Connect with us

Kegiatan ini melibatkan ratusan pelaku UMKM yang tergabung dalam program JakPreneur (15/4/2022) - IG kotajakartautara #dkijakarta

DKI Jakarta

Ramadhan Market di Seluruh Wilayah DKI: Ramaikan Dengan Membeli Produk UMKM

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Ramadhan Market atau Festival Ramadhan di berbagai kelurahan DKI Jakarta.

Ibu-ibu dan emak-emak banyak mengeluh sekarang ini karena apa-apa mahal. Seluruh kebutuhan pokok harganya melambung tinggi.

Ada yang mengatakan bahwa naiknya harga-harga kebutuhan pokok masyarakat merupakan fenomena di setiap bulan ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Semua kebutuhan pokok dan kebutuhan masyarakat menghadapi lebaran Idul Fitri melambung tinggi harganya.

Akan tetapi, hal itu dibantah oleh realitas di lapangan karena menurut BPS sejak akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 harga-harga berbagai macam kebutuhan pokok merangkak naik.

Minyak goreng misalnya, jauh sebelum Ramadhan sudah meningkat harganya dan bahkan langka barangnya. Ketika pemerintah melepas dengan harga mekanisme para, minyak goreng segera membanjiri pasar, tetapi harganya tidak turun.

Ramadhan Market di Seluruh Kelurahan

Untuk menolong warga yang mengalami kesulitan akibat melambungnya harga-harga kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder masyarakat menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Ramadhan Market atau Festival Ramadhan di berbagai kelurahan DKI Jakarta.

Setidaknya ada dua lokasi Ramadhan Market yang diselengarakan di Jakarta, yaitu di Taman Ismail Marzuki (TIM) dan Lapangan Banteng Jakarta.

Selain itu, dilakukan pula Ramadhan Market di tiap kelurahan di DKI Jakarta. Di Kelurahan Cipete Selatan diadakan Ramadhan Market di halaman Masjid Al Karomah, sedang di Kelurahan Melawai Kebayoran Baru, dilaksanakan di halaman Kelurahan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Pusat menggelar Ramadhan Market di Taman Ismail Marzuki (TIM). Sebanyak 30 pelaku Jakpreneur ikut meriahkan Ramadan Market.

Ramadhan Market ini menyediakan 15 stand yang diisi 30 pelaku UKM binaan Kecamatan Menteng, Johar Baru dan Cempaka Putih dengan menawarkan beragam produk mulai dari makanan, minuman, fesyen dan hasil kerajinan tangan,” tuturnya,Rabu (12/4). Acaranya jadi meriah karena ada pertunjukan live music.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Manfaat Ramadhan Market

Ramadhan Market atau biasa disebut Bazar Ramadhan, dalam kondisi ekonomi warga yang tidak semuanya baik-baik saja, Ramadhan Market sangat penting dan bermanfaat.

Pertama, untuk menekan harga sembako (sembilan bahan pokok)dan kebutuhan warga yang melambung harganya pada bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 H.

Kedua, untuk menolong warga DKI Jakarta untuk mendapatkan bahan pokok di bulan Ramadhan yang murah dan terjangkau harganya.

Ketiga, untuk memberi kesempatan kepada para pedagang mikro dan kecil yang tergabung di Jakpreneur untuk memasarkan hasil dagangan mereka, sehingga diharapkan memperoleh keuntungan yang memadai di bulan Ramadhan.

Keempat, untuk menciptakan pemerataan dikalangan masyarakat melalui Ramadhan Market, sehingga UMKM yang sempat terpuruk akibat Covid-19, bisa bangkit kembali.

Kelima, untuk menghadirkan keadilan sosial. Melalui Ramadhan Market, pemerintah Provinsi DKI Jakarta menfasilitasi kegiatan ekonomi, yang diharapkan memberi penghasilan yang memadai bagi Jakpreneur sebagai sarana menghadirkan keadilan sosial.

Sehubungan itu, saya menghimbau seluruh warga DKI Jakarta untuk berbelanja di Ramadhan Market karena memberi keuntungan bagi pembeli lantaran harga-harga setiap barang yang dijual relatif murah dan berkualitas, juga untuk menolong para pedagang UMKM yang berjualan, sehingga hadir kebersamaan, pemerataan dan keadilan dalam bidang ekonomi.


Baca Juga

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

DKI Jakarta

Jakarta International Stadium (JIS) didukung dengan dua lapangan berstandar internasional. Lapangan ini sudah diresmikan lebih dulu, bisa disewa oleh publik dengan biaya mulai Rp...