Connect with us

Menjadi pembicara utama dalam Indonesia Executive Roundtable di Bloomberg European HQ, London (15/5/2022). - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Jakarta Go Global, Jakarta Mendunia: Prime Mover Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi Indonesia

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover pertumbuhan ekonomi dan investasi Indonesia.

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover pertumbuhan ekonomi dan investasi Indonesia.

Ciri-ciri global city menurut saya, setidaknya ada enam aspek.

Pertama, kotanya rindang ditumbuhi pepohonan, ada open space sebagai paru-paru kota, aman dan nyaman.

Kedua, masyarakatnya berpendidikan, maju, terbuka, rasional dan toleran.

Ketiga, memiliki sarana olahraga dan alun-alun terbuka sebagai tempat berkumpul dan bersosialisasi.

Keempat, masyarakatnya memiliki pekerjaan dan pandangan hidup yang lebih rasional dan terbuka.

Kelima, memiliki gedung pemerintahan, perkantoran, tempat hiburan, tempat hunian masyarakat kecil, menengah dan elit.

Keenam, memiliki transportasi massal yang baik dan bus-bus listrik yang tidak menghadirkan polusi serta tempat pedestarian yang luas dan nyaman.

Jakarta Go Global, Jakarta Mendunia

Jakarta yang dicanangkan sebagai global city, suka tidak suka dan mau tidak mau harus dipacu sehingga menjadi penggerak utama (Prime Mover) pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Jakarta, salah satu sarananya adalah mendorong hadirnya investasi internasional.

Jakarta dan Indonesia setelah dua tahun mengalami hantaman pandemi Covid-19, kita bersyukur pandemi Covid bisa dikendalikan, sehingga ekonomi yang sempat terpuruk, harus didorong kembali untuk bangkit dan maju melalui investasi.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dalam lawatannya di London, Inggris, dalam pertemuannya dengan Lord Mayor of City London di Mansion House telah membahas potensi investasi internasional untuk beberapa agenda pembangunan Jakarta, khususnya dalam rangka mencapai target Net Zero Emission di 2050.

Selain itu, Gubernur Anies juga melakukan pertemuan bilateral dengan CEO of Bloomberg New Energy Finance (Bloomberg NEF) Mr. John Moore di Bloomberg European Headquarters, London.

Target kota Jakarta menurut Anies adalah mencapai zero Emission pada tahun 2050. Khususnya melalui kebijakan sustainable mobility, pengembangan pedestarian, jalur sepeda, integrasi transportasi publik multi moda, target elektrifikasi 50% armada Transjakarta pada tahun 2025, dan elektrifikasi seluruh armada Transjakarta pada tahun 2030, maupun kebijakan terkait lainnya.

BloombergNEF diharapkan dapat mengarahkan investasi dan memberikan ide-ide yang dapat mempercepat transisi tersebut di Jakarta dan Indonesia pada umumnya. Hasil pertemuan tersebut ditindaklanjuti dengan penandatanganan MOU antara PT Transjakarta dengan BloombergNEF.

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi merupakan keniscayaan. Untuk menghadirkan pertumbuhan ekonomi di Jakarta dan Indonesia pada umumnya, harus didorong investasi dari dalam negeri dan investasi internasional.

Investasi dalam negeri melalui Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan investasi internasional melalui Penanaman Modal Asing (PMA) sejatinya memberi manfaat antara lain:

Pertama, untuk mendorong terbukanya lapangan kerja, yang setiap tahun lahir pencari kerja baru sekitar 2,5 juta orang.

Kedua, untuk mewujudkan pemerataan pembangunan.

Ketiga, untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi di Jakarta dan Indonesia.

Keempat, untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Jakarta dan Indonesia.

Kelima, untuk mewujudkan stabilitas sosial, ekonomi dan keamanan.

Investasi Yang Tidak Beri Manfaat

Investasi asing dalam rangka penanaman modal asing (PMA) tidak semuanya memberi manfaat bagi Indonesia.

Adapun ciri-ciri investasi yang tidak memberi manfaat bagi Jakarta dan Indonesia antara lain:

Pertama, membawa modal untuk investasi di Indonesia.

Kedua, membawa teknologi untuk investasi di Indonesia.

Ketiga, membawa mesin untuk investasi di Indonesia.

Keempat, membawa tenaga kerja dari negara mereka.

Kelima, membawa makanan dari negara mereka.

Keenam, tidak membayar pajak di daerah.

Investasi semacam ini harus di stop karena lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Pasal 33 ayat (2) UUD 1945 menegaskan bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Model investasi yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini, melanggar UUD 1945 karena tidak memberi manfaat untuk sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Semoga investasi asing yang diperjuangkan Gubernur Anies Baswedan, memberi manfaat dan keuntungan bagi investor, negara asal investor, Jakarta dan Indonesia sebagai tujuan investasi.

Baca Juga

Pendidikan

Hari ini 25 November 2022 adalah Hari Guru Nasional. Setiap kita memperingati Hari Guru Nasional, yang teringat kepada kita adalah pendidikan. Pendidikan adalah kunci untuk...

Opini

Momentum pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden partai Nasdem, mereka mengambil peluang untuk kembali bersinar 2024 mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI 2024.

Opini

Fenomena dukungan Anies Baswedan sebagai capres oleh Forum Kakbah Membangun (FKM) yang diikuti banyak kader PPP merupakan suatu bentuk upaya para kader PPP menyuarakan...

Pemilu

Isu sentral yang Digulirkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 adalah masalah keadilan sosial. Sesuai dengan sila ke-5 Pancasila yaitu keadilan sosial bagi seluruh...

Pemilu

Selama hampir 10 (sepuluh) tahun Partai Keadilan Sejahtera PKS beroposisi. Tidak tergiur untuk masuk ke dalam gerbong pemerintahan Jokowi.

Opini

Relawan Anies Baswedan dibentuk di berbagai daerah seluruh Indonesia atas prakarsa dan swadaya masing-masing. Jauh sebelum Anies berakhir masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta...

Pemilu

Pamor semakin meroket tinggi setelah Partai Nasdem mengumumkan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden Partai Nasdem 2024.

Pemilu

Anies Baswedan, Calon Presiden RI dari Partai Nasdem telah mengemukakan kriteria Calon Wakil Presiden RI yang diharapkan untuk mendampinginya.