Connect with us

Pemandangan Jakarta International Stadium dan Sirkuit Formula E (2022) - IG #formulaejakarta

DKI Jakarta

Bangkitkan Ekonomi DKI: Sukseskan Formula E di Ancol dan Event Internasional Lainnya

Untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.

Pada 4 Juni 2022, Jakarta akan menyelenggarakan event internasional “Balap Mobil Listrik Formula E” di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

Event ini sangat prestisius karena berskala internasional dan untuk pertama kali di laksanakan di Jakarta dan Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai warga DKI Jakarta saya turut berbangga dan sebagai wujud partisipasi untuk menyukseskan Event Balap Mobil Listrik ini, saya menulis artikel yang diberi judul “Balap Mobil Listrik Formula E di Jakarta Sarana Promosi dan Recovery Ekonomi.”

Selain itu, pada 11 Mei 2022, saya menulis di Twitter “Ayo kita sukseskan Balap Mobil Formula E di Ancol dgn beli tiket. Saya mau nonton balap mobil utk ikut menyukseskannya.”

Tulisan singkat di Twitter, kemudian NetralNews.Com pada 11 Mei 2022 menulis dengan judul “Musni Umar: Ayo Kita Sukseskan Balap Mobil Listrik Formula E di Ancol Dengan Beli Tiket.”

Tulisan tersebut saya muat lengkap sebagai berikut: Rektor Universitas Ibnu Chaldun mengajak publik membeli tiket agar ajang Formula E berlangsung dengan sukses.

“Ayo kita sukseskan Balap Mobil Listrik Formula E di Ancol dengan membeli tiket,” kata Musni Umar melalui akun Twitternya, Rabu (11/5/2021).

Sementara sebelumnya, Organizing Committee Jakarta E Prix resmi menjual tiket Formula E Jakarta 2022 sejak Minggu (1/5/2022). Diketahui tiket yang disediakan berjumlah 60 ribu tiket.

“Ada dibagi dua, ada yang 20 ribu, ada yang 40 ribu dua bagian ya dari tribun yang ada, total kapasitas ada 60 ribu untuk Formula E di Ancol,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Kantor Balaikota DKI Jakarta, seperti dinukil detik.com, Senin (10/5/2022).

Dia berharap sebelum gelaran Formula E dimulai, tiket-tiket tersebut dapat ludes terjual. Dia juga meminta agar masyarakat dapat meramaikan gelaran Formula E.

“Mudah-mudahan dalam waktu ke depan tiket yang kita harapkan nanti bisa terbeli dan masyarakat dapat meramaikan ya,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, penjualan tiket balapan Formula E yang dihelat pada 4 Juni itu dilakukan melalui portal penjualan daring jakartaeprix.goersapp.com. Harga tiket yang dibanderol sudah termasuk akses masuk Ancol dan berbagai wahana di dalamnya, termasuk Dunia Fantasi, Sea World, Atlantis, hingga Pantai Festival.

Penonton yang ingin menyaksikan balapan Formula E Jakarta 2022 bisa memilih empat kategori besar, yakni Ancol Festival, Circuit Festival, Grand Stand, serta VIP-VVIP.

Harga tiket paling murah dibanderol Rp 250 ribu untuk kategori Ancol Festival. Sementara itu, yang termahal dipatok dengan harga Rp 10 juta untuk kategori VIP dan VVIP.

Secara keseluruhan ajang balapan Formula E Jakarta 2022 bakal menampung sekitar 60 ribu penonton yang tersebar di berbagai titik lokasi acara. Penjualan tiket dilakukan secara online melalui website jakartaeprixofficial.com dan jakartaeprix.goersapp.com.

Sarana Promosi Jakarta dan Indonesia

Balap mobil listrik Formula E yang akan digelar di Sirkuit Ancol Jakarta utara pada 4 Juni 2022 merupakan sarana promosi.

Pertama, untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.

Kedua, untuk mempromosikan bahwa Jakarta sebagai “Global City” (Kota Global) mampu membangun sirkuit bertaraf internasional sekaligus bisa menyelenggarakan Balap Mobil Listrik tingkat internasional dan Event Internasional lainnya kedepan.

Ketiga, untuk mempromosikan bahwa Jakarta adalah daerah yang aman, yang siap menerima wisatawan manca negara.

Keempat, untuk mempromosikan bahwa Jakarta memiliki fasilitas yang modern, sehingga merupakan tempat berinvestasi yang menguntungkan.

Kelima, untuk mempromosikan bahwa Jakarta yang berpenduduk sekitar 11 juta, penduduknya terbuka dan toleran, sehingga tidak masalah bagi wisatawan manca negara yang akan berkunjung ke Jakarta dan untuk berinvestasi.

Bangkitkan Ekonomi DKI Jakarta

Jakarta merupakan kota jasa. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan penghasilan daerah yang kemudian dimasukkan ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) untuk membiayai pembangunan dan gaji pegawai termasuk anggota DPRD adalah melalui kegiatan jasa (service).

Oleh karena itu, segala macam aktivitas masyarakat, Badan Usaha Milik Daerah, swasta, dan pemerintah pusat dan daerah harus di dukung karena melalui kegiatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima pajak.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan dan para undangan, perlu makan, penginapan (hotel), transpor dan sebagainya. Mereka kemudian dikenakan pajak (PPN).

Demikian pula halnya dengan Balap Mobil Listrik Formula E, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pasti mendapatkan income melalui pajak. Selain itu, kalau warga negara asing dan WNI dari berbagai daerah datang ke Jakarta untuk menonton Balap Mobil Listrik, mereka perlu hotel tempat menginap, mereka perlu makan, kendaraan (mobil) dan beli oleh-oleh.

Semua kegiatan dalam Balap Mobil Listrik Formula E, memberi dampak ekonomi yang positif bagi percepatan pemulihan ekonomi di Jakarta pasca pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, seluruh warga DKI Jakarta khususnya Anggota DPRD DKI Jakarta tidak mempunyai pilihan kecuali menyukseskan event internasional Balap Mobil Listrik Formula E karena pasti memberi pemasukan (income) yang besar kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan ekonomi di Jakarta segera pulih dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Sebagai sosiolog, saya berharap kegiatan Balap Mobil Listrik Formula E, tidak diteropong dari aspek politik, tetapi dari aspek ekonomi yang pasti memberi manfaat bagi warga DKI Jakarta secara langsung atau tidak langsung. Ayo kita sukseskan Balap Mobil Listrik Formula E yang akan dilaksanakan 4 Juni 2022 di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara.

Baca Juga

DKI Jakarta

Puncak Hajatan Jakarta ke-495 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS) Sabtu (25/6/22) dibanjiri warga DKI dan warga dari luar Jakarta.

DKI Jakarta

Malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 sebagai telah diunggah di berbagai social media @DKIJakarta akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 25 Juni...

Pemilu

Pada Rakernas Nasdem nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat diteriaki Presiden saat beberapa DPW membacakan rekomendasi mereka.

DKI Jakarta

Hal yang sangat menggembirakan, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah menargetkan 100 bus listrik Transjakarta yang akan beroperasi di DKI Jakarta pada akhir 2022.

DKI Jakarta

Sebanyak 260 UMKM didatangkan ke arena Formula E di Ancol Jakarta Utara. Ada yang merupakan binaan dari Jakpreneur, tetapi juga ada yang dari 10...

DKI Jakarta

E-Prix Formula E sukses luar biasa, yang dipromosikan tidak hanya Jakarta sebagai ibukota negara, tetapi Indonesia. Berkali-kali presenter E-Prix Formula menyebut Jakarta dan Indonesia....

DKI Jakarta

Para relawan Anies Baswedan yang dibentuk berdasarkan inisiatif masing-masing, mereka telah menyuarakan jargon jangan pilih partai politik yang tidak dukung Anies.

DKI Jakarta

Kedatangan warga negara asing di Indonesia untuk menyaksikan Balap Mobil Listrik Formula E merupakan salah satu target dari penyelenggaraan event international di Jakarta.