestina sudah berlangsung 75 tahun dan tidak ada solusi yang memberi masa depan mereka.

Pada saat kita menunaikan puasa Ramadhan, kita bisa merasakan lapar, haus (dahaga) dan lemas. Bangsa Palestina, sudah mengalami penderitaan, penyiksaan dan pembunuhan sejak negara yahudi itu didirikan tahun 1947 di tanah air mereka.

Berbagai resolusi PBB untuk menolong dan melindungi bangsa Palestina, tidak berjalan efektif. Bahkan bangsa Palestina yang bermukim di Gaza diblokade oleh Israel sehingga mereka tidak bisa bebas keluar dan masuk ke Gaza. Kondisi Gaza ada menggambarkan bagaikan penjara terbesar di dunia.

Penderitaan, penyiksaan, dan pembunuhan yang mereka alami selama 75 tahun, seolah diabaikan. Ketika mereka mengangkat senjata untuk melakukan perlawanan terhadap Israel, mereka akan dibom dengan menggunakan pesawat tempur canggih, dan Amerika Serikat dan negara-negara barat tidak berbuat apa-apa kecuali menyalahkan para pejuang Palestina karena memulai melakukan peperangan terhadap Israel.

Walaupun begitu, kita patut bersyukur dan memberi apresiasi kepada 10 negara di dunia yaitu Amerika Serikat, Uni Eropa, Jerman, Swedia, Inggris, Arab Saudi, Jepang, Swiss, Norwegia dan Belanda yang secara terus-menerus melalui PBB membantu para pengungsi Palestina.

Berbagi Ke Malaysia dan Indonesia

Arab Saudi yang sering disebut sebagai Khadimul Haramain (Pelayan dua kota suci) yaitu Makah dan Madinah, setiap ramadhan selalu berbagi kepada berbagai negara di dunia, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Pada ramadhan tahun ini Arab Saudi menyerahkan mushaf Alquran kepada Perdana Menteri Malaysia dengan terjamah dalam bahasa Melayu. Raja Arab Saudi Raja Salman Abdulaziz Al-Saud menyumbang 46,000 naskhah al-Quran terjemahan Bahasa Melayu kepada masjid dan badan bukan kerajaan (NGO) di seluruh negara Malaysia.

Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob dalam catatan di Facebook memaklumkan Penjaga Dua Masjid Suci itu turut menyumbang sebanyak 57 ton kurma untuk dibagikan kepada seluruh rakyat Malaysia pada bulan Ramadhan tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Raja Salman bin Abdulaziz lewat pemerintah Kerajaan Arab Saudi berbagi kepada umat Islam Indonesia berupa 3.000 paket sembako dan 15 ton kurma istimewa.

Selain itu, pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberikan 10.000 paket berbuka puasa untuk dibagikan kepada para fakir miskin, anak yatim, dan tim medis.

Pemberian simbolik hadiah tersebut dilakukan langsung oleh Duta besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi kepada Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin di Kantor Atase Agama Kedubes Arab Saudi di Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Selain pemberian paket sembako, paket berbuka puasa. dan kurma, Raja Arab Saudi melalui pemerintah Arab Saudi menyerahkan 30.000 eksemplar Al Quran dengan terjemahan Bahasa Indonesia.

Duta Besar Arab Saudi itu mengatakan bahwa pemberian hadiah dari Raja Salman tersebut merupakan bukti kedekatan antara Arab Saudi dan Indonesia.

Nilai bantuan tersebut menurut saya jangan dinilai besarnya, tetapi mempunyai makna simbolik yang sangat luar biasa dalam upaya memelihara, menjaga, merawat dan mempertahankan hubungan baik kedua negara terutama umat Islam yang merupakan penduduk mayoritas di Indonesia.

Baca Juga

Politik

MBS dan Macron berusaha mencari jalan keluar dari krisis energi dan kelangkaan pangan. Macron mendesak Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyaknya guna membantu menurunkan...

Politik

Geopolitik sedang berubah khususnya di Timur Tengah. Kekuatan politik Timur Tengah tidak lagi sepenuhnya di dominasi oleh Amerika Serikat. Akankan kekuatan politik Timur Tengah...

Politik

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Arab Saudi untuk bertemu dengan raja Salman bin Abdul Aziz dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS). Kita...

Politik

Bangsa Indonesia bersama bangsa Palestina melawan kekejaman dan penindasan tersebut tidak lain dan tidak bukan kecuali untuk mewujudkan perdamaian dunia. Indonesia bersama palestina demi...

Politik

kecaman terhadap Putin karena menginvasi Ukraina seharusnya juga diterapkan kepada Negara Israel atas perlakuannya terhadap warga Palestina.

Politik

Akhiri perang di Palestina dengan mendorong kemerdekaan bangsa Palestina dengan ibukota Yerusalem Timur merupakan kunci untuk mewujudkan perdamaian abadi dan berakhirnya perang antara Israel...

Politik

Demo besar dukung Palestina terjadi di Amerika Serikat untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina. Demo terjadi di seluruh kota di Amerika Serikat seperti di New...

Politik

Telah muncul kekuatan baru di Timur Tengah dan di dunia. Selain Amerika Serikat, telah muncul kekuatan baru di Timur Tengah seperti Rusia, China, Iran...