Connect with us

Kami menyambut baik UK-Indonesia EV Forum 2022 yang diselenggarakan oleh Global Indonesia Professionals' Association (GIPA) berkolaborasi dengan PT. Transportasi Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta, didukung oleh Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), KADIN, Connected Catapult Places, KBRI London, dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta (15/5/2022) - IG aniesbaswedan

DKI Jakarta

Anies Bersama Transjakarta di London: Majukan Transportasi Publik dan Peran Indonesia Secara Internasional

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris. Mengingat Inggris memiliki inovasi di bidang teknologi, pembiayaan serta model pengadaan yang cukup berkembang pesat,” kata Anies dalam keterangannya.

Salah satu hasil nyata dari kunjungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Eropa, diantaranya di London, Inggris ialah penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan produsen bus berbasis listrik Switch Mobility Limited London untuk meluncurkan bus listrik di Jakarta.

Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara penandatanganan MoU di London, Inggris (Jumat, 13 Mei 2022). Hal ini menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan bentuk komitmen Transjakarta dalam menghadirkan bus listrik sebagai armada masa depan.

Anies Baswedan mengunggah sejumlah kegiatannya saat mengunjungi sejumlah ibu kota negara-negara Eropa, satu di antaranya London, Inggris.

Gambar yang diunggah memperlihatkan Anies bersama Duta Besar RI Desra Percaya, dan perwakilan dari PT Transportasi Jakarta serta Switch Mobility Limited, produsen bus berbasis listrik di London.

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris.

“Mengingat Inggris memiliki inovasi di bidang teknologi, pembiayaan serta model pengadaan yang cukup berkembang pesat,” kata Anies dalam keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Uji Bus Listrik di Jalur Transjakarta

Sementara itu, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta M. Yana Aditya yang mendampingi Gubernur DKI Jakarta dalam kunjungan di London, Inggris mengatakan bahwa setelah penandatanganan MoU, Switch Mobility Limited akan melakukan uji coba bus listrik di jalur Transjakarta.

Uji coba dilakukan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimun (SPM) yang berlaku dari aspek pengujian dan standar operasional Transjakarta.

“Kami ingin memastikan pemenuhan kebutuhan implementasi bus listrik bagi pelanggan bisa terpenuhi secara maksimal,” begitu Kompas.com mengutip Yana.

Proses ujicoba diharapkan bisa berjalan pada Kuartal II-2023 mendatang. Apabila uji coba berjalan sesuai harapan, kedua belah pihak bisa melanjutkan kerjasama ini untuk secara resmi beroperasi melayani pelanggan.

Anies Bersama Transjakarta Untuk Transportasi Masa Depan

Salah satu masalah yang dihadapi dunia ialah global warming (pemanasan global). Global warming ini terjadi disebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca muncul karena meningkatnya polusi seperti karbon dioksida dan metana. Meningkatnya polusi akibat karbon dioksida dan metana mayoritas disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan manusia.

Penyebab pemanasan global banyak diantaranya hasil dari emisi gas buang dari kendaraan mobil dan kendaraan bermotor.

Sebagaimana diketahui bahwa dalam atmosfer bumi terdapat beberapa macam gas, dan salah satu gas yang mengakibatkan panas terperangkap dalam bumi karena terhalang oleh efek rumah kaca yang merupakan gas karbondioksida (CO2) yang merupakan hasil dari emisi gas buang Kendaraan bermotor dan mobil.

Dalam upaya mengurangi pemanasan global (Global warming), maka mobil listrik dan bus listrik merupakan solusinya. Bus listrik ramah lingkungan dan tidak menimbulkan efek rumah kaca.

DKI Jakarta yang dicanangkan sebagai kota global dunia, tidak punya pilihan kecuali mengadopsi tren perkembangan dunia yang berjuang mengurangi pemanasan global dengan menggunakan transportasi massal bus listrik yang ramah lingkungan dan tidak menghadirkan polusi sebagai transportasi masa depan.

Baca Juga

Opini

Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia apapun upaya yang dilakukan untuk mengkriminalisasi Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka korupsi tidak akan dipercaya publik.

DKI Jakarta

Peresmian empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) merupakan karya yang luar biasa karena...

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...