Connect with us

Olahraga Sambil Menikmati Wisata Kuliner di Sarinah Thamrin (7/5/2022) - twitter musniumar

DKI Jakarta

Olahraga Sambil Menikmati Wisata Kuliner di Sarinah Thamrin

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN ini bergerak dalam bidang ritel dan perdagangan.

Olahraga jalan kaki merupakan kegiatan rutin yang saya selalu lakukan. Pada bulan Ramadhan saya sama sekali tidak olahraga jalan kaki.

Alasan tidak olahraga jalan kaki pada bulan Ramadhan karena di pagi hari masih mengantuk lantaran bangun sahur. Setelah sahur menunggu waktu Subuh untuk shalat Subuh. Setelah shalat Subuh, tidur dan bangun pukul 07.30-08.00 pagi.

Setelah itu bekerja, adakalanya WFH (Work From Home) atau ke kampus.

Pada sore hari, tidak sempat untuk olahraga karena malam hari sesudah buka puasa, siap melaksanakan shalat Taraweh.

Pasca bulan Ramadhan, mulai tanggal 4 Mei 2022 saya kembali olahraga di Gelora Bung Karno (GBK). Hari ini (7/4) saya olahraga jalan kaki di jalan MH. Thamrin Jakarta Pusat.

Menikmati Kuliner dan Wisata di Sarinah

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN ini bergerak dalam bidang ritel dan perdagangan.

Pada periode ke-2 pemerintahan Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Tohir, merenovasi total gedung Sarinah.

Setelah gedung Sarinah selesai di renovasi, pada 21 Maret 2022 (sebelum puasa Ramadhan) kembali dibuka dengan Soft Opening. Karena Sarinah terletak di jantung kota Jakarta, maka ramai masyarakat yang mengunjunginya untuk belanja, ngopi bareng sambil ngobrol dan selfie.

Seperti biasa, yang paling ramai dikunjungi adalah restoran kuliner yang menyajikan berbagai macam minuman dan makanan.

Walaupun Sarinah baru mulai dibuka pukul 10.00 pagi, tetapi kafe yang menyanyikan berbagai macam minuman dan makanan sudah dibuka pada pagi hari.

UMKMK Diutamakan

Sarinah Thamrin dibangun kembali untuk memberi tempat berusaha kepada usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi.

Pasca Sarinah mengalami renovasi total, baru hari ini (7/4) saya masuk ke dalamnya sambil menikmati makanan kuliner. Setelah sarapan pagi, saya naik lantai 2 sambil membeli oleh-oleh makanan seperti makaroni, kue tar, aneka macam roti, sambil melihat-lihat berbagai macam yang dipamerkan dan dijual.

Saya sangat terkesan. Pertama, gedung lama yang direnovasi menjadi indah dan menyenangkan.

Kedua, di depan Sarinah Jalan MH Thamrin, begitu pula di samping sebelah timur yang semula dijadikan tempat parkir, sudah ditata dengan sangat bagus, ada taman dan pot bunga yang sedap dipandang mata, ramai masyarakat yang selfi (swafoto).

Ketiga, di lantai 2 sebelah barat menghadap Jalan MH Thamrin, sangat indah karena ada pintu masuk dan keluar, bisa jalan kaki naik dan masuk ke dalam ruangan dan ada pula tangga
untuk turun. Ditempat tersebut banyak warga yang duduk sambil berfoto.

Keempat, di lantai 1 di depan jalan MH. Thamrin, di samping kanan dan kiri, banyak kafe dan semuanya menyajikan berbagai macam minuman dan masakan khas Indonesia.

Tersedia Tempat Parkir

Jika ingin berolahraga sambil menikmati kuliner dan berwisata di Sarinah, maka bisa naik bus Transjakarta, MRT, Gokar, Taksi dan mobil pribadi.

Salah satu bagian yang dibangun ialah tempat parkir mobil dan motor. Mereka yang mau ke Sarinah dengan mengendarai mobil pribadi, tersedia tempat yang cukup representatif.

Tidak hanya tempat parkir yang representatif, tetapi juga aman.

Dengan demikian, Sarinah merupakan tempat kongkow yang sangat strategis untuk membicarakan masalah bisnis, politik, pendidikan, sosial dan sebagainya.

Dari semua jurusan misalnya naik Transjakarta dari Blok M, Rawamangun, Grogol, Kota dan sebagainya melewati di depan Sarinah. Kalau naik MRT dari Lebak Bulus berhenti di Stasiun Hotel Indonesia lalu jalan kaki 10 menit tiba di Sarinah.

Kalau mengendarai mobil pribadi tidak usah khawatir sulit cari tempat parkir karena telah dibangun beberapa lantai tempat parkir mobil.

Ajak keluarga di akhir pekan untuk berolahraga jalan kaki di Jalan MH Thamrin sampai di Monas, kemudian balik dan ngopi serta sarapan aneka macam masakan Indonesia, semuanya tersedia di Sarinah Thamrin, Jakarta.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Kedatangan warga negara asing di Indonesia untuk menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E merupakan salah satu target dari penyelenggaraan event international di Jakarta.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya apresiasi dimulainya perayaan HUT DKI Jakarta ke-495 yang dicanangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari pulau Bidadari, Kepulauan Seribu Jakarta...

DKI Jakarta

Untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.

Ramadhan 1443H

Salah satu spirit Idul Fitri 1 Syawal 1443 H ialah silaturahmi. Dalam rangka silaturahmi, puluhan juta umat Islam mudik di kampung halaman untuk silaturahmi,...

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Ramadhan Market atau Festival Ramadhan di berbagai kelurahan DKI Jakarta.

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) yang cukup besar untuk memajukan UMKM usaha mikro kecil menengah dan koperasi.

DKI Jakarta

Anies datang di Sirkuit Mandalika, para penonton di tribun heboh dan berdiri mau salaman dan selfie.

DKI Jakarta

Hadir secara daring dalam Dubai Expo 2020, Anies ajak investor untuk berinvestasi, beliau menjelaskan bahwa Jakarta akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur ramah lingkungan melalui...