Connect with us

Olahraga Sambil Menikmati Wisata Kuliner di Sarinah Thamrin (7/5/2022) - twitter musniumar

DKI Jakarta

Olahraga Sambil Menikmati Wisata Kuliner di Sarinah Thamrin

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN ini bergerak dalam bidang ritel dan perdagangan.

Olahraga jalan kaki merupakan kegiatan rutin yang saya selalu lakukan. Pada bulan Ramadhan saya sama sekali tidak olahraga jalan kaki.

Alasan tidak olahraga jalan kaki pada bulan Ramadhan karena di pagi hari masih mengantuk lantaran bangun sahur. Setelah sahur menunggu waktu Subuh untuk shalat Subuh. Setelah shalat Subuh, tidur dan bangun pukul 07.30-08.00 pagi.

Setelah itu bekerja, adakalanya WFH (Work From Home) atau ke kampus.

Pada sore hari, tidak sempat untuk olahraga karena malam hari sesudah buka puasa, siap melaksanakan shalat Taraweh.

Pasca bulan Ramadhan, mulai tanggal 4 Mei 2022 saya kembali olahraga di Gelora Bung Karno (GBK). Hari ini (7/4) saya olahraga jalan kaki di jalan MH. Thamrin Jakarta Pusat.

Menikmati Kuliner dan Wisata di Sarinah

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN ini bergerak dalam bidang ritel dan perdagangan.

Pada periode ke-2 pemerintahan Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Tohir, merenovasi total gedung Sarinah.

Setelah gedung Sarinah selesai di renovasi, pada 21 Maret 2022 (sebelum puasa Ramadhan) kembali dibuka dengan Soft Opening. Karena Sarinah terletak di jantung kota Jakarta, maka ramai masyarakat yang mengunjunginya untuk belanja, ngopi bareng sambil ngobrol dan selfie.

Seperti biasa, yang paling ramai dikunjungi adalah restoran kuliner yang menyajikan berbagai macam minuman dan makanan.

Walaupun Sarinah baru mulai dibuka pukul 10.00 pagi, tetapi kafe yang menyanyikan berbagai macam minuman dan makanan sudah dibuka pada pagi hari.

UMKMK Diutamakan

Sarinah Thamrin dibangun kembali untuk memberi tempat berusaha kepada usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi.

Pasca Sarinah mengalami renovasi total, baru hari ini (7/4) saya masuk ke dalamnya sambil menikmati makanan kuliner. Setelah sarapan pagi, saya naik lantai 2 sambil membeli oleh-oleh makanan seperti makaroni, kue tar, aneka macam roti, sambil melihat-lihat berbagai macam yang dipamerkan dan dijual.

Saya sangat terkesan. Pertama, gedung lama yang direnovasi menjadi indah dan menyenangkan.

Kedua, di depan Sarinah Jalan MH Thamrin, begitu pula di samping sebelah timur yang semula dijadikan tempat parkir, sudah ditata dengan sangat bagus, ada taman dan pot bunga yang sedap dipandang mata, ramai masyarakat yang selfi (swafoto).

Ketiga, di lantai 2 sebelah barat menghadap Jalan MH Thamrin, sangat indah karena ada pintu masuk dan keluar, bisa jalan kaki naik dan masuk ke dalam ruangan dan ada pula tangga
untuk turun. Ditempat tersebut banyak warga yang duduk sambil berfoto.

Keempat, di lantai 1 di depan jalan MH. Thamrin, di samping kanan dan kiri, banyak kafe dan semuanya menyajikan berbagai macam minuman dan masakan khas Indonesia.

Tersedia Tempat Parkir

Jika ingin berolahraga sambil menikmati kuliner dan berwisata di Sarinah, maka bisa naik bus Transjakarta, MRT, Gokar, Taksi dan mobil pribadi.

Salah satu bagian yang dibangun ialah tempat parkir mobil dan motor. Mereka yang mau ke Sarinah dengan mengendarai mobil pribadi, tersedia tempat yang cukup representatif.

Tidak hanya tempat parkir yang representatif, tetapi juga aman.

Dengan demikian, Sarinah merupakan tempat kongkow yang sangat strategis untuk membicarakan masalah bisnis, politik, pendidikan, sosial dan sebagainya.

Dari semua jurusan misalnya naik Transjakarta dari Blok M, Rawamangun, Grogol, Kota dan sebagainya melewati di depan Sarinah. Kalau naik MRT dari Lebak Bulus berhenti di Stasiun Hotel Indonesia lalu jalan kaki 10 menit tiba di Sarinah.

Kalau mengendarai mobil pribadi tidak usah khawatir sulit cari tempat parkir karena telah dibangun beberapa lantai tempat parkir mobil.

Ajak keluarga di akhir pekan untuk berolahraga jalan kaki di Jalan MH Thamrin sampai di Monas, kemudian balik dan ngopi serta sarapan aneka macam masakan Indonesia, semuanya tersedia di Sarinah Thamrin, Jakarta.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

DKI Jakarta

Citayam Fashion Week masih hangat dibicarakan masyarakat, terutama para warganet di media sosial. Event fashion show ini pada mulanya berawal dari Anak Baru Gede...

DKI Jakarta

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengaku terpukau dengan transformasi pembangunan yang terjadi di Jakarta setelah dua dekade ia tidak mengunjungi ibu...