Connect with us

HRS dan Prabowo Mungkinkah Rekonsiliasi?

Opini

HRS dan Prabowo Mungkinkah Rekonsiliasi dan Bersatu Dalam Pemilihan Presiden 2024?

HRS mengatakan, Prabowo mempunyai posisi tawar yang tinggi pasca pemilihan Presiden karena dibutuhkan Presiden Jokowi untuk rekonsiliasi, tetapi tidak dimanfaatkan untuk menolong tokoh-tokoh yang pernah mendukung dan membela beliau pada saat pemilihan Presiden 2019.

Sebagai sosiolog yang pernah menjadi saksi ahli HRS dalam kasus Rumah Sakit Ummi, Bogor, dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 H, pada 4 Mei 2022 saya bersilaturrahim dengan HRS di penjara.

Pada saat saya sedang berbincang dengan HRS, petugas datang memberitahu bahwa ada tamu seorang anggota Dewan. HRS memberitahu petugas supaya disampaikan salamnya dan mohon maaf belum bisa menerima tamu.

HRS memberitahu saya bahwa selama di penjara, tidak pernah mau menerima tamu dari politisi. Beliau hanya menerima tamu dari kalangan ulama, habib, ibu-ibu pengajian dan akademisi.

HRS tidak mau ada masalah, karena masih dalam penjara. Semua pernyataan yang berkaitan dia, melalui tim pengacara. Semua yang disampaikan pengacaranya A1 (top dan sahih dari HRS).

Didoakan Segera Bebas: Diperlakukan Sangat Baik

Pertemuan saya dengan Habib Rizieq Syihab, Ph.D merupakan pertemuan yang kedua. Pertama, pada saat saya menjadi saksi ahli dalam kasus HRS di RS Ummi, Bogor di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Akan tetapi, hanya bersalaman tidak ada pembicaraan apapun.

Kedua, pada 4 Mei 2022 dalam rangka silaturrahim Idul Fitri 1 Syawal 1443 H. Karena sifatnya silaturrahim, maka tidak ada perbincangan tentang politik.

Saya bersyukur, saya jadi saksi ahli HRS. Jika tidak jadi saksi ahli, mungkin untuk selamanya tidak akan pernah bertemu empat mata apalagi berdiskusi dengan HRS.

Pertemuan saya dengan HRS tidak banyak dibicarakan dan tidak bicara masalah politik. Beliau menitip salam kepada umat, dan mohon didoakan supaya segera bebas dari penjara.

Selain itu, HRS menceritakan perlakuan petugas terhadap dirinya yang sangat baik. Dia menunjuk ruangan yang disediakan untuk dipergunakan menyelesaikan disertasi Ph.D. Sewaktu mau ujian promosi Doktor, disediakan segala fasilitas di lantai 15 Bareskrim Polri untuk ujian Doktor melalui virtual.

HRS juga bercerita, selama di penjara, dia bisa berdakwah dengan para tahanan termasuk melaksanakan shalat Idul Fitri.

HRS dan Prabowo Mungkinkah Rekonsiliasi?

Sebagai sosiolog, saya apresiasi Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan RI/Ketua Umum Gerindra yang memanfaatkan momentum Hari Raya Idul Fitri untuk bersilaturrahim dengan Presiden Jokowi, Ibu Megawati dan Puan Maharani, silaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur dan ulama di Jawa Timur.

Sudah tentu silaturrahim yang dilakukan berkaitan erat untuk kepentingan penggalangan dukungan menuju pemilihan Presiden 2024. Kita apresiasi karena semua lembaga survei masih menempatkan Prabowo Subianto selalu pada ranking 1 dalam bursa Calon Presiden 2024.

Walaupun saya dan HRS tidak bicara politik, tetapi HRS sempat singgung Prabowo Subianto. HRS mengatakan kepada saya bahwa dia tidak marah dan tidak dendam ke Prabowo.

HRS mengatakan, Prabowo mempunyai posisi tawar yang tinggi pasca pemilihan Presiden karena dibutuhkan Presiden Jokowi untuk rekonsiliasi, tetapi tidak dimanfaatkan untuk menolong tokoh-tokoh yang pernah mendukung dan membela beliau pada saat pemilihan Presiden 2019 seperti UBN (Ustaz Bachtiar Nasir), Kivlan Zen, Mayjen TNI Purn., Ustaz Khatthath, Prof. Egy Sudjana dan lain-lain. Mereka itu masih ada yang status tersangka belum di SP3.

Dengan tidak marahnya dan tidak dendamnya HRS kepada Prabowo Subianto, apakah masih terbuka rekonsiliasi antara HRS dengan Prabowo dan bersatu kembali mendukung Prabowo dalam pemilihan Presiden 2024?

Masalah tersebut sama sekali tidak disinggung dalam perbincangan. Menurut saya, pengaruh HRS masih sangat kuat dan besar di masyarakat, sehingga Prabowo Subianto perlu rekonsiliasi dengan HRS untuk memuluskan perjuangannya meraih RI 1 dalam pemilihan Presiden 2024. Hanya HRS tidak mau menerima politisi siapapun juga yang ingin menemuinya untuk bersilaturrahim.

Baca Juga

Politik

Prancis memiliki militer yang mendapatkan peringkat ke-7 sebagai militer terkuat di dunia. Hal ini menjadikan Prancis sebagai Militer terkuat di Eropa setelah Rusia.

Politik

Dunia dalam keadaan tidak aman. Pertahanan dan keamanan sedang terancam dan adanya potensi perang dunia.

Lainnya

Menurut saya, spirit 212 sangat penting dijaga, dipelihara, dirawat dan diamalkan. Walaupun pelaksanaan Aksi Super Damai Reuni 212 mengalami hambatan karena kita masih dihantui...

Opini

Mereka yang benci HRS karena kebencian teologis dan kebencian politik, sangat tidak menginginkan kebebasan HRS dari penjara sebelum pemilu 2024.

Opini

Institusi TNI-POLRI dan Densus 88 yang saat ini telah dipilih pemimpinnya, suka tidak suka dan mau tidak mau harus diterima. Ini hasil dari proses...

Opini

Reuni Akbar 212 akan digelar bulan Desember 2021 di Jakarta. Diperkirakan akan dihadiri lebih dari 7 juta orang.

Lainnya

Dalam Webinar yang bertajuk "Mencari Keadilan Untuk Rakyat Kecil Dalam Tragedi KM50," (9/9/2021) Prof. Suteki, Guru Besar Universitas Diponegoro, Semarang mengemukakan bahwa prospek pengusutan...

Politik

Kalau Habib Rizieq Syihab (HRS) dihukum karena kerumunan massa, maka siapapun yang melakukan hal serupa seperti yang dilakukan HRS, maka mereka juga harus dihukum...