Connect with us

Selamat Idulfitri 1443 H (2/5/2022) - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Anies Beri Pesan Idul Fitri Jelang Shalat Idul Fitri di JIS Untuk Meramu Kebersamaan dan Persatuan

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman dan perbedaan yang ada yang dianalogikan dalam sebuah bumbu masakan khas Lebaran.

Anies Baswedan bersama Zulkifli Hasan, Ahmad Sahroni, KRMT Roy Suryo, Mohammad Taufik, Zita Anjani, Marullah Matali, Ibu Aliyah Rasyid (Ibunda Anies), Fery Farhati (isteri Anies), Musni Umar dan puluhan ribu umat Islam memadati Pelataran Jakarta International Stadium (JIS) untuk shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H.

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan “Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman dan perbedaan yang ada yang dianalogikan dalam sebuah bumbu masakan khas Lebaran.

“Dalam setiap hidangan yang tersaji ada banyak persenyawaan yang terjadi. Bahan-bahan yang berbeda dipadu menjadi satu oleh keandalan dan kecintaan sang koki hingga akhirnya menciptakan harmoni rasa yang kita nikmati. Karena perbedaan adalah niscaya karena keragaman adalah karunia Ilahi.”

Anies menambahkan, sebuah perbedaan yang terjadi di antara manusia bisa disatukan asalkan ada usaha, sebagaimana koki meracik perbedaan rasa yang terdapat dalam setiap bumbu masakan menjadi sebuah masakan yang lezat.

“Maka kali ini mari kita nikmati Idul Fitri bukan hanya sekadar saling memaafkan dan silaturahmi namun juga tentang keragaman yang kita syukuri dan perbedaan yang kita ramu bersama menjadi persatuan,”jelasnya.

Selain itu, Anies Baswedan hadir pula di Pelataran JIS untuk meresmikan Festival Tabuk Bedug Takbir Akbar dan sempat berduet dengan Pasha Ungu untuk bernyanyi “Andai Ku Tau.”

Hotel Penuh di Sekitar JIS

Menjelang lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. saya dan isteri mencari hotel di sekitar Jakarta International Stadium (JIS). Tujuannya untuk menginap 1 malam guna memudahkan sampai di JIS pada subuh hari dan juga mau menyaksikan Festival tabuh Bedug.

Namun, semua hotel sudah penuh. Melalui satu perusahaan penyedia jasa kamar hotel. Saya pesan. Setelah diproses dan dilakukan pembayaran, dibatalkan. Alhamdulillah dapat kamar untuk sekedar bisa istirahat.

Ke Sasar Jalan di Malam Takbir

Biasanya kalau saya mau hadiri suatu kegiatan selalu ada yang temani, tetapi kali ini jalan sendiri.

Malangnya dari hotel tempat menginap menuju Jakarta International Stadium (JIS), saya ke sasar ke kawasan Tanjung Priok dan melewati pasar yang sangat ramai dan macet di tengah berkumandangnya takbir, tahmid dan taqdis.

Di tengah kemacetan dan tersesat jalan, saya berhenti dipinggir jalan, lalu minta tolong ke tukang parkir agar mencarikan Pak Opang (Ojek pangkalan). Dia dapat Pak Opang, dan sayapun dipandu Pak Opang menuju JIS.

Ketika mau masuk di JIS yang macet, kami terpisah karena pengendara motor di suruh parkir ditempat lain. Saya merasa berdosa karena saya belum berikat bayaran. Pada hal menjelang lebaran Idul Fitri Pak Opang sangat membutuhkan uang untuk beli makan dan baju baru. Saya berharap Pak Opang bisa membaca tulisan ini dan memberikan alamatnya serta nomor rekening jika ada, saya kirimkan bayarannya.

Festival Tabuh Bedug

Saya tiba di JIS sudah pukul 20.30 pada saat Anies dan Pasha Ungu sedang berduet menyanyi.

Saya mendekat di tribun Pelataran JIS bagian barat, tempat diselenggarakan Festival Tabuh Bedug dari 5 kota di DKI Jakarta, saya menyaksikan sangat ramai yang mengikutinya.

Festival tabuh bedug yang diiringi dengan lantunan takbir, tahmid dan takdis, harus diapresiasi karena menampilkan syiar Islam. Oleh karena itu, kegiatan keagamaan semacan ini perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai salah satu khazanah keislaman dan keindonesiaan.

Shalat Idul Fitri di JIS

Shalat Idul Fitri 1 Syawal 2022 merupakan puncak dari ibadah Ramadhan yang dilaksanakan selama 30 (Tiga puluh) hari.

Idul Fitri yang dilaksanakan di Pelataran Bagian Barat Jakarta International Stadium (JIS) sudah di desain untuk kegiatan sedemikian rupa, jika ada kegiatan keagamaan seperti shalat Idul Fitri, tidak susah-susah mencari arah kiblat karena ada arah di pelataran garis untuk menghadap Ka’bah di Makah Al Mukarramah.

Saat pelaksanaan shalat Idul Fitri di JIS Anies ingin memberi pesan kepada warga DKI Jakarta dan bangsa Indonesia, bahwa JIS bukan semata-mata untuk kegiatan sepak bola, tetapi juga tempat untuk kegiatan sosial, pendidikan, keagamaan dan lain-lain, tetapi bukan di dalam stadion, tetapi di Pelataran JIS.

Di pelataran bagian barat, tempat dilaksanakan kegiatan, jika disorot TV dan di foto pada malam hari seperti saat Festival Tabuh Bedug sangat indah Jakarta International Stadium. Begitu juga pada pagi, siang dan sore hari jika di foto saat pelaksanaan kegiatan sangat indah dan mempesona JIS.

Inilah mahakarya anak bangsa yang merupakan salah satu legacy Anies Baswedan saat menjadi Gubernur DKI Jakarta yang akan dikenang sepanjang masa seperti Gelora Bung Karno (GBK) yang dibangun pada masa Presiden Soekarno untuk acara Asian Games tahun 1962.


Baca Juga

DKI Jakarta

Peresmian empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) merupakan karya yang luar biasa karena...

Pendidikan

Setelah penutupan masa perkenalan mahasiswa baru Universitas Ibnu Chaldun dilanjutkan pengucapan sumpah mahasiswa dan menyalakan lilin dan membentuk formasi PPKMB UIC.

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

Pendidikan

Pada 20 Agustus 2022, Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun melakukan acara yudisium 110 sarjana Fakultas Agama Islam di Sukabumi, Jawa Barat. Saya, Musni...